doa qunut

 √ Bacaan Doa Qunut Shubuh, Nazilah, dan Witir | TERLENGKAP

Doa Qunut – Hukum membaca doa qunut  adalah sunah muakkad, artinya adalah apabila Anda tidak melaksanakan atau membaca doa qunnut saat sholat subuh maka tidak membatalkan sholat Anda. Dengan demikian doa qunnut boleh dibaca dan jika tidak dibaca tidak apa – apa.

Mengapa hukum membaca doa qunnut sunah? Hal ini dikarenakan semasa hidupnya Nabi Muhammad selalu membaca doa qunnut saat melaksanakan sholat subuh. Selain itu, Nabi Muhammad juga menganjurkan agar kita memanjatkan doa saat melaksanakan qunut witir.

Pada kesempatan kali ini, mimin akan mengupas tuntas pembahasan doa qunut serta hal-hal yang berhubungan dengan nya.

Tata Cara Melaksanakan Doa Qunut

doa qunut

Doa qunut dibaca saat sholat subuh.  Cara pelaksanaannya adalah setelah i’tidal rakaat yang kedua. Pertama, kedua tangan  diangkat lalu bacalah doa qunnut. Anda juga dianjurkan untuk mengakhiri membaca qunut dengan shalawat. Setelah itu, Anda melakukan ruku’ dan selanjutnya meneruskan bacaan dan gerakan pada sholat subuh.

Saat membaca doa qunut pada sholat subuh atau pada sholat di waktu lainnya Anda diperbolehkan untuk mengangkat tangan namun tidak diperbolehkan untuk mengusap tangan ke wajah. Hal ini karena tidak ada tuntunan yang dicontohkan untuk mengusapkan tangan ke wajah.

Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa qunut saat mengalami musibah atau adanya bencana dan permasalahan sehingga hukum membaca doa qunnut dalam sholat adalah sunnah.  Namun, tidak dianjurkan untuk dikerjakan terus di dalam sholat. Dengan demikian cara pelaksanaan yang baik adalah yang sesuai dengan yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Cara mengucapkan doa qunut saat sholat adalah jika Anda sholat sendirian maka dianjurkan untuk membacanya dengan nada yang pelan.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai referensi dalam melaksanakan membaca doa qunut di dalam sholat, yaitu sebagai berikut:

  1.  Anda diperbolehkan untuk membaca doa qunut pada sholat witir.
  2. Melaksanakan membaca qunut pada saat sholat subuh dan sholat witir dianjurkan dan telah dicontohkan oleh Rasulullah.
  3. Dalam membaca doa qunnut alangkah baiknya jika imam membacanya dengan suara yang keras. Hukumnya adalah sunnah. Pada saat imam berdoa maka para jamaahnmya mengucapkan kata amin.
  4. Tidak ada riwayat yang menyebutkan perintah untuk mengharuskan atau mewajibkan membaca doa qunut saat sholat.  Dengan demikian apabila Anda tidak mengerjakannya maka Anda tidak berdosa dan tidak pula membatalkan sholat Anda.
  5. Saat berdoa Anda diperbolehkan untuk mengangkat kedua tangan. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk mengusap wajah setelah selesai berdoa membaca doa qunnut.
  6. Diperbolehkan untuk mengucapkan shalawat pada saat Anda mengucapkan doa qunut.

Mengupas Arti Doa Qunut

doa qunut

youtube.com

Artinya adalah sebagai berikut:

“Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk. Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah kasih kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara. Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau sudah karuniakan. Dan lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Berdasarkan arti dari doa qunnut di atas maka kita dapat mengetahui berbagai makna tersirat yang terkandung di dalam doa qunnut. Antara lain adalah sebagai berikut:

1.  Pertama, di dalam doa qunut berisi permohonan seorang hamba agar Allah memberinya petunjuk. Lalu apa saja bentuk dari petunjuk yang Allah berikan? Petunjuk dari Allah dapat berupa ilmu atau amal shaleh.

Makna dari ilmu sangatlah luas, ilmu dapat dijadikan sebagai sumber referensi yang akan membimbing Anda agar mampu membedakan antara yang benar dan salah serta dapat mengamalkannya untuk menegakkan kebenaran.

2. Kedua, di dalam doa qunut tersebut juga berisi permohonan seorang hamba kepada Allah agar diberi keselamatan.  Dalam hal ini keselamatan yang dimaksud adalah keselamatan dari berbagai penyakit di badan atau pun penyakit hati.

Adapun macam – macam penyakit hati terbagi atas dua hal, yaitu syahwat dan suyubhat. Perbedaan diantara keduanya adalah syahwat merupakan keinginan yang tidak sesuai dengan kebenaran dan timbul akibat adanya dorongan nafsu. Sedangkan syubhat adalah sebuah pemikiran yang sesat yang menjauhkan manusia dari jalan kebenaran.

3. Ketiga, di dalam doa qunnut juga mengandung permohonan seorang hamba agar diberi wali. Dalam hal ini maksud dari kata wali adalah seorang kekasih yang dapat dijadikan sebagai penolong dan pelindung agar senantiasa dapat menyelamatkan dan membimbing manusia menuju ke jalan yang benar.

4. Keempat, di dalam doa qunut juga berisi permohonan seorang hamba kepada Allah agar diberikan kehidupan yang berkah. Makna kata berkah adalah sebuah kebaikan yang banyak dan diberikan secara terus menerus.

Makna dan Keutamaan Doa Qunut

doa qunut

umrohhajiwisata.com

Doa qunut memiliki banyak makna, yaitu sebagai berikut:

[su_box title=”Makna Doa Qunut” style=”soft” radius=”1″]

1. Ibadah Sholat Seperti tercantum pada surat Ali Imran ayat 43 yang mana pada surat tersebut menceritakan bahwa Maryam diminta untuk melaksanakan qunut. Selanjutnya melakukan gerakan bersujud lalu rukuk.

2. Taat dan Tunduk Makna dari doa qunut yang kedua adalah taat dan tunduk. Hal senada seperti yang tercantum di dalam surat Al Baqarah ayat 116.

3. Tenang dan Diam Hal ini seperti tercantum pada surat Al-Baqarah ayat 238 yang menjelaskan tentang makna qunut, yaitu tenang dan diam.

4. Berdiri cukup lama saat sholat Maksud kata berdiri dalam hal ini adalah Anda dianjurkan untuk berdiri lama dalam sholat dengan memperpanjang bacaan yang Anda baca saat sholat.[/su_box]

Berikut ini merupakan beberapa keutamaan membaca doa  qunut:

[su_box title=”Keutamaan Membaca Doa Qunut” style=”soft” radius=”1″]

  1. Memberi Petunjuk Seseorang yang membaca doa qunut bertujuan untuk meminta petunjuk kepada Allah. Anda dianjurkan untuk membaca doa qunnut tersebut setiap hari dan rutin. Dengan harapan mendapatkan petunjuk dari Allah. Allah memberikan petunjuk dalam bentuk yang bermacam – macam. Petunjuk tersebut dapat berupa sebuah ilmu yang memiliki banyak manfaat. Selain itu, juga dapat berupa amal sholeh dan lain – lain.
  2. Memperoleh Perlindungan Di dalam doa qunut terdapat sepenggal kalimat yang isinya adalah permintaan untuk memohon perlindungan kepada Allah. Tentunya Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya yang meminta kepada-Nya. Bentuk perlindungan yang diberikan oleh Allah terhadap umatnya berupa keselamatan baik di dunia maupun keselamatan di akhirat.  Dengan membaca doa qunut tersebut mengandung harapan bahwa Allah akan melindungi umatnya yang berdoa agar selalu berada di jalan-Nya meskipun sedang mendapatkan cobaan dari Allah SWT.
  3. Mencegah Terkena Penyakit Penyakit dapat dikategorikan sebagai penyakit jasmani atau penyakit yang dirasakan di tubuh dan juga penyakit – penyakit hati. Dengan memperbanyak membaca doa qunut maka dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit hati dan juga dapat menyehatkan badan sehingga tidak mudah sakit.
  4. Memberi Keberkahan Hidup Di dalam doa qunut juga terdapat kalimat yang berisi permintaan kepada Allah SWT agar hidupnya diberikan keberkahan. Setiap kenikmatan yang diberikan oleh Allah baik besar maupun  sedikit yang penting adalah mendapatkan keberkahan.
  5. Permohonan dengan tujuan agar Allah Menjadi Wali kita dalam segala hal Maksud dari kalimat tersebut adalah berisi harapan agar Allah selalu menunjukkan jalan kebenaran kepada kita. Selain itu, Anda juga berharap agar Allah selalu memperhatikan kita.
  6. Mengakui Ketetapan Allah Dalam hal ini semau ketetapan yang telah Allah putuskan tidak dapat dibatalkan. Kita senantiasa harus mengakui hanya Allahlah yang dapat menentukan ketetapan terbaik yang ada pada hidup kita. Dengan demikian  Anda tidak boleh meragukan ketetapan-Nya, menyesali dan bertanya tentang ketetapan yang telah Allah putuskan kepada kita. Hal ini dikarenakan hanya Allahlah yang mengetahui keputusan yang terbaik untuk kita.
  7. Pujian untuk Allah Kita sebagai hambanya wajib memuji Allah dan menjadikan Allah sebagai walinya. Hal senada seperti tercantum di dalam Al-Qur’an surat Yunus ayat 62 – 63 yang artinya adalah sebagai berikut: “Ingatlah, wali – wali Allah itu, tidak ada rasa takut  terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang – orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.“
  8. Mengakui bahwa Musuh Allah Tidak Dimuliakan Di dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 98 dapat kita jadikan sebagaisumber referensi, yang artinya adalah: “Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat – malaikat-Nya, rasul – rasul-Nya, Jibril dan Mikail maka sesungguhnya  Allah musuh bagi orang – orang kafir. Berdasarkan ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa yang dimaksud dengan musuh Allah adalah orang – orang kafir,  dan mereka tidak akan pernah dimuliakan oleh Allah.
  9. Memuji Allah dalam segala hal, termasuk salah satunya adalah memuji karena Allah Maha Mulia serta Maha Tinggi.
  10. Berserah diri dan pasrah kepada Allah[/su_box]

Dalam hal ini kita harus yakin dan percaya bahwa hanya kepada Allahlah kita bersandar, bergantung dan menyerahkan segala urusan.

Macam – macam Qunut

doa qunut

suaramuslim.net

Di dalam fiqih islam dikenal tiga macam qunut, yaitu qunut nazilah, qunut witir dan qunut subuh. Qunut nazilah adalah qunut yang dilaksanakan pada waktu – waktu  tertentu seperti halnya saat terjadi musibah ataupun bencana.

Dalam sebuah hadist riwayat Abu Dawud, Ahmad, Al-Hakim dan Al-Baihaqi menyebutkan bahwa  dari Ibnu Abbas, ia berkata yang artinya adalah sebagai berikut:

“Rasulullah saw pernah qunut selama sebulan secara terus menerus pada sholat zhuhur, ‘asyar, maghrib, isya dan subuh si akhir setiap sholat, (yaitu) apabila ia mengucap sami’allahu liman hamidah di rakaat  yang akhir, beliau mendoakan kebinasaan atas kabilah Ri’lin, Dzakwan dan ‘Ushayyah yang ada pada perkampungan Bani Sulaim, dan orang – orang di belakang beliau mengucapkan amin.”

Qunut nazilah dan qunut witir berbeda, perbedaan tersebut terletak pada kalau qunut witir maka doa qunut dibaca saat melaksanakan shalat witir. Lain halnya dengan qunut nazilah yang diapnjatkan hanya pada waktu – waktu tertentu seperti saat adanya musibah, bencana, permasalahan yang menimpa orang – orang islam dan lain – lain.

1. Doa Qunut Nazilah

Rasullulah pernah membaca qunut nazilah saat beliau kehilangan sahabatnya selama satu bulan.  Selain itu, doa qunut ini juga dapat dilaksanakan saat kondisi umat islam dalam menghadapi berbagai hal seperti keamanan, pertanian, bencana alam dan lain – lain.  Saat itu Rasulullah mengerjakannya untuk mendoakan kaumnya.

Selain itu, Rasulullah juga pernah membaca doa qunut dengan tujuan mendoakan kaum yang tertindas akibat ditahan oleh orang – orang yang saat itu mencegah mereka untuk berhijrah.

Rasulullah juga tidak pernah melaksanakan membaca doa qunut pada semua sholat wajib.  Setelah peninggalan Rasulullah maka para khulafa’ur rasyidin pun hanya melaksanakan membaca doa qunnut sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah.

Saat itu, Rasulullah hanya membaca doa qunnut saat sholat wajib ketika kaum muslim mengalami penderitaan. Terbukti setelah penderitaan selesai maka Rasulullah tidak mengamalkan membaca doa qunut di dalam sholat wajib.

Tata caranya adalah doa qunut dibaca dengan suara yang pelan, namun beberapa pendapat mengungkapkan bahwa doa qunnut dibaca keras seperti saat membaca doa qunnut di waktu sholat subuh. Namun, ada cerita yang menjelaskan bahwa Nabi mengeraskan suara saat doa qunnut dalam qunut nazilah.

Bacaan doa pada qunut nazilah disesuaikan berdasarkan tujuan Anda berdoa. Rasulullah pernah melaksanakan qunut nazilah di semua waktu sholat, pada setelah rukuk di rakaat terakhir sholat Anda.

2. Qunut Witir dan Qunut Subuh

Qunut yang dilaksanakan pada sholat witir disebut dengan qunut witir. Adapun makna qunut yang berdasarkan bahasa adalah berdiri tegak. Selain itu, qunut juga berarti doa.  Sedangkan secara istilah makna qunut adalah kalimat yang mengandung doa. Doa tersebut dilafalkan di saat rokaat terakhir, tepatnya setelah i’tidal.

Beberapa ulama menyebutkan bahwa qunut witir dibaca hanya saat bulan ramadhan, tepatnya setelah pertengahan bulan hingga akhir ramadhan.

Pernyataan Imam Syafi’i mengungkapkan bahwa di dalam sholat tidak dijumpai adanya doa qunut kecuali pada saat sholat subuh dan apabila terjadi musibah tertentu seperti adanya bencana alam dan lain – lain.

Rasul senantiasa selalu melaksanakan membaca doa qunnut saat menjalankan sholat subuh pada rakaat kedua.  Beliau belum pernah melewatkan membaca doa qunnut pada waktu sholat subuh. Hal itulah yang membuat sahabat – sahabat nabi seperti Abu Bakar, Ali, Umar dan lainnya untuk membaca doa qunut pada waktu subuh meskipun Rasul telah wafat.

Berikut ini adalah beberapa pendapat mengenai pelaksanaan qunut subuh. Contohnya adalah Mazhab Syafi’i. Menurut Mazhab Syafi’i mengungkapkan bahwa qunut dilaksanakan setelah I’tidal pada rakaat kedua di dalam sholat subuh. Adapun status dari hadist ini adalah shahih. Hal ini dikarenakan ada tuntunannya yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Lalu, bagaimana hukumnya jika Anda lupa membaca doa qunnut saat sholat subuh? Hukum membaca qunut adalah sunnah, yang mana apabila Anda telah membisakan diri membacanya maka apabila Anda lupa membaca dapat diganti dengan menjalankan sujud sahwi.

Cara sujud syahwi adalah sebagai berikut: dilakukan setelah selesai membaca tahuyat akhir, tepatnya adalah sebelum Anda mengucapkan salam. Caranya dengan bersujud dua kali dan membaca tasbih.

Namun, apabila Anda lupa membaca doa qunnut maka sholat Anda tidak batal karena hukumnya sunnah dan bukan wajib.

Membaca doa qunut hukumnya sunnah. Ada pun jenisnya ada tiga, yaitu qunut subuh, qunut witir dan qunut nazilah.  Anda dianjurkan untuk melaksanakan membaca qunut sesuai dengan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Contohnya adalah pada saat rokaat kedua setelah i’tidal sholat subuh. Selain itu pada saat sholat witir dan pada saat terjadi musibah dan bencana.

Hasil pencarian :

Doa qunut pendek, doa qunut imam, doa qunut nazilah, doa qunut bahasa Indonesia, doa qunut mp3, doa qunut witir, doa qunut panjang, doa qunut latin Indonesia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: