investasi modal kecil

Investasi Modal Kecil | Investasi dengan Laba yang Besar

Investasi modal kecil – Bagi sebagian besar orang, keinginan untuk berinvestasi dapat menjadi hal yang menakutkan atau bisa pula membingungkan, khususnya bagi orang yang belum pernah melakukan investasi. Salah satu awal yang baik ialah dengan investasi modal kecil.

Apabila Anda ingin langsung berinvestasi dengan modal yang cukup besar, hal itu merupakan risiko yang sangat tinggi. Tak heran jika terjadi kegagalan dalam investasi tersebut, maka ketakutan pun akan semakin bertambah.

Tak bisa dipungkiri bahwa investasi merupakan sesuatu yang menggiurkan. Tidak sedikit orang yang memperoleh pundi-pundi Rupiah dikarenakan keuntungan dari investasi yang dilakukan.

Jenis Investasi Modal Kecil dengan Laba Besar

Apabila kita perhatikan, pada saat ini ada banyak investasi modal kecil namun sangat menguntungkan dan berpotensi mendapatkan laba yang besar. Lalu apa saja macam-macam investasi modal kecil dengan keuntungan yang melejit? Berikut macamnya:

Jangan lupa baca : Peluang Usaha Rumahan

1. Investasi Barang Koleksi

investasi modal kecil

pixabay.com

Ya. Investasi barang koleksi merupakan salah satu dari jenis investasi modal kecil yang berpeluang mendatangkan berbagai macam keuntungan.

Terkadang banyak orang yang menganggap bahwa barang koleksi bukanlah sebuah produk investasi, ataupun menganggap bahwa investasi barang koleksi itu ketinggalan zaman, kuno, ngga kekinian.

Persepsi seperti itu sangat wajar terjadi. Bahkan sebagian besar orang menganggap bahwa barang koleksi hanya bertujuan untuk sekedar koleksi saja (tidak ada nilai invesnya). Padahal barang-barang koleksi seperti uang koin, lukisan, mobil antik, dan bermacam koleksi lainnya dapat menjadi salah satu opsi yang menarik untuk berinvestasi modal kecil.

Untuk memulai investasi jenis ini Anda tidak memerlukan modal yang besar. Anda hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan untuk mencari barang yang berpotensi meningkat nilai dan harga jualnya dimasa depan.

Mungkin harga jual yang ada saat ini tidak seberapa. Akan tetapi dimasa depan akan terjadi peningkatan nilai dan harga sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari nilai dan harga jual yang ada saat ini.

2. Investasi Reksadana

investasi modal kecil

pexels.com

Investasi modal kecil berikutnya adalah dengan menempatkan dana dan modal yang kita miliki di instrumen investasi reksadana.

Secara garis besar, reksadana bisa diartikan sebagai kumpulan dana dari beberapa investor yang kemudian oleh seorang manajer investasi dikelola pada beberapa instrumen investasi seperti pasar uang, obligasi, saham dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu kelebihan dari investasi di reksadana ialah bisa dimulai dari modal yang kecil. Dengan hanya bermodalkan uang sebesar 100 ribu Rupiah saja Anda sudah bisa untuk membuka akun reksadana ini.

Keuntungan yang lain adalah Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana modal yang telah diinvestasikan agar memperoleh laba. Semuanya telah dilakukan oleh manajer investasi yang sudah handal dan profesional.

Dengan berinvestasi di reksadana, pada dasarnya risiko pada investasi Anda akan disebar ke berbagai instrumen atau produk, sehingga dapat menurunkan risiko jauh lebih rendah.

Jangan lupa baca : Bisnis Untuk Pemula

3. Investasi di Obligasi

investasi modal kecil

3.bp.blogspot.com

Pilihan investasi modal kecil yang lainnya ialah dengan menaruh dana investasi kita di obligasi. Secara umum, obligasi bisa disebut sebagai surat utang pemerintah atau perusahaan kepada seorang investor.

Obligasi ini terbagi menjadi dua jenis yaitu: obligasi perusahaan dan obligasi pemerintah.

Apabila pemerintah sedang membutuhkan suntikan dana untuk membangun infrastruktur, maka mereka akan mengeluarkan Obligasi Ritel Indonesia yang dapat dibeli secara publik.

Selama waktu investasi hingga kurun waktu yang telah ditentukan pada obligasi tersebut, Anda akan menerima provit hasil dari kepemilikan obligasi. Jenis investasi ini termasuk ke dalam kategori investasi yang aman dan terjamin. Obligasi merupakan investasi jangka panjang.

4. Investasi Saham

investasi modal kecil

pixabay.com

Sebagian besar orang mungkin tidak sepakat dengan pernyataan bahwa investasi saham termasuk kedalam investasi modal kecil. Kebanyakan orang pasti akan menganggap bahwa saham merupakan mainan para investor kelas kakap.

Memang tak bisa dibantah, bahwa kebanyakan orang yang terjun dalam dunia investasi saham ialah orang-orang yang memiliki modal yang sangat besar.

Akan tetapi untuk saat ini, saham merupakan jenis investasi modal kecil. Anda hanya cukup menyediakan modal sekitar 1 sampai dengan 5 juta Rupiah pada beberapa broker saham, maka Anda sudah layak untuk berinvestasi di pasar saham.

Di era digital yang semakin canggih ini, broker saham tidak hanya tersedia secara offline saja. Namun, pada saat ini para broker saham online sudah mulai ramai dijumpai. Dimanapun Anda berada akan mudah untuk mengaksesnya selama masih terhubung dengan jaringan internet. Ini merupakan sebuah media yang memberi kemudahan dan kenyamanan.

5. Investasi Emas

investasi modal kecil

pixabay.com

Nah, pembahasan selanjutnya adalah terkait investasi emas. Emas termasuk salah satu ladang investasi dengan modal kecil yang menjanjikan.

Investasi emas merupakan investasi dengan modal awal yang relatif kecil tetapi memiliki potensi keuntungan yang besar. Kenapa bisa dikatakan demikian? Nilai dan harga jual emas selalu naik dan tahan terhadap laju inflasi.

Investasi ini banyak dipilih oleh para investor karena dinilai memiliki kestabilan ditengah-tengah fluktuasi pasar keuangan.

Emas adalah aset investasi yang sangat mudah sekali dicairkan melalui proses yang mudah dan cepat dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Investasi modal kecil dengan menggunakan emas saat ini juga semakin mudah karena sudah terdapat banyak lembaga yang memberikan layanan investasi emas, salah satunya adalah penggadian.

Jangan lupa baca : Cara memulai Usaha

6. Investasi Properti Secara Patungan

investasi modal kecil

pixabay.com

Invesatasi secara patungan bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang mau mencoba keberuntungan dari bisnis propoerti tetapi belum punya cukup modal. Proses yang dilakukan pun relatif cukup mudah, karena semua tahapannya bisa dilakukan secara online.

Sebagai seorang investor, Anda tidak perlu repot untuk mengurus proses perizinan hingga manajemen properti, karena semuanya telah diurus oleh perusahaan penyedia layanan crowdfunding.

Secara sederhana, investasi jenis crowdfunding dilakukan dengan cara patungan bersama sesama para investor secara digital atau melalui website yang telah tersedia.

Dengan cara demikian, Anda tidak perlu membeli dengan harga penuh. Modal yang Anda keluarkan juga hanya 1 persen dari harga properti. Contohnya, jika uang yang Anda miliki sejumlah Rp 15 juta, Anda bisa mengarah pada properti yang berada dalam kisaran harga Rp 1,5 miliar.

Akan tetapi tak lantas Anda memiliki properti tersebut secara keseluruhan, melainkan hanya memiliki presentase dari kepemilkannya. Lalu untung yang diperoleh darimana? Biasanya properti yang telah dimiliki oleh sejumlah investor akan disewakan kepada orang lain.

Keuntungan dari sewa ini akan diberikan kepada para investor menggunakan sistem bagi hasil yang telah disepakati sebelumnya.

7. Investasi Bitcoin

investasi modal kecil

pixabay.com

Jenis investasi modal kecil yang bisa Anda coba selanjutnya ialah Bitcoin. Bitcoin ini tidak sama dengan Forex yang bermain dengan saham. Nilai bitcoin yang terus naik menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri.

Modal untuk pembelian Bitcoin ini tergolong tidak terlalu mahal, dengan modal 100 ribu Rupiah saja Anda sudah bisa menjadi seorang investor di Bitcoin.

Anda disini merupakan sebagai seorang trader atau dengan nama lain seorang investor Bitcoin, bukan sebagai kolektor Bitcoin. Ketika dirasa sudah menguntungkan, Anda bisa menjual Bitcoin yang Anda miliki. Agar meraih keuntungan yang maksimal Anda harus tahu kapan harga Bitcoin naik dan kapan pula harganya menurun.

Leave a Reply

%d bloggers like this: