oleh-oleh khas malang

10+ Oleh Oleh Khas Malang | Rekomendasi Terfavorit

Oleh-oleh khas malang – Hallo sahabat ilhamteguh.com, Sudah pernah wisata ke Malang atau Batu? Jika belum pernah ke Malang, mungkin barang kali liburan terdekat mendatang bisa menjadi waktu yang pas buat kamu yang ingin menyambangi Malang. Selain pergi jalan-jalan mengunjungi destinasi wisata yang sedang hits dan up to date, kamu wajib membeli oleh-oleh khas Malang yang sangat terkenal dari Kota Apel ini.

Siapa yang ngga kenal Kota Malang? Ya, salah satu kota di Jawa Timur ini memilki udara sejuk dan pemandangan yang mempesona ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terlepas dari bermacam wisata yang populer di Malang, masih ada banyak hal lain yang membuat tempat ini menjadi layak untuk dikunjungi.

Liburan di Malang tentu belum komplit jika tanpa mencari oleh-oleh khas malang yang begitu sangat terkenal. Malang mempunyai segudang oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang untuk orang-orang tersayang.

Oleh-oleh khas malang yang bisa untuk dibawa pulang pun sangat beragam mulai dari makanan, kerajinan tangan, souvenir dan masih banyak yang lain.

Agar dapat lebih membantu kamu ketika berlibur ke Malang, kami akan merekomendasikan beberapa oleh-oleh khas Malang yang sangat recomended untuk kamu bawa ketika telah selesai berlibur.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Malang yang bikin kamu ngga akan pernah bisa move on  dari kota ini? Nah, berikut adalah beberapa daftar oleh-oleh khas Malang yang telah kami kumpulkan dan harus kamu masukkan ke dalam koper ketika akan meninggalkan kota Malang.

Oleh Oleh Khas Malang Berupa Makanan dan Minuman

1. Keripik Buah

oleh-oleh khas malang

aaronguing.com

Jika kamu merasa kesulitan membawa apel segar karena relatif memakan tempat dan tenaga saat membawanya, maka solusinya adalah dengan membawa keripik buah apel. Tentu saja ini merupakan suatu alternatif yang bisa dibilang dapat mengefesiensi tempat dan juga tenaga.

Selain keripik apel, terdapat pula keripik oleh-oleh khas Malang yang lain seperti keripik buah nangka, melon, salak, rambutan, semangka dan buah yang lain. Semua keripik tersebut merupakan oleh-oleh khas Malang yang murah meriah dimana pada setiap bungkus kemasan dibanderol dengan harga mulai sembilan ribuan.

Dari semua varian keripik buah yang tersedia, kebanyakan yang menjadi primadona para wisatawan didominasi oleh keripik buah apel dan buah mangga. Namun kamu boleh memilih keripik dengan varian yang sesuai selera kamu.

Jika kamu sedang liburan di Malang dan berniat untuk membeli keripik buah tetapi kamu bingung harus beli kemana, maka jangan khawatir! Karena saat ini ada banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Malang yang menyediakan keripik buah.

2. Keripik Tempe

oleh-oleh khas malang

primarasa.co.id

Keripik tempe ini merupakan salah satu dari deretan oleh-oleh khas Malang yang wajib dibawa ketika hendak meninggalkan Malang. Selain buah apel, Malng juga dikenal sebagai penghasil tempe. Kamu bisa dengan mudah menemukan keripik tempe ini hampir disetiap sudut kota.

Ingin merasakan pengalaman membeli keripik tempe yang berbeda? Datang saja langsung ke Kampung Sanan yang terletak di Kecamatan Blimbing. Selain alun-alun Kota Batu dan alun-alun Kota Malang, spot ini bisa menjadi salah satu tempat nongkrong di Malang yang pas. Ya, benar sekali, nongkrong sambil makan keripik tempe. Hehehe..

Kampung Sanan dikenal sebagai sentra penghasil keripik tempe di Kota Malang. Hampir semua warga di daerah ini memiliki profesi yang tak jauh berbeda dari produksi keripik tempe mulai dari pemasok tempe, pengiris tempe, sampai pembungkus keripik tempe.

Diolah dengan proses dan bumbu yang sempurna menjadikan keripik tersebut sangat recomended untuk dijadikan camilan.Untuk keripik tempe sendiri terdapat berbagai macam varian rasa seperti pizza, barbeque, jagung manis, keju serta rumput laut.

3. Keripik Ceker

oleh-oleh khas malang

shoping.line.me

Tak berhenti sampai keripik buah dan keripik tempe saja, ternyata Malang juga memiliki keripik ceker istimewa. Keripik ceker diolah oleh warga sekitar menjadi keripik yang renyah, garing dan gurih.

Keripik ceker ini kabarnya memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti asam amino, kalsium dan juga kolagen.

Makanan khas Malang yang satu ini bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh khas Malang terdekat. Keripik ini dikemas dalam berbagai jenis ukuran, kamu bisa memilih dengan anggaran yang sesuai dengan isi dompet kamu. Hehe.

4. Jenang Apel

oleh-oleh khas malang

negrikuindonesia.com

Jenang apel merupakan jenis makanan yang terbuat dari serat apel yang khas dari Malang. Selain bahannya yang berbeda dengan jenis jenang pada umumnya, jenang apel ini juga memiliki tekstur dan citra rasa yang khas.

Makanan khas Malang satu ini selain memiliki citra rasa yang spesial, ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena terbuat dari buah apel alami sehingga memiliki kandungan gizi  yang tinggi.

Jenang apel merupakan makanan yang sudah sangat populer di Malang, salah satu sentra penghasil jenang apel ini adalah di derah Kota Batu, Malang. Daerah tersebut selain dikenal dengan budidaya buah apelnya, juga terdapat banyak industri rumahan yang memproduksi makanan satu ini. Oleh-oleh khas Malang yang satu ini pokoknya ngga nyesel deh untuk dibawa pulang kerumah.

5. Malang Strudel

oleh-oleh khas malang

malang strudel.com

Salah satu oleh-oleh khas Malang yang masih terbilang baru adalah strudel buah. Strudel buah adalah kue lapis atau pastry yang berisi irisan buah.

Resmi dibuka pada tahun 2014, Malang Strudel menyediakan strudel dengan berbagai macam varian rasa. Isi buah pada kue lapis ini tentunya didominasi oleh buah apel. Namun, kamu juga bisa memilih varian rasa yang lain seperti buah stroberi, pisang, nanas, dan mix fruit.

Sangat disayangkan jika kamu tidak membeli dan mencicipi malang strudel ini, karena malang strudel ini hanya dapat ditemukan di Kota Malang saja, dan tidak dijual di kota-kota lain.

Bagaimana, penasaran dengan oleh-oleh khas Malang yang masih nge-hits ini? Kamu bisa langsung datang ke salah satu lokasi Malang Strudel yang berlokasi di Jl. Soekarni Hatta Blok D No. 408, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

6. Apel Malang

oleh-oleh khas malang

malangtransport.com

Nah, yang satu ini merupakan ikon utama Kota Malang. Kota Malang selalu identik dengan buah apelnya. Jadi tak heran jika buah yang satu ini selalu dicari-cari oleh para wisatawan yang berlibur di Kota Malang.

Setidaknya ada dua jenis apel yang yang sangat populer dikota ini, yaitu jenis apel anna dan juga apel manalagi.

Apel anna berbentuk sedikit lonjong dengan warna hijau kemerahan, dengan rasa yang sedikit asam. Sedangkan untuk apel manalagi mempunyai bentuk bulat dengan warna hijau dan memiliki rasa manis segar. Jenis apel manalagi ini biasanya yang paling sering dicari orang karena rasanya yang manis dan segar.

Apel malang adalah oleh-oleh para wisatawan yang hampir tak pernah ditinggalkan, karena buah apel ini menjadi oleh-oleh khas Malang yang paling banyak digemari oleh para wisatawan.

Buah apel sangat mudah dijumpai di Kota Malang. Kamu bisa memblinya di kawasan agrowisata, pasar, dan juga pedagang buah yang berada di pinggiran jalan. Jangan lupa ditawar ya agar mendapat harga yang lebih murah!

7. Sari Apel

oleh-oleh khas malang

mandirisaja.com

Alternatif lain jika ingin membawa buah apel sebagai oleh-oleh khas Malang adalah dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Sari buah apel ini diproduksi dari apel pilihan yang masih segar.

Sari buah ini dibuat dari apel segar pilihan yang telah disortir. Mula-mula apel terlebih dahulu dibuang bjinya, kemudian apel dimasukkan ke dalam mesin peras yang akan memisahkan antara sari buah dan ampasnya.

Dari empat jenis apel Malang, hanya ada dua yang bisa dijadikan sari buah. Yaitu jenis apel manalagi dan apel romebeauty.

Terdapat banyak produsen yang menawarkan sari buah apel ini. Kamu tentunya harus pintar dalam membedakan antara sari buah apel yang mengandung pemanis buatan dan sari apel yang tanpa ada unsur zat yang membahayakan kesehatan.

Sari buah apel ini bisa kamu temukan di banyak pusat oleh-oleh Malang dan juga kawasan tempat wisata di Malang.

8. Pia Mangkok

oleh-oleh khas malang

foody.id

Tak hanya Jogja yang terkenal bakpianya, Malang juga memiliki pia khas yang bernama pia mangkok. Makanan khas Malang yang satu ini bisa bertahan sampai dua minggu terhitung dari masa produksi. Jadi sebaiknya saat akan membeli kamu memilih pia mangkok yang baru saja diproduksi dihari tersebut.

Toko yang menjual pia mangkok salah satunya berada di Jl. Semeru No. 25. Pia khas Malang ini memiliki banyak varian rasa seperti keju, cokelat, durian, dan kacang hijau. Sangat cocok deh masuk ke tas belanja oleh-oleh kamu.

Kamu juga bisa menjumpai salah satu oleh-oleh khas Malang ini di toko-toko yang menjual berbagai jenis makanan khas kota tersebut.

9. Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo

oleh-oleh khas malang

tourkoreaid.wordpress.com

Repoeblik Telo adalah salah satu pusat oleh-oleh khas Malang yang berlokasi di Jl. Raya Purwodadi No. 1, Lawang Kabupaten Malang.

Berada di daerah perbatasan antara Malang dan Pasuruan, Repoeblik Telo hadir menawarkan bermacam kuliner khas dengan bahan dasar telo atau yang sering disebut dengan ubi. Telo yang dijadikan bahan dasar utama ditempat ini adalah telo ungu.

Dipusat oleh-oleh ini, kamu dapat menemukan aneka olahan telo ungu. Mulai dari Ice Cone Telo, Bakpau Telo, Brownis Telo Kukus, Ice Cream Telo, Bakpia Telo, Nugget Telo, Sandwich-Hotdog Telo, Dan Pizza Telo.

Nah, dari beberapa produk tersebut yang menjadi favorit para wisatawan di Repoeblik Telo ini adalah bakpia telo dan bakpau telo. Kamu juga bisa menyantap secara langsung aneka kuliner dari telo ini di tempat karena di Repoeblik Telo dilengkapi dengan area cafe dan fasilitas free hotspot.

Oleh Oleh Khas Malang Berupa Kerajinan Tangan dan Souvenir

1. Keramik Dinoyo

oleh-oleh khas malang

ngalam.co

Berlibur ke Malang memang tidak bakal ada ruginya, selain bisa membawa oleh-oleh berupa makanan kamu juga bisa membawa buah tangan berupa souvenir yang tak akan ada habisnya. Salah satu oleh-oleh khas Malang yang berbentuk souvenir ini adalah kerajinan tangan kramik Dinoyo.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi Sentra Keramik Dinoyo yang berlokasi di Jl. MT Haryono XI. Di tempat ini, kamu bisa menjumpai sedikitnya sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas Malang ini.

Bentuk dan karakternya pun bervariasi mulai dari peralatan dapur seperti gelas, cangkir, mug dan poci. Hingga keramik hiasan rumah seperti asbak, vas bunga, dan celengan berbentuk hewan yang lucu-lucu.

Adapun ciri khas yang sangat menonjol dari keramik Dinoyo ini adalah karakter pola hiasannya yang lebih mendominasi pada motif flora dan fauna.

2. Topeng Malangan

oleh-oleh khas malang

youtube.com

Terkhusus bagi kamu yang mencintai dunia seni, maka kamu bisa membawa oleh-oleh khas Malang berupa souvenir. Topeng Malangan merupakan salah satu seni tradisional yang yang telah hadir sejak ratusan tahun yang lalu.

Topeng malang mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dari jenis topeng yang lainnya.

Ciri khas itu tampak pada coraknya yang unik dari pahatan kayu yang lebih realis dan menggambarkan wajah seseorang. Ada karakter wajah baik, jahat, sedih, tampan, cantik dan juga jenaka.

Topeng Malangan memiliki harga yang variatif, mulai dari Rp 100.000 – Rp 500.000. Bahkan ada juga harganya yang mencapai satu juta rupiah, tergantung pada jenis kayu yang digunakan untuk bahan baku pembuatan topeng.

3. Batik Malang

oleh-oleh khas malang

nusantara.news

Batik Malangan memang belum sepopuler batik jogja atau batik solo, namun batik Malang juga memiliki keindahan tersendiri dari segi corak dan warnanya yang khas. Salah satu motif batik Malang yang terkenal ialah motif batik teratai singo.

Beberapa motif khas Malang adalah motif teratai yang melambangkan keindahan alam serta kesuburannya.kamu bisa mendapatkan batik Malang ini di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang atau bisa juga kamu dapatkan di Sentra Batik Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Bagaimana, sudah siap belum buat borong oleh-oleh khas Malang?

                           

Hasil pencarian :

Oleh oleh khas malang kekinian, oleh oleh khas malang online, oleh oleh khas malang malang city east java, oleh oleh khas malang untuk pacar, oleh oleh khas malang kota malang east java, oleh oleh khas malang terdekat, oleh2 khas malang kekinian, oleh oleh khas malang hits.

Leave a Reply

%d bloggers like this: