manfaat daun bidara

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat daun bidara – Hallo sahabat ilhamteguh.com Bidara merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat bagi umat manusia. Pohon bidara pada umumnya mudah untuk ditemukan karena biasanya banyak tumbuh secara liar.

Pertumbuhan pohon bidara sendiri dapat mencapai ketinggian maksimal sekitar 14 sampai 15 meter dengan batang berdiameter sampai 40 cm. Pohon ini memiliki ranting dan cabang yang banyak dan juga berduri. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan lembut dan halus yang tumbuh pada ranting yang menyebar.

Ada beberapa orang yang  biasanya tidak tahu dan menganggap bahwa bidara hanyalah tanaman semak belukar biasa saja. Sehingga tidak sedikit yang kemudian menebang pohonnya karena dianggap sebagai tanaman yang tak berguna. Namun karena pertumbuhan yang tergolong cepat, biasanya akan muncul tunas baru dari bekas penebangan tersebut.

Padahal pohon bidara ini memiliki banyak fungsi dan manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh dan beberapa yang lain.

Jangan salah, pohon bidara ini juga disebutkan didalam Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut menunjukkan bahwa bidara mempunyai banyak kegunaan yang begitu berarti.

Ciri-Ciri Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan tanaman dengan sejuta manfaat, dengan kata lain pohon ini menjadi salah satu tumbuhan yang mempuyai peran penting dalam kehidupan manusia.

Biasanya sebagian orang juga menyebut bidara sebagai tanaman toga atau tanaman obat keluarga. Pohon bidara ini termasuk kedalam jenis tanaman belukar yang sangat mudah ditemui di daerah mana saja. Namun, di daerah yang keringlah sebagian besar tanaman ini tumbuh dan berkembang.

Pohon bidara memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda dari dari tanaman yang lain. Berikut adalah ciri dari tanaman bidara.

  • Batang Bidara

manfaat daun bidara

wikipedia.org

Pohon bidara memiliki pohon yang berduri kecil-kecil, juga memliki tekstur yang sangat keras. Kebanyakan orang memanfaatkannya sebagai bahan dasar kayu. Bidara menghasilkan kayu bakar yang berkualitas baik, sebagian orang menjadikan kayu bidara sebagai bahan dasar pembuatan arang.

Selain itu, dengan teksturnya halus dan juga keras seringkali dimanfaatkan untuk pembuatan gagang kapak, pisau, pahat, dan beberapa perkakas tukang kayu yang lain.

  • Buah Bidara

manfaat daun bidara

bukalapak.com

Pohon bidara juga memiliki buah, pada tanaman ini buah berbentuk bulat dan mempunyai warna hijau pekat saat masih muda. Buah bidara biasanya mengalami proses pematangan pada saat bulan Oktober dan Desember.

Saat telah masak, buah bidara akan memiliki tekstur yang lembek pada bagian dagingnya. Buah yang satu ini memiliki rasa yang kecut atau masam.

  • Daun Bidara

manfaat daun bidara

7khasiat.com

Daun bidara berbentuk oval dan mempunyai ukuran kecil. Pada tumbuhan ini, daun yang tumbuh memiliki warna hijau pekat (cenderung berwarna gelap). Bagian dari pohon bidara yang memiliki banyak manfaat terletak pada daun.

Manfaat daun bidara ini terbilang cukup banyak. Pada bagian daun terdapat kandungan antioksidan dan antibiotik yang tinggi. Daun dari tumbuhan bidara banyak digunakan untuk pengobatan bahkan juga digunakan untuk kecantikan.

  • Bunga Bidara

manfaat daun bidara

herbalruqyahindonesia.com

Pohon bidara mempunyai bunga dengan ukuran yang kecil dan sedikit berbulu. Bunga dari pohon bidara ini kabarnya mekar disaat tiba bulan Juni dan Agustus. Pada saat bunga bidara sedang mekar, maka akan mengeluarkan aroma yang berbau wangi.

Bunga bidara memiliki warna putih yang berukuran sangat kecil. Berbentuk seperti payung menggarpu yang tumbuh di ketiak daun. Kira-kira bunga bidara ini berukuran sekitar 1 sampai 2 cm.

Pohon Bidara Menurut Pandangan Islam

Karena memiliki manfaat yang sangat beragam menjadikan tumbuhan ini berkedudukan istimewa yang termasuk kedalam kategori yang spesial. Sampai-sampai membuatnya beberapa kali dibahas dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi.

  • Dalam Al-Qur’an

manfaat daun bidara

pexels.com

Didalam Al-Qur’an , pohon bidara sempat disebutkan beberapa ayat. Salah satunya ialah yang berbunyi:

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ. فِي سِدْرٍ مَخْ ضُودٍ

Artinya: Golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri (Q.S. Al Waqiah: 27-28).

Secara ringkas, golongan kanan merupakan mereka yang kelak akan masuk surga. Kemudian nantinya saat mereka (golongan kanan) berada dalam surga, mereka ditempatkan diantara pohon bidara yang tak berduri. Para ulama menafsirkan bahwa pohon bidara tersebut adalah pohon bidara yang telah dipangkas durinya.

  • Dalam Hadits Nabi SAW

manfaat daun bidara

onepathnetwork.com

Terdapat banyak hadits Nabi Muhammad SAW yang membahas mengenai pohon bidara sekaligus daunnya. Dalam hadits diterangkan pula anjuran-anjuran untuk menggunakan daun bidara. Diantaranya: Untuk memandikan jenazah, untuk mandi wajib, mandinya orang haid, dan untuk mandi ketika seorang muallaf pertama kali bersyahadat.

Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai pemeluk sah agama Islam  masih banyak yang tak tahu tentang manfaat daun bidara. Oleh karena itu, sudah saatnya kita untuk mengetahui manfaat daun bidara ini.

Tentunya sebagai orang muslim kita meyakini bahwa apa yang telah disunahkan oleh nabi Muhammad SAW mengandung banyak kebaikan. Salah satu hadis nabi yang membahas manfaat daun bidara adalah.

تَأْخُذُ إِحْدَاكُنَّ مَاءَهَا وَسِدْرَهَا فَتَطَهَّرُ فَتُحْسِنُ الطُّهُوْرَ ثُمَّ تَصُبُّ عَلَى رَأْسِهَا فَتُدْلِكُهُ دَلْكًا شَدِيْدًا حَتَى يَبْلُغَ شُؤُوْنَ رَأْسِهَا ثُمَّ تَصُبُّ عَلَيْهَا الْمَاءَ ثُمَّ تَأْخُذُ فِرْصَةً مُمَسَّكَةً فَتَطَهَّرُ بِهَا. فَقَالَتْ أَسْمَاءُ : وَكَيْفَ أَتَطَهَّرُ بِهَا ؟ فَقَالَ : سُبْحَانَ الله تَطَهَّرِيْنَ بِهَا. فَقَالَتْ عَائِشَةُ : كَأَنَّهَا تَخْفَى ذَلِكَ تَتَبَّعِيْنَ أَثَرَ الدَّمِ

Hendaklah salah seorang diantara kalian mengambil air dan daun bidara kemudain bersuci dengan sempurna, lalu menyiram kepalanya dengan menyela-nyela dengan kuat sampai kedasar rambutnya. Kemudian meyira kepalanya dengan air. lalu mengambil sepotong kain (atau yang sejenisnya) yang sudah diberi wangi-wangian kemudian ia bersuci dengannya. Lalu Asma’ bertanya lagi : “Bagaimana saya bersuci dengannya?” Nabi menjawab : “Subhanallah, bersuci dengannya”. Kata Aisyah : “Seakan-akan Asma’ tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan)”. HR. Muslim

Hadits ini menjelaskan tentang penggunaan daun bidara. Hadits ini diriwayatkan oleh Aisyah, bahwasannya Asma’ binti Syakal bertanya kepada nabi Muhammad SAW tentang mandi haid.

Manfaat daun bidara

Sebenarnya ada sangat banyak manfaat daun bidara ini, namun pada artikel kali ini kami hanya membahas beberapa bagian dan manfaaat dari pohon bidara. Manfaat daun bidara dan kegunaannya ini mempunyai efek yang cukup signifikan dalam penerapannya.

1. Manfaat Daun Bidara Dalam Menghilangkan Jerawat

manfaat daun bidara

hallosehat.com

Siapa sih yang merasa nyaman dengan keberadaan jerawat di wajah kita? Ngga ada kan?

Apalagi kalau jerawat tumbuh pada bagian yang membuat wajah kita tak enak ketika dipandang. keberadaan jerawat pada wajah kita menjadikannya indikator bahwa kulit kita sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Salah satu dampak yang muncul ketika timbul jerawat ini adalah menurunnya tingkat kepercayaan diri, terlebih lagi jika sedang dalam kondisi akan bertemu dengan orang-orang dikeramaian.

Perlu diketahui, daun bidara mempunyai manfaat dalam mengatasi jerawat. Dengan daun bidara yang digunakan sebagai masker wajah dan dipakai secara rutin, maka akan menyelesaikan masalah Anda tentang jerawat. Pada daun bidara ini ternyata mengandung senyawa antibakterial yang bisa membunuh penyakit.

2. Manfaat Daun Bidara Dalam Menyembuhkan Luka

manfaat daun bidar

pixabay.com

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah dapat menyembuhkan luka. Daun ini bisa digunakan dalam hal penyembuhan luka. Berbagai luka dapat disembuhkan, seperti luka bakar, luka gores, luka hati karena mantan ataupun luka-luka lainnya.

Dengan kandungan zat yang terdapat pada daun tersebut, membuat luka akan cepat mengering dan sembuh lebih cepat. Kabarnya, kandungan zat pada daun bidara ini dapat membantu menghentikan aliran darah. Sehingga darah yang ada pada luka akan segera berhenti dan luka akan mengering dengan segera.

3. Manfaat Daun Bidara Dalam Mengantisipasi Diabetes

manfaat daun bidara

paxabay.com

Diabetes adalah suatu penyakit dimana penderitanya mengalami kelebihan gula (glukosa). Orang-orang juga sering mengenalnya sebagai penyakit kencing manis, merupakan kondisi seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula secara drastis. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peristiwa prankeas tidak mampu memproduksi insulin.

Penyakit diabetes pada saat ini bagaikan momok yang menakutkan, karena tidak hanya menyerang golongan tua saja, namun juga bisa menyerang golongan muda tanpa mengenal jenis kelamin.

Nah, bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes, cobalah untuk menggunakan  ramuan daun bidara untuk membantu menurunkan kadar gula Anda. Alternatif ini juga bisa untuk Anda rekomendasikan kepada keluarga, tetangga, teman, atau siapapun yang berada disekitar.

Kenapa daun bidara dapat menyembuhkan penyakit diabetes? Karena didalam daun bidara terkandung zat glikemik rendah yang mampu menurunkan gula darah pada penderitanya.

Untuk penggunaan daun bidara, kita bisa mengumpulkan sebanyak mungkin. Lalu jemurlah daun bidara dibawah terik matahari. Setelah daun kering, bisa disimpan di dalam toples atau tempat lain yang telah disiapkan. Rebuslah daun bidara dengan air secukupnya, lalu setelah mendidih Anda bisa meminumnya.

4. Manfaat Daun Bidara Dalam Mencegah Kanker dan Tumor

manfaat daun bidara

pixabay.com

Penyakit kanker dan tumor adalah penyakit yang memiliki keterkaitan. Ketika penyakit tumor jinak tidak ditindak lanjuti maka akan menjadi tumor ganas yang disebut kanker. Kedua penyakit ini juga menjadi salah satu sebab musabab terbanyak terjadinya kematian manusia.

Pengobatan medis untuk kanker sendiri ada beraneka ragam, mulai dari operasi sampai kemoterapi. Nah, meskipun sudah melakukan pengobatan secara medis banyak yang kemudian ingin mencoba pengobatan herbal, tradisional ataupun alternatif. Pengobatan alternatif tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan alami yang mengandung bahan antioksidan atau antikanker, salah satunya bidara upas.

Dengan mengkonsumsi daun bidara secara terus menerus (rutin) dapat mencegah bahkan mengatasi tumbuhnya tumor dan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh Anda.

5. Manfaat Daun Bidara Dalam Mengatasi Depresi

manfaat daun bidara

pexels.com

Dewasa ini, sangat tidak heran sekali apabila menemukan orang yang sering marah-marah, frustasi bahkan sampai depresi. Terlebih bagi sebagian orang yang hidup di lingkungan perkotaan, tuntutan hidup yang sangat tinggi membuat manusia bekerja dengan tekanan yang berat.

Depresi bukanlah masalah sepele, apabila tidak diatasi dengan segera akan menyebabkan timbulnya masalah lain yang berupa gangguan psikis maupun fisik.

Anda dapat mencoba ramuan dari daun bidara untuk mengatasi depresi yang sedang dialami. Daun bidara di dalamnya terkandung zat yang mampu membuat saraf menjadi rileks dan juga membuat lancar aliran darah. Sehingga tubuh dan pikiran Anda akan berangsur membaik dan menjadi lebih tenang.

6. Manfaat Daun Bidara Dalam Mengobati Gangguan Sihir Dan Makhluk Halus

manfaat daun bidara

pexels.com

Salah satu manfaat daun bidara yang paling terkenal adalah yang satu ini. Pada umumnya, daun bidara digunakan untuk meruqyah dan menangani masalah-masalah yang timbul oleh akibat adanya gangguan jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Pada masanya, ada seorang tabiin yang ahli pada bidang ilmu kedokteran yang bernama Wahb bin Munabih. Beliau menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk sampai halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tersebut dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, Al ikhlas, Al Falaq, dan An nas.

  • Gangguan Akut

Apabila ada seseorang yang terkena musibah berupa gangguan jin dan sihir yang sudah parah atau akut, hendaknya ia selalu mengharap pahala atas apa yang sedang dialaminya seraya tetap terus berikhtiar dalam proses pengobatan.

Berikut adalah metode yan dijelaskan oleh salah seorang tokoh ulama Arab Saudi yang bernama Dr. Said bin Ali Al Qoahtani didalam salah satu bukunya.

1. Haluskan daun daun bidara lalu campurkan ke dalam air

2. Bacakan ayat-ayat berikut pada air yang telah disiapkan:

  • Membaca ta’awudz terlebih dahulu
  • Ayat kursi
  • Surat Yunus ayat 79-82
  • Surat Al A’rof ayat 117-122
  • Surat Taha ayat 65-70
  • Surat Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas

3. Minumlah air tersebut yang tekah dibacakan doa-doa

4. Pakai sisa air untuk mandi

5. Lakukan metode ini beberapa kali sampai efek dari jin dan juga sihir hilang.

  • Mengusir Jin di Rumah yang Angker

Masalah yang kerap kali terjadi di masyarakat adalah rumah angker dengan kata lain rumah yang didalamnya terdapat banyak kejadian-kejadian aneh yang ditimbulkan dari ganguan jin. Cara yang ampuh ialah dengan membacakan surat Al Baqoroh secara utuh.

Selain dibacakan surat Al Baqoroh, Anda juga bisa mengkombinasikan dengan campuran air daun bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah.

Air daun bidara tadi kemudian dipercikkan atau disemprotkan ke sudut-sudut rumah dan ditempat yang dirasa banyak terjadi gangguan jin.

7. Manfaat Daun Bidara Dalam Memperkuat Rambut

manfaat daun bidara

pexels.com

Rambut adalah mahkota bagi kita, baik itu pria ataupun wanita, semuanya sama. Oleh karena itu, masalah rambut rontok adalah salah satu hal yang membuat rasa tidak nyaman dan juga akan membuat turunnya tingkat kepercayaan diri.

Jangan menganggap kalau masalah rambut rontok adalah masalah yang sepele. Jika berkelanjutan akan menimbulkan efek yang serius, yaitu kebotakan.

Maka dari itu, rambut rotok harus sesegera mungkin untuk diatasi. Anda bisa menggunakan daun bidara sebagai alternatif untuk menyelesaikannya.

8. Manfaat Daun Bidara Dalam Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat daun bidara

pexels.com

Menurunnya nafsu makan akan menjadi satu masalah yang cukup serius, karena bisa mendatangkan berbagai macam penyakit yang akan menggangu kesehatan tubuh Anda. Biasanya menurunnya nafsu makan ini dialami oleh sebagian besar anak kecil, namun jangan keliru menurunnya nafsu makan juga bisa dialami oleh orang dewasa.

Apabila Anda sedang mengalaminya, maka disarankan untuk menggunakan daun bidara untuk meningkatkan nafsu makan. Pada saat ini sudah banyak yang menjual pil yang berasal dari ekstrak daun bidara. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti dari daun bidara yang segar.

9. Manfaat Daun Bidara Dalam Memandikan Jenazah

manfaat daun bidara

pixabay.com

Sebagai umat islam, semua kegiatan dan aktivitas sehari-hari telah diatur secara lengkap oleh Allah dan sebagian juga dari Nabi Muhammad SAW. Mulai dari bangun tidur sampai nantinya tidur lagi. Tak terkecuali dalam masalah jenazah, penjelasan mengenai tata cara dan sebagainya telah dibahas secara rinci.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (sebagai wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939).

Pada hadits tersebut, disebutkan bahwa ketika akan memandikan jenazah maka dianjurkan untuk mengunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Dan tersebut mengandung semacam zat yang dapat membantu untuk menghilangkan kotoran secara alami.

Ketika daun bidara diremas maka akan menghasilkan busa yang bisa diprgunakan untuk memendikan jenazah.

Sekian pembahasan pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat!

Leave a Reply

%d bloggers like this: