bahan balotelly

√ Bahan Balotelly: 5 Jenis Fashion Pilihan Untuk Anda!

Bahan Balotelly – Pasar Indonesia ada begitu banyak jenis produk beredar yang terbuat dari bahan yang beragam pula jenisnya. Ada satu jenis bahan yang kiranya sudah sangat populer di kalangan masyarakat, bahan tersebut adalah balotelly.

Meskipun sudah tidak asing di telinga, namun hanya sedikit saja yang tahu banyak tentang jenis bahan ini.

Pada umumnya, kebanyakan bahan jenis ini digunakan dalam pembuatan baju koko dan dasar hijab. Secara lengkap akan kita ulas pembahasan mengenai karakteristik bahan, kelebihan, dan kekurangannya. Berikut pembahasan lengkap tentang kain balotelly.

Mengenal Bahan Balotelly

bahan balotelly

Balotelly merupakan jenis kain yang memiliki bahan yang lumayan tebal dan tekstur khas yang berbeda dari jenis kain lain. Bahan ini memiliki motif unik yang membentuk kotak-kotak kecil dan bergaris. Ciri khas tersebutlah yang membuat perbedaan antara kain balotelly dan jenis lain.

Ada sebuah fakta tentang kain ini yang sampai sekarang masih menjadi perbincangan orang-orang. Fakta tersebut tak lain adalah terkait bahan dalam pembuatan kain balotelly.

Ada yang mengatakan bahwa kain ini termasuk ke dalam jenis katun, disisi lai ada juga yang berpendapat bahwa kain ini bukan termasuk jenis katun. Namun jika dilihat dari karakteristik yang dimiliki, balotelly bukan golongan katun.

Jenis bahan yang dipakai dalam pembuatan kain balotelly adalah serat katun, walaupun tidak 100% serat alami.

Menurut fakta yabg ada di lapangan, kain katun memberikan sensasi atau efek yang khas jika diraba. Oleh karena itu, balotelly adalah jenis yang berbeda dari jenis katun.

Secara kasat mata, kain balotelly jika dilihat akan memberikan sensasi berbeda, yang mana tidak dimiliki oleh jenis bahan katun. Beberapa sumber juga memberikan pendapat lain bahwa jenis adalah golongan katun. Meskipun secara bahan tidak 100% dari bahan katun.

Ciri Khas Bahan Balotelly

bahan balotelly

Pada belum tahu kan apa saja karakteristik lengkap tentang kain yang satu ini? Oke, kalau belum tahu maka akan kita bahas secara lengkap disini.

Pada dasarnya, bahan balotelly memiliki karakteristik atau ciri khas yang cukup unik. Karakteristik tersebutlah yang menjadikan daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki oleh bahan lain. Apa saja karakteristik dari bahan ini? Yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak Transparan

Karakteristik yang paling pertama adalah bahan yang tidak menerawang atau transparan. Hal tersebut menjadikan daya tarik yang menjadi awal mula banyaknya orang yang kemudian menyukai bahan balotelly.

Banyak desainer juga yang ternyata suka dengan bahan ini yang kemudian digubakan untuk membuat baju muslimah seperti gamis dan lain-lain.

2. Memiliki Tekstur Berserat

Bahan ini memiliki tekstur kain yang berserat dan cukup tebal, sehingga membuat bahan tidak tembus pandang. Jika Anda sedang mengecek atau memilih kain, maka salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara melhat tekstur pada kain yang akan dipilih.

Selain itu, ciri khas lain yang terdapat pada bahan balotelly adalah tekstur permukaan yang sedikit kasar.

3. Memiliki Ragam Motif dan Warna

Karakteristik selanjutnya adalah bahwa bahan balotelly memiliki ragam jenis motif dan warna yang kaya. Warna tersebut tersedia mulai dari jenis warna yang cerah sampai dengan warna gelap. Motif yang ditawarkan pun juga tak kalah banyak.

Nah, oleh karena itu hal tersebut bisa dijadikan pertimbangan sebagai alasan untuk menilai bahwa jenis kain ini adalah kain yang baik.

4. Agak Tebal dan Halus

Selain dari pada ciri khas yang telah disebutkan di atas, kain balotelly merupakan jenis bahan yang tergolong cukup tebal dan halus. Sehingga kain ini banyak digunakan dalam pembuatan jenis busana gamis, rok, hijab, dan lain-lain.

Sifat transparan pada kain ini tidak akan terjadi karena melihat bahannya cukup tebal. Busana muslimah sangat cocok dibuat dari balotelly.

5. Termasuk Kain Ringan

Walaupun bahan balotelly adalah jenis kain yang cukup tebal, namun kain ini bisa dikatakan masih tetap ringan. Jika sudah ditransformasi menjadi bentuk busana juga akan memberikan kenyamanan.

Mungkin poin ini juga menjadi pertimbangan orang-orang untuk membeli kemudian memakai kain ini.

6. Tersedia Motif Kotak-Kotak dan Bergaris

Anda sudah mengetahui bahwa jenis bahan ini memiliki ragam motif dan warna yang banyak seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Keragaman jenis dan motif tersebut bisa diwakili oleh salah satu motif yang kotak-kotak dan bergaris.

Untuk membedakan dengan jenis bahan lain, Anda bisa tahu dengan cara meraba tekstur permukaan kainnya.

7. Tidak Melekat ke Tubuh

Ciri khas atau karakteristik yang paling akhir adalah bahan ini tidak melekat ke tubuh pada saat dikenakan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu resah akan lekukan tubuh yang nampak karena bahan ini aman dari kesan tersebut.

Poin terakhir ini juga bisa dijadikan pertimbangan untuk para kaum muslimah dalam pemilihan jenis bahan untuk busana mereka.

Jenis Bahan Balotelly

bahan balotelly

Seperti kebanyakan jenis kain yang lain, balotelly juga memiliki jenis-jenis yang membuat mudah diingat dan lebih detil. Jenis ini dibedakan berdasarkan tingkat kualitas dari kain itu sendiri. Bahan balotelly ini memiliki kualitas dari yang diperuntukkan untuk kelas menengah ke bawah sampai dengan high-end.

Secara umum, kain ini dapat dibagi dalam tiga jenis yang dikategorikan berdasarkan jenis tingkatan kualitasnya.

Ketiga jenis bahan tersebut tersebut adalah balotelly original, balotelly grade A, dan balotelly grade A+. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan pada masing-masing gradenya.

1. Balotelly Original

Grade balotelly yang pertama adalah jenis original, ini adalah jenis kain yang memiliki kualitas standar. Sifat dari bahan ini cenderung lebih kaku, sehingga model kain juga tidak akan jatuh secara maksimal. Jika dibandingkan dengan jenis kain toboyo, kain balotelly akan lebih kaku dan sulit digerakkan.

Pembuatan busana seperti gamis kombinasi dan baju koko adalah jenis fashion yang cocok digunakan dari bahan balotelly.

Sebenarnya jenis original ini bukanlah jenis yang berada pada tataran paling bawah secara kualitas. Balotelly ekonomis adalah jenis bahan yang memiliki grade paling bawah. Grade ini memiliki bahan yang panas ketika dikenakan.

2. Balotelly Grade A

Yang berada pada kelas pertengahan adalah jenis bahan balotelly grade A. Grade A tidak berada pada kualitas paling bawah tidak juga di atas, artinya berada pada level pertengahan.

Kesimpulannya adalah bahwa grade A ini adalah kulitas yang sediit lebih baik dari balotelly original dan sedikit di bawah grade A+.

3. Balotelly Grade A+

Grade A+ adalah jenis bahan balotelly yang digolongkan berdasarkan kulitasnya. Merupakan bahan yang memiliki kualitas terbaik dibanding yang lain. Jenis ini memiliki nama lain yaitu Ar-Raihan.

Bahan yang adem, halus, lembut, dan jatuh adalah beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kain pada grade ini. Ketika Anda memegang, Anda akan merasakan kesan yang menyerupai katun toyobo. Namun masih lebih jatuh yang sama persis seperti Megumi Ladies.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa varian balotelly yang paling baik kebanyakan dikenal dengan sebutan kain Zegna Italiano.

Jenis bahan ini memiliki tekstur kain yang jatuh juga memberikan kenyamanan yang lebih jika dibandingkan dengan balotelly biasa. Jika dilihat lebih lanjut, Zegna Italiano memang memiliki keunggulan yang benar-benar bisa dirasakan dibandingkan dengan yang lain.

Perbedaan yang sangat menonjol dari keduanya adalah jika bahan balotelly biasa mudah kusut maka beda halnya dengan Zegana Italiano yang terkesan lebih lembut dan tak mudah kusut.

Maka kemudian Zegna ini dikategorikan ke dalam grade A+ dengan berbagai alasan yang melatar belakanginya. Jangan tanya soal harga, tentunya dengan segala kelebiha yang dimiliki olehnya, jenis inilah yang paling mahal.

Kelebihan Bahan Balotelly

bahan balotelly

Ketika hendak membeli sesuatu, rasanya kurang ‘ngena’ kalau belum tahu apa saja yang ada didalamnya. Wajarnya kita akan mencari tahu terlebih dahulu apa sih spesifikasinya, apa sih kelebihannya, juga apa kekurangan dari produk/barang tersebut.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh kain balotelly ini. Yuk kita simak sama-sama pembahasan di bawah ini.

1. Harganya Terjangkau

Keunggulan yang paling pertama adalah bagian yang pada dasarnya menjadi poin yang paling banyak menjadi pertimbangan seorang konsumen, yaitu masalah harga. Kebetulan kain ini adalah golongan yang memiliki harga yang bisa dikatakan terjangkau.

Rasanya inilah salah satu alasan orang-orang tertarik dan ingin memiliki kain yang satu ini.

2. Bahan yang Adem

Kenyamanan adalah bagian terpenting dalam memporduksi setiap barang atau jasa. Kebanyakan konsumen melihat sebuah barang memprtimbangankan aspek kenyamanan ini sebagai parameter yang penting.

Balotelly adalah jenis kain yang mempertimbangkan kenyamanan tersebut. Meskipun memiliki bahan yang cukup tebal, namun kain ini tetap saja adem dan nyaman saat digunakan.

3. Tidak Mudah Kusut

Anda tidak perlu repot-repot untuk sering melakukan aktivitas yang membosankan yaitu menyetrika jika membeli jenis kain yang satu ini. Iya, bahan ini sangat menyenangkan karena tidak mudah kusut.

Meskipun Anda sering memakainya, balotelly cenderung lebih tidak mudah kusut jika dibandingkan dengan jenis lain.

4. Mudah Dijumpai

Pada dasarnya semakin ekonomis nilai sebuah barang, maka semakin banyak pula produksi dan distribusinya. Alasannya adalah karena barang yang murah relatif lebih disukai oleh pasar meskipun kualitas sedikit lebih buruk.

Jenis kain ini adalah golongan yang beberapa diantara jenisnya memiliki harga murah. Maka kemudian ada banyak sekali barang ini di pasaran dan lebih mudah Anda temukan.

5. Banyak Pilihan Warna

Seolah-olah sangat memahami apa yang diinginkan oleh kebanyakan orang bahwa kain yang memiliki ragam warna yang kaya adalah sesuatu yang dinanti. Alasannya adalah sesorang akan menemukan warna yang pas dan sesui dengan seleranya masing-masing.

Kain balotelly menyediakan beragam jenis warna yang bisa Anda sesuaikan dengan pilihan Anda.

6. Serat Kain Rapat

Kaum muslimah yang paham tentang dunia fashion tentunya sudah tidak asing lagi jika mendengan kata “balotelly” ini. Karakteristik dari bahan ini sangat cocok dan pas karena sifatnya yang tidak menerawang.

Anti-transparan ini merupakan efek yang ditimbulkan dari serat kain yang cukup rapat, sehingga tidak ada celah yang menimbulkan bahan menjadi menerawang.

7. Tidak Transparan

Siapa sih yang mau jika busana yang mereka kenakan bersifat menerawang, tentunya tidak ada bukan? Keunggulan yang satu ini masih memiliki keterkaitan dengan pembahasan pada poin sebelumnya.

Yang mana telah disebutkan bahwa sifat anti-transparan ini adalah efek dari bahan serat yang rapat dan tebal.

8. Kain Tebal Namun Tetap Ringan

Kain yang tebal umumnya adalah kain yang memiliki berat yang lebih tinggi. Namun hal tersebut tidak berlaku pada bahan balotelly ini. Iya, Meskipun bahannya agak tebal namun tetap saja bahan ini masih ringan.

Karena ringan, tentunya Anda akan tetap nyaman pada saat mengenakan busana dari kain ini.

Kekurangan Bahan Balotelly

bahan balotelly

Tidak fair rasanya jika sudah banyak menyebutkan kelebihannya saja tanpa mengulas kekurangan dari kain balotelly. Kira-kira apa saja kekurangan yang dimiliki oleh bahan ini? Langsung saja kita cek di bawah ini.

1. Jatuh Kainnya Tidak Sebaik Wolfis

Dimana-mana kebanyakan orang akan lebih menyukai kain yang jatuh dibandingkan dengan yang tidak. Balotelly adalah salah satu jenis kain yang termasuk ke dalam golongan kain jatuh.

Namun, ada hal yang cukup disayangkan dari jatuhnyakai ini, yaitu kualitas jatuh tersebut tidak sebaik kain wolfis.

2. Sebagian Jenis Panas

Tidak semua jenis balotelly bersifat panas, namun hanya pada beberapa jenis saja. Anda tahu ada beberapa jenis grade yang ada pada kain ini. Kain yang memiliki kesan panas adalah yang berasal dari grade original atau yang paling bawah.

Sedangkan untuk balotelly grade A+ ini tidak menimbulkan efek panas saat dipakai, sehingga Anda akan tetap nyaman.

3. Tekstur yang Sedikit Kasar dan Bergaris

Kekurangan balotelly selanjutnya adalah kain ini memiliki tekstur yang sedikit kasar. Hal tersebut merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari adanya motif bergaris dan kotak-kotak. Kenayamanan Anda akan sedikit berkurang karena pengaruh efek kasar ini.

Namun, terlepas dari kasarnya tekstur kain tersebut, banyak yang tidak keberatan dan tidak sedikit yang sampai sekarang membuatnya sebagai busana.

4. Kaku Saat Digunakan

Kaku pada saat digunakan, ini adalah kekurangan dari bahan ini yang paling terakhir. Kakunya kain tersebut akan mengurangi kenyamanan pada saat bahan tersebut dikenakan.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap sesuatu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Perawatan Bahan Balotelly

bahan balotelly

Kini saatnya Anda untuk mengetahui bagaimana cara perawatan kain ini dengan baik dan benar. Tentunya ini adalah bagian yang tidak kalah penting dari yang lain. Awet tidaknya busana yang Anda pakai ditentukan dari cara merawatnya.

Jika Anda bisa merawat dengan baik dan benar, maka besar kemungkinan kain akan lebih awet bagitu pula sebaliknya.

Proses perawatan ini tergolong tidak sulit dibandingkan dengan jenis lain. Lalu apa saja tahapan yang dilalaui? Berikut penjelasannya.

1. Proses Mencuci

Sebelum mencuci, direkomendasikan untuk memilih deterjen yang lebih soft. Anda bisa menjadikan deterjen cair sebagai pilihan saat hendak mencuci. Deterjen bubuk cenderung lebih merusak kain.

Pada dasarnya, proses mencuci bahan balotelly tidak memerlukan keahlian khusus, namun ada beberap hal yang perlu diperhatikan ketikan hendak mencuci bahan ini.

Kain balotelly adalah adalah jenis baha yang tidak bisa tahan terhadap pencucian yang brutal, mencuci kain ini harus dengan perlahan. Cucilah pakaian Anda dengan menggunakan air dingin. Jangan sampai menggunakan air panas, meskipun air panas mampu lebih baik dalam pelarutan noda.

2. Proses Menjemur

Secara keseluruhan, bahan ini bisa dikatakan tergolong mudah dalam perawatan. Bahkan ketika hendak menjemur pun Anda tidak perlu melakuka hal yang ribet dan penuh pantangan.

Anda cukup menjemur pakaian yang telah dicuci bersih di tempat yang tidak terkena terik matahari langsung. Anda bisa memilih spot-spot yang teduh dan terjangkau oleh udara atau angin yang masuk. Menjemur di bawah panas matahari lambat laun akan memudarkan warna kain.

Gunakanlah hanger atau gantungan lain pada saat menjemur, hal tersebut dikarenakan untuk menghindari kusut berlebih pada kain.

3. Proses Menyetrika

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa kain balotelly tidak tahan terhadap panas yang berlebih. Sehingga ketika menyetrika Anda harus menggunakan tekanan suhu yang rendah agar tidak merusak kain.

Direkomendasikan untuk menggunakan setrika jenis uap. Dengan uap tersebut akan memberikan dampak yang baik, sehinga kain labih halus bahan pun tetap terjaga.

Yang perlu digaris bawahi adalah penggunaan suhu yang tidak berlebihan.

4. Menyimpan

Proses yang paling terakhir adalah menyimpan kain. Jenis balotelly dengan grae ekonomis adalah kain yang paling mudah kusut diantara yang lain. Anda bisa menyimpan kain ini menggunakan hanger kemudian digantungkan.

Untuk jenis yang lain, Anda bisa menyimpan di dalam lemari yang bebas lembab dan kotoran

Jenis Fashion dari Bahan Balotelly

bahan balotelly

Ada banyak ragam kegunaan atau jenis fashion yang bisa dihasilkan dari jenis kain balotelly ini. Secara keseluruhan, banyak yang menggunakan kain ini untuk pembuatan busana atau pakaian.

Sangat jarang sekali jenis bahan ini digunakan dalam bentuk produksi lain. Berikut adalah ragam jenis fashion dari balotelly.

1. Sebagai Blouse

Bahan balotelly banyak digunakan dalam pembuatan blouse. Dewasa ini banyak sekali minat dapi pasar pada jenis bahan ini sehingga penggunaannya pun semakin meningkat.

Kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan blouse karena tekstur dan motinya pas.

2. Sebagai Rok

Selain itu, rok adalah jenis busana lain yang dihasilkan dari bahan ini. Banyak model yang bisa dipilih dalam membuatnya, Anda bisa mewujudkan keativitas Anda di sini.

Ragam jenis rok tersebut mulai dari jenis rok yang ala kadarnya samapi dengan yang paling mewah. Namun, beberapa kain terasa panas pada saat digunakan sebagai rok.

3. Sebagai Gamis

Balotelly adalah jenis kain yang cocok digunakan sebagai bahan pembuatan gamis, khususnya gamis syar’i. Alasannya simpel saja, kain ini tidak menerawang sehingga mampu menutup aurat dengan sempurna.

Tak hanya itu, kain ini adalah jenis yang tidak sulit untuk diatur dalam pembentukan, sehingga akan memaksimalkan hasil produksi.

4. Sebagai Hijab

Kebanyakan kain ini memang digunakan untuk memproduksi busana-busana benafas islami, seperti halnya hijab ini. Ini tidak kalah cocoknya untuk dibuat menjadi busana hijab karena bahan yang jatuh serta tidak mudah kusut.

Kebanyakan pada produsen busana hijab akan memberikan beragam model yang dibuat dari kain ini.

5. Sebagai Baju Koko

Jika Anda mengira bahwa kain ini hanya cocok untuk busana muslimah saja salah. Kain balotelly juga digunakan dalam pembuatan busana lelaki seperti baju koko ini.

Jangan salah, justru baju koko denga bahan balotelly banyak disukai karena kualitas dari bahannya.

Perbandingan Balotelly dan Wolfis

bahan balotelly

Tidak sedikit dari kalangan pengusaha konveksi yang merasa bingung untuk memilih kain balotelly atau wolfis. Untuk itu, berikut ini adalah pembahasan tentang perbandingan dari keduanya.

Bahan balotelly memiliki tekstur bergaris, ringan saat dikenakan, dan juga tidak transparan. Selain itu, bahan ini juga memberikan kenyamanan kepada siapapun yang telah memakainya.

Balotelly tidak menampakkan lekuk tubuh karena sifatnya tidak melekat ke tubuh. Kain ini bersifat lemas dan memiliki ragam pilihan warna yang banyak.

Sedangkan wolfis sendiri memiliki permukaan yang sedikit lebih halus dan juga tidak mudah kusut. Tak hanya itu, wolfis adalah jenis kain yang ringan begitu dipakai serta tidak transparan. Bukan hanya balotelly yang menawarkan ragam warna pilihan, wolfis juga demikian.

Jika membicarakan dari nilai ekonomi, balotelly memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan wolfis. Meskipun lebih mahal, Anda tidak perlu khawatir karena selisih harga tidak terpaut jauh.

Wolfis sendiri memiliki ragam jenis warna dan ketebalan yang cukup banyak. Konsumen umumnya akan mesa kesulitasn untuk memilih kain yang diinginkan.

Balotelly merupakan jenis kain yang memiliki minat pasar dari berbagai kalangan yang cukup tinggi. Khususnya untuk produsen yang banyak memproduksi busana seperti gamis, baju koko, dan hijab.

Harga Bahan Balotelly

bahan balotelly

Sepertinya ini adalah pembahasan yang cukup banyak dinantikan oleh para pembaca sekalian. Memang pada dasarnya pembahasan mengenai kain ini tidak lengkap jika tidak mencantumkan harga dari bahan terkait.

Kebanyakan orang rasanya akan memiliki list pertimbangan ketikan hendak membei sebuah bahan. Pertimbangan itu bisa berupa karakter kain, kelebihan, atau bisa juga melihat dari sisi kelemahan pada kain tersebut. Namun ada satu hal penting dalam mempertimbangkan hal tersebut yaitu dari faktor harga.

Harga kain balotelly yang banyak beredar di pasaran memiliki harga pada kisaran Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 40.000/meter.

Dengan harga Rp. 40.000/meter tersebut, Anda akan mendapatkan kualitas Grade A+.

Sebagai rekomendasi, usahakan untuk membeli bahan kain di tempat toko fisik secara langsung. Di sana Anda akan bisa membedakan dengan lebih baik karakteristik dan tekstur pada kain. Sehingga Anda dapat meminimalisir kerugian atau peneysalan setelah membeli bahan tersebut.

Jika memang mendesak, Anda tetap bisa membeli di toko online namun dengan lebih hati-hati. Pilihlah toko yang sudah memiliki eputasi yang baik sehingga transaksi berjalan lebih aman.

Harga yang sudah tertera di atas tidak bisa dijadikan sebagai patokan padat. Karena harga bisa berubah dengan sangat cepat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: