Bisnis Untuk Pemula | Trend Masa Kini

  • Bisnis untuk pemula – bagi seorang pemula mungkin menentukan salah satu bidang usaha yang akan dieksekusi bisa saja tergolong dalam level yang sulit. Mengapa demikian? Tentunya karena limit akan pengalaman dan pengetahaun yang  menimbulkan rasa kekhawatiran sehingga sangat sulit untuk menentukan arah.

Selain hal itu, bagi sebagian para pemula modal merupakan sesuatu yang menghalangi dan menjadi kendala yang cukup serius.

Seringkali karena masalah keterbatasan ini, akhirnya mereka berpaling dan menyerah bahkan sebelum usahanya dieksekusi.

Dalam memulai usaha (dalam bidang apa saja) salah satu yang paling utama adalah pengalaman seorang pelaku usaha. Untuk memperoleh pengalaman maka seseorang harus pernah atau ikut dalam melakukan suatu usaha.

Apabila ada orang yang ingin mempunyai pengalaman untuk modal dalam memulai sebuah bisnis tetapi ia tak mau mencoba dengan usahanya, maka dari mana kah ia bisa mendapatkan pengalaman?

Memang untuk tahap perkenalan bagi pemula ini, sebaiknya untuk memilih peluang usaha yang   tidak terlalu rumit dan juga dapat dimulai dengan modal yan kecil.

Pada tahapan ini, sembari kita belajar mengenal dunia usaha, kita juga bisa memanfaatkannya sebagai ladang yang menghasikan keuntungan, walaupun masih dalam skala kecil. Namun peluang untuk menjadikannya berkembang sangatlah terbuka lebar, hal ini berlaku untuk segala macam jenis usaha.

Macam-Macam Bisnis Untuk Pemula

Lalu, apa saja peluang yang cocok untuk dijadikan pilihan oleh seoarang pemula? Sebagai rekomendasi, kami akan memberikan refrensi pada artikel “bisnis untuk pemula” ini bagi Anda yang bingung untuk mencarinya. Berikut daftarnya:

1. Usaha Fotocopy dan Alat Tulis

bisnis untuk pemula

pixabay.com

Bisnis untuk pemula yang pertama adalah membuka usaha Fotocopy dan alat tulis. Usaha Fotocopy merupakan salah satu bisnis yang membutuhkan keahlian dalam memilih peluang. Artinya, usaha Fotocopy bisa berjalan dengan lancar apabila Anda mampu melirik celah yang tepat dalam memulai usaha tersebut.

Usaha Fotocopy akan sangat efektif jika tempat usaha ini dibuka di sekitar daerah sekolahan, perkantoran, kampus, dan sejenisnya.

Cara menjalankannya cukup mudah serta target konsumennya yang potensial membuat bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan bahkan untuk seorang pemula.

Keterbatasan modal bukanlah sebagai masalah yang serius, pada saat ini harga beli mesin Fotocopy memang relatif cukup mahal, akan tetapi ada alternatif lain untuk memilikinya yaitu dengan menyewanya.

Keuntungan yang didapatkan adalah selain modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, pemeliharaan mesin bukanlah menjadi tanggung jawab kita.

2. Jual Beli Hp Bekas

bisnis untuk pemula

pexels.com

Pengguna handphone semakin hari jumlahnya semakin meningkat, oleh karena itu bisnis untuk pemula jenis ini semakin hari kian menguntungkan. Perkembangan teknologi yang terus up to date­ setiap saat membuat banyak orang ingin selalu mengganti hp ke model terbaru.

Bisnis model ini tidak akan pernah sepi pembeli, bahkan usaha jual beli hp ini dinilai banyak memberikan keuntungan dari pada menjual produk baru.

Hal ini disebabkan oleh harga pada hp bekas cenderung tidak mempunyai patokan yang jelas. Tergantung dari kondisi visual dan performanya, hp dengan tipe yang sama pun harga bekasnya bisa jauh menurun drastis.

Anda akan memperoleh laba dari hasil selisih harga tersebut. Berbeda dengan handphone baru, harga dari tiap-tiap distributor tidak akan bebeda jauh karena barangnya masih baru sehingga para pedagang tidak bisa semena-mena dalam penentuan harga.

Jadi, bisnis jual beli hp cukup beralasan bukan untik dijadikan sebagai pilihan. Apakah sulit untuk dijalankan? Tidak juga, kita cukup mempersiapkan tempat strategis dan sejumlah modal kecil.

3. Usaha Cat Tembok Kiloan

bisnis untuk pemula

pexels.com

Ada yang sudah pernah tau atau mendengar usaha jenis ini?

Ternyata jualan cat tembok kiloan ini cukup potensial untuk dijalankan di daerah. Pasalnya masyarakat kalangan menengah kebawah yang hanya mempunyai dana pas-pasan untuk merenovasi rumah akan melirik pada produk ini.

Cat kiloan ini sebetulnya sama dengan jenis cat pada umumnya, hanya saja dibuat secara industri rumahan dan dipasarkan perkilo untuk menekan daya jual.

Bagaimana dengan kualitas cat kiloan? Semuanya sebenarnya tergantung pada produsen pembuatnya, tak jarang cat kiloan kualitasnya mampu menyaingi cat bermerk di pasaran.

Untuk memulai usaha ini, apabila Anda tak bisa meracik dengan sendiri cat temboknya, maka Anda bisa menjadi agen untuk wilayah jual daerah Anda sendiri. Sembari berjalan kita bisa untuk mempelajarinya, sehingga kedepan Anda berpotensi dapat memproduksinya secara mandiri.

4. Jasa Salon Hewan Panggilan

bisnis untuk pemula

pixabay.com

Bisnis untuk pemula selanjutnya adalah jasa salon hewan panggilan. Usaha jenis ini sangat ideal bagi Anda yang tidak mempunyai tempat untuk usaha dan tak punya modal besar dalam memulainya. Pasalnya bisnis ini tidak membutuhkan tempat untuk menjalankannya. Anda hanya bekerja atas panggilan orang yang membutuhkan saja.

Tak ada kriteria khusus untuk menjadi seorang yang bisa menyalon hewan. Hanya saja, setidaknya Anda harus pecinta binatang. Untuk masalah skill Anda bisa memepelajari melalui media internet.

Setelah semuanya dirasa telah siap, barulah Anda bisa memulai dengan cara menyebar brosur ke daerah komplek atau perumahan. Jika ingin lebih maksimal, cobalah untuk beriklan di internet untuk daerah kawasan Anda.

Selanjutnya Anda hanya tinggal menunggu konsumen yang berminat dengan jasa yang Anda tawarkan.

5. Usaha Rental PS (Play Station)

bisnis untuk pemula

pexels.com

PlayStation merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih jika Anda membukanya di daerah yang ramai oleh anak-anak. Pada zaman sekarang permainan tradisional telah hilang peminat dan kebanyakan orang telah berganti ke permainan yang berbau dengan teknologi.

Akan tetapi Anda juga perlu waspada, jangan sampai Anda membiarkan dengan begitu saja anak-anak yang bermain pada jam sekolah mereka.

Cukup menggiurkan jika melihat usaha rental PS ini sudah mampu berjalan dan telah menghasilkan. Bagaimana tidak, pemilik usaha cukup membuka tempat usahanya, lalu pelanggan pun berdatangan dengan secara otomatis.

Bahkan menjalankan usaha ini tidak ada yang harus ditangani lagi setelah menyediakan tempat dan juga perangkatnya, Anda hanya perlu menunggu dengan sambil bersantai dan Rupiah pun akan terus mengalir dan berdatangan ke kantong Anda.

Anda berminat untuk mengeksekusinya? Maka dari sekarang mulailah untuk mengumpulkan modal dan juga tempat di daerah yang padat oleh perumahan dan didominasi olah anak-anak atau remaja.

6. Membuka Warnet dan Game Online

bisnis untuk pemula

pexels.com

Hampir mirip dengan jenis usaha sebelumnya, serupa tapi tak sama. Warnet dan game online ini relatif sangat mudah dijalankan.

Bisnis untuk pemula pada jenis ini merupakan usaha yang sangat cocok untuk dijalankan. Berbeda dengan usaha rental PS, usaha ini memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Tidak hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa pun memerlukan hadirnya warung internet ini.

Tempat lokasi usaha masih menentukan berkembang atau tidaknya bisnis ini. Beberapa tempat usaha warnet dan game online ini sangat menguntungkan, dan dibeberapa tempat yang lain bisnis ini sangat sepi oleh pengunjung.

Tempat yang ideal adalah di daerah yang sekitarnya terdapat sekolahan atau kampus, target konsumennya adalah pelajar atau mahasiswa yang berada di daerah tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Usaha[/su_quote]

7. Bisnis Online Dropshiper

bisnis untuk pemula

pixabay.com

Selanjutnya adalah usaha dalam bidang bisnis online, ada peluang bisnis untuk pemula yang potensial untuk dijalankan. Namanya bisnis dropship, apa sebenarnya dropship itu?

Droposip merupakan bisnis menjualkan produk orang lain dengan selisih harga yang manjadi keuntungan kita. Jadi dalam bisnis ini Anda sebagai dropshiper tidak perlu memiliki produk jualan, pada umumnya hanya bermodalkan foto dari produknya saja. Kemudian, karena jenisnya adalah bisnis online pengiriman barang melalui jasa kurir yang dilakukan oleh pemilik produk.

Yang mana pengiriman tersebut akan dilakukan dengan menggunkan (mengatas namakan) nama Anda.

Anda bisa join lalu menjadi dropshiper & salah satu daftar reseller dengan gabung bersama serbu.id, silahkan dicek sendiri ya.

8. Usaha Parfum Refil Isi Ulang

bisnis untuk pemula

pixabay.com

Usaha parfum refiil isi ulang pada saat ini masih menjadi primadona pilihan masyarakat dan cocok dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi Anda yang masih tergolong pemula.

Konsumennya banyak bertebaran disegala penjuru, karena siapapun tentunya ingin memiliki wangi yang harum pada tubuhnya. Harga parfum bermerk kebanyakan sangat maha-mahal, oleh karena itu parfum refiil ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk mereka yang memiliki budget terbatas.

Untuk menjalankannya sendiri tidak terlalu susah, hanya mungkin pada usaha ini akan memerlukan lokasi tempat yang strategis, paling minimal berada di pinggir jalan yang banyak dilalui orang. Bahkan itupun Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang yang terlalu besar untuk dapat memulainya. Anda bisa lakukan cukup dengan space yang tidak terlalu luas.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: