nama latin kucing

Nama Latin Kucing | Habitat, Klasifikasi, dan Karakteristik

Nama latin kucing – Nama latin kucing ialah Felis silvestra catus seringkali diasosiasikan dengan kucing rumahan.

Kucing pada jenis ini memang sangat banyak ditemukan dan dipelihara di daratan Eropa. Nah, ternyata bukan hanya kucing ras ini saja yang biasa dipelihara oleh masyarakat. Kucing-kucing piaraan manusia biasanya berasal dari jenis kucing kecil yang ternyata memiliki keragaman dari banyak spesies.

Kucing jenis ini juga ada yang berasal dari Negara Indonesia, India, Amerika, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali nama latin kucing kecil ini. Tahukah kamu, nama-nama latin kucing memang sangat banyak dan beragam?

Terdapat banyak pertanyaan terkait nama latin kucing ini. Biasanya sebagian besar orang langsung mengambil gadget mereka dan langsung tanya ke Mbah Google agar mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Dalam hitungan detik, kamu pasti akan langsung menemukannya dan langsung berkata “Nama lain kucing adalah Felis silvestra catus”.

Jawaban yang kamu berikan tidaklah salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.

Aturan Pemberian Nama Latin Kucing

Didalam dunia ilmu pengetahuan, untuk pemberian nama latin kucing sangat diperlukan untuk menyeragamkan identifikasi makhluk hidup diseluruh dunia.

Dengan menggunaan penamaan latin, setiap peneliti mempunyai persepsi yang sama untuk suatu objek supaya tidak terjadi kesalah pahaman. Kesalah pahaman inilah yang kerap terjadi jika kita memakai bahasa daerah saja untuk menyebut suatu objek yang kita tuju.

Contohnya di Indonesia, kata ‘gedang’ menyimpan arti yang mengarah pada buah pepaya. Tetapi di Jawa arti ‘gedang’ ialah istilah untuk buah pisang. Dengan menggunakan nama latin, mispersepsi yang seperti ini diharapkan tidak akan terjadi lagi.

Nama latin biasanya terdiri dari 2 suku kata yang berasal dari bahasa lain serta dituliskan dengan huruf miring (italic). Untuk kata pertama menunjukan pada genus, sedangkan pada kata kedua menuju pada species.

Penulisan genus diawali dengan huruf balok, sedangkan pada species menggunakan huruf kecil secara keseluruhan.

Genus serta species merupakan bagian dari kunci taksonomi yang merupakan metode ilmuwan melakukan klasifikasi bermacam makhluk hidup. Nah, berikut yaitu kunci-kunci taksonomi untuk hewan dan tumbuhan pada tingkat tinggi.

Hewan : Kingdom, Phyllum, Class, Ordo, Family, Genus, Species.

Tumbuhan : Kingdom, Devisio, Class, Ordo, Family, Genus, Species.

Nama Latin Kucing Diseluruh Dunia

Felis silvestris

nama latin kucing

pentaxuser.com

Kucing liar (Felis silvestris) merupakan jenis kucing pemangsa berukuran kecil yang berasal dari daerah Eropa, Asia bagian barat, dan Afrika.

Binatang ini merupakan pemburu mamalia berukuran kecil seperti tikus, burung, dan makhluk lain yang memiliki ukuran serupa. Kucing liar ialah salah satu pemanjat yang baik. Jenis kucing ini sering menerkam mangsanya di tanah.

Kucing betina pada umumnya akan melahirkan anak antara 2 sampai 3 ekor yang kemudian dirawat oleh sang induk sampai berumur sekitar 5 bulan. Spesies ini mempunyai subspesies yang dibagi berdasarkan daerah yang berbeda-beda. Terkadang jenis kucing ini dianggap sebagai kucing rumah (Felis silvestris catus).

Felis bengalensis

Felis bengalensis

johncaddick.co.uk

Kucing kuwuk (Felis bengalensis) ialah kucing liar kecil yang bersal dari Asia Selatan dan Timur. Sejak mulai tahun 2002, ia terdaftar dalam kategori spesies Risiko Rendah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources).

Sebab ia terdistribusi secara luas, tetapi terancam dengan hilangnya habitat dan perburuan di beberapa bagian daerah persebaran. Subspesies kucing kuwuk ada 12 jenis, yang berbeda secara luas dalam tampilan.

Dalam bahasa Inggris kucing kuwuk bernama leopard cat, merupakan jenis kucing dengan bintik-bintik seperti macan tutul yang ada pada subspesies kucing kuwuk, padahal sebenarnya hubungan spesies dengan macan tutul tak ada sama sekali.

Kucing kuwuk memiliki ukuran tubuh sama seperti jenis kucing domestik. Akan tetapi ia cenderung lebih ramping dengan kaki panjang dan selaput yang jelas antara jari dan kaki.

Spesies ini merupakan kucing yang berasal dari Asia yang memiliki persebaran paling luas. penyebaran mereka meluas dari wilayah Rusia sampai dengan Indonesia. Mereka ditemukan dikawasan algikultural yang lebih memilih untuk tinggal di hutan.

Artikel Terkait: Cara Memandikan Kucing

Felis viverrina

nama latin kucing

pinterst.com

Kucing bakau (Felis viverrina) merupakan jenis kucing liar berukuran sedang yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Pada tahun 2008, IUCN mengklasifikasikan kucing ini kedalam hewan yang  terancam punah karena mereka cenderung bertempat tinggal di habitat lahan basah, yang semakin sering dijadikan permukiman oleh manusia. Selama satu dekade terakhir, populasi kucing bakau ini dikebanyakan habitatnya di Asia menurun drastis.

Seperti jenis kerabat terdekatnya yaitu kucing kuwuk, kucing bakau hidup disepanjang tepian sungai dan rawa-rawa bakau. Kucing bakau ini beradaptasi dengan habitatnya dan merupakan perenang yang sangat terampil.

Artikel Terkait: Nama Untuk Kucing

Felis margarita

nama lain kucing

wikipedia.org

Kucing pasir atau dalam nama latin kucing (Felis margarita) juga dikenal sebagai kucing gundukan pasir, merupakan sejenis kucing yang masih tergolong famili Felidae. Kucing ini hanya ditemukan terutama didaerah padang pasir.

Sejak pada tahun 2002 kucing kecil ini telah terdaftar sebagai kategori hewan yang terancam oleh IUCN karena keprihatinannya atas jumlah populasi yang kian rendah dan mengalami penurunan.

Kucing pasir memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil gempal dengan kaki pendek. Ekornya panjang dan besar serta memiliki telinga yang berbentuk runcing. Kucing pada jenis ini panjangnya berkisar 39 sampa 57 cm, kemudian memiliki panjang pada bagian ekor 9,1 sampai 12 cm. Kucing pasir mempunyai berat rata-rata  1,4 sampai dengan 3,4 kilogram. (sumber: Wikipedia)

Felis yagouaroundi 

nama latin kucing

sciencesource.com

Jaguarundi (Felis yagouarundi) merupakan kucing liar berukuran kecil yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Pada tahun 2002, IUCN mengklasifikasikan jaguarundi sebagai Least Concern.

Meskipun mungkin mereka menganggap bahwa unit konservasi tidak ada diluar cadangan. Cekungan Amazon tidak dapat mempertahankan populasi dalam jangka panjang. Jaguarundi mungkin sudah punah di Texas. Keberadaannya di Uruguay pun sekarang tidak pasti.

Jika dilihat dari penampilan fisik, jaguarundi mungkin terlihat sama seperti kucing pada umumnya. Spesies ini memiliki ukuran tubuh dengan panjang sekitar 53 sampai 77 cm, ukuran ekor 31 sampai dengan 60 cm dan memiliki berat yang cukup fantastis. Yaitu 3,5 sampai 9,1 kg.

Jaguarundi merupakan jenis hewan diurnal, yaitu hewan yang aktif pada siang hari dan istirahat ketika malam telah tiba. Kucing pada jenis ini lebih merasa nyaman ketika berada di pohon. Saat akan makan, mereka memilih untuk berburu pada daerah tanah (daratan).

Artikel Terkait: Jenis Jenis Kucing

Felis pardalis 

nama latin kucing

wikipedia.org

Ocelot (Felis pardalis) juga banyak dikenal sebagai macan tutul kurcaci. Ocelot merupakan kucing liar yang tersebar secara luas diseluruh Amerika Selatan (termasuk kepulauan Trinidad dan Margarita), Amerika Tengah, dan Meksiko.

Ocelot ini hampir mirip dengan tampilan kucing domestik. Bulunya menyerupai macan tutul atau Jaguar, dan pernah dianggap sebagai hewan sangat berbahaya.

Akibatnya, ratusan ribu ocelot dulunya pernah dibunuh secara massal. Kucing ini diklasifikasikan sebagai kategori spesies yang terancam punah dari tahun 1972 sampai tahun 1996.

 

Itulah sedikit daftar dan penjelasan terkait nama latin kucing, semoga dapat membantu kamu dalam mencari informasi dan bisa menambah wawasan yang lebih luas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: