bahan suede

√ Bahan Suede: Benarkah Bahan ini Sama dengan Beludru?

Bahan Suede – Bagi para pecinta produk kulit tentunya sudah tak asing lagi dengan jenis bahan yang satu ini. Bahan suede pada umumnya banyak digunakan untuk pembuatan tas, sepatu, dan aksesoris lain.

Semakin kesini, ternyata semakin banyak jenis fashion yang dibuat dari jenis bahan suede. Jenis fashion tersebut diantaranya adalah jaket, rok, dan celana yang dirancang dengan begitu rapi dan tentunya sangat fashioneble.

Dengan tampilan yang lembut, elegan, dan feminin membuat produk yang dihasilkan dari bahan suede sangat menggoda. Namun, tak sedikit yang ragu karena perawatan kain yang dianggap sulit. Padahal, dengan memahami beberapa tips yang tepat membuat perawatan akan terasa mudah.

Apa itu Bahan Suede?

bahan suede

Sebelum membahas lebih lanjut tentang hal-hal yang berkaita dengan bahan ini. Tak salah jika Anda terlebih dahulu mengenal lebih dalam tentang segala hal yang berkaitan secara langsung mauoun tidak langsung.

Sebenarnya bahan pembuatan kulit suede tak berbeda dengan bahan kulit yang lain. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada proses finishing khusus yang membuat teksturnya lembut dan halus. Bahan suede dibuat dari beberapa kulit hewan seperti sapi, kambing, domba, maupun rusa.

Istilah suede diambil dari Bahasa Perancis “Gants de Suede” yang memiliki arti sarung tangan dari Swedia. Jenis ini biasa digunakan untuk pembuatan beberapa fashion, seperti sepatu, dompet, jaket, dompet, dan furniture lain.

Proses pembuatan bahan yang dilakukan suede tidak terlalu kuat seperti halnya bahan lain, gampang kotor, dan sangat mudah menyerap air. Meskipun begitu, kulit suede tergolong cukup awet dan halus. Tak heran jika kemudian bahan ini punya harga yang tinggi.

Melihat kelemahan kain suede, orang akan mempertimbangkan kembali untuk membeli, sehingga membuat oarang mencari jalan keluarnya. Tak lama kemudian lahirlah suede tiruan yang membuat orang-orang ternyata lebih meminatinya.

Alasan orang banyak yang memilih suede imitasi adalah karena memiliki harga yang murah. Selain itu, produk imitasi bersifat animal-friendly yang artinya terbuat dari bahan yang bukan kulit asli.

Produk tiruan dimanapun selalu memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk aslinya, termasuk dalam hal ini. Produk imitasi diproduksi secara masal oleh pabrik. Sedangkan suede asli dibuat oleh tangan pengrajin. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika akan membeli.

Perlu Anda perhatikan bahwa kain suede ini berbeda dengan kain beludru. Meskipun terlihat cukup mirip, namun kedua kain ini adalah jenis yang berbeda sama sekali. Jika suede ini terbuat dari bahan kulit, maka beludru adalah jenis berbahan kain.

Artikel Terkait: Bahan Tile

Cara Merawat Kain Suede Agar Tetap Awet

bahan suede

Dengan melakukan beberapa trik khusus akan membuat pakaian suede Anda bertahan lebih lama. Jangan asal merawat tapi tidak tahu bagaimana cara yang baik dan benar. Simak langsung caranya dibawah ini:

1. Hindari Penggunaan Air

Sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan air dalam mambersihkan suede. Hal ini tentunya akan merusak halusnya tekstur dari kain ini. Dengan menggunakan sikat kering, Anda akan terbantu dalam pembersihan kotoran pada kain yang menempel.

Jangan asal memilih cairan, gunakanlah cairan khusus untuk membatu Anda membersihkan kain suede Anda.

2. Pilih Cairan Khusus

Untuk menjaga kain dari noda-noda kotor yang menempel, kain suede memiliki protektor berupa cairan khusus. Cairan khusus tersebut adalah formula dalam bentuk spray yang mudah dibawa kemanapun.

Sehingga Anda tak perlu khawatir, Anda akan lebih mudah memanfaatkanya dengan mudah. Cairan khusus ini dibuat dengan formula khusus yang menjamin keamanan kain dari kelunturan.

3. Gunakan Penghapus Pensil

Untuk menghapus noda yang terdapat pada permukaan kain, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan penghapus pensil. Tak perlu repot mencuci. Dengan menggunakan penghapus pensil, kain akan lebih aman dan tidak merusak karena bahan penghapus termasuk lembut.

Jadi, untuk menghapus noda sangat direkomendasikan menggunakan memakai penghapus pensil.

4. Bedak Tepung Maizena

Ada alternatif lain untuk membuat perawatan pada kain menjadi lebih efektif yaitu dengan menggunakan tepung maizena. Loh, emang beneran bisa? Bisa, kandungan yang terdapat pada tepung maizena membuat noda hilang dengan cara menaburkan pada permuakaan kain hingga mengering.

Setelah kering, usaplah sisa taburan tepung dengan menggunakan kain bersih. Proses tersebut sebenarnya merupakan hal yang simpel.

5. Gunakan Sikat Gigi

Mungkin dari sebagian Anda bertanya, emang kenapa harus pakai sikat gigi? Begini, sikat gigi dari awal sengaja didesain untuk dipergunakan menyapu noda-noda yang tidak terlalu sulit dibersihkan. Bulu pada sikatnya pun lembut, jadi lebih cocok untuk bahan suede.

Dengan beberapa tips yang telah dibahas di atas, Anda bisa menerapkannya ketika memiliki pakaian dari jenis suede.

Artikel Terkait: Bahan Taslan

Kelebihan dan Kekurangan Kain Suede

bahan suede

Sebelum membeli, lebih baik jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bahan terlebih dahulu. Agar nantinya tidak ada penyesalan atau kerugian yang timbul akibat tidak tahunya informasi secara lengkap. Simak ulasan berikut:

Kelebihan Kain Suede

Nah, disini akan kami bahas dengan lengkap terkait apa saja kelebihan yang dimiliki oleh bahan suede. Apa saja kelebihan dari bahan ini? Yuk, langsung saja kita lihat dibawah ini:

1. Tak Mudah Panas

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kain suede terbuat dari hewan yang memiliki serat. Sehingga dalam proses pembuatan diperlukan tahapan-tahapan tertentu.

Kain ini dapat dengan mudah menyerap cairan dan meredam cahaya yang dipancarkan oleh matahari, sehingga kain terasa lebih adem.

2. Awet

Nah, kelebihan yang terakhir adalah memiliki daya tahan yang baik. Kain ini jika dirawat dengan baik dan benar mampu bertahan sampai dengan lima tahun bahkan bisa lebih. Tentunya dengan standar perawatan yang telah disampaikan diatas.

Selain itu, kain ini sebenarnya sangat nyaman ketika digunakan karena memiliki permukaan yang lembut. Tak dapat dielakkan bahwa ini adalah jenis kain terbaik dari segi proses pembuatan.

Kekurangan Kain Suede

Jika pembahasan mengenai kelebihan dari bahan suede sudah dikupas tuntas. Sekarag saatnya kita membahas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh suede ini. Yuk, kita simak langsung pembahasan berikut ini.

1. Cenderung Lebih Tipis Dibandingkan Kulit Lain

Bahan kulit yang digunakan untuk pembuatan suede ini merupakan bahan-bahan pilihan lain. Dikarenakan dalam proses pembuatan memerluakan tangan dari para kreator yang sangat kreatif dalam merajut kain.

Saking tipisnya rajutan membuat bahan jenis ini mudah terlepas. Maka dari itu, jika Anda menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan suede ini perlu berhati-hati, agar bahan tetap awet.

2. Rentan Terhadap Kotoran

Kain ini memang bukanlah jenis yang seperti kain pada umumnya. Suede cenderung lebih ‘manja’ karena memerluka perawatan yang lebih. Namun seperti apa yang telah kita tahu bahwa jika melakukan perawatan dengan baik maka ini akan dapat bertahan lima tahun lebih.

Perawatan yang diperlukan kain ini tergolong tidak mudah dan lebih mahal.

3. Kulit Asli Suede Lebih Susah Didapatkan

Jika dibandingkan dengan yang berbahan sintetis, suede asli cenderung lebih sulit didapatkan. Hal ini dikarenakan pembuatan serta bahan yang didapat tidak mudah. Sehingga kain ini begitu sulit ditemukan, namun yang berbahan sintetislah yang mudah ditemukan.

Artikel Terkait: Bahan Kanvas

Perbedaan Kain Suede Dengan Beludru

bahan suede

Dikarenakan memiliki faktor kemiripan yang begitu dekat, tak jarang orang mengira bahwa suede ini sama dengan beludru. Disamping karena kemiripan dalam segi karakteristik yang sama teksturnya, permukaan halus dari kain beludru sama dengan kain suede.

Oleh karenanya, Anda harus mengetahui lebih detil dari keduanya agara tidak salah pada saat membeli. Apa sih yang membuat berbeda dari bahan suede dan beludru?

Suede merupakan jenis kain yang berbahan dasar kulit sapi atau hewan ternak lain yang melalui berbagai proses tahapan dalam pengemasan. Tahap yang menghasilkan bahan ekslusif ini tak mudah. Yang kemudian akan berimbas pada mahalnya harga jual yang ditawarkan.

Sedangkan kain beludru merupakan jenis yang terbuat dari serat sutra. Kualitas bahan yanhg dihasilkan pun memang sangat halus seperti pada kain suede. Yang membuat beda adalah pada permukaan beludru yang sedikit memiliki titik-titik. Seiring dengan berkembangnya teknologi, beludru semakin banyak diproduksi dari bebagai jenis bahan, seperti katun, rayon, sampai dengan polyester.

Jenis Fashion Menggunakan Bahan Suede

bahan suede

Semakin berkembangnya teknologi, maka seolah tak bisa dihindari bahwa trend fashion semakinlama semakin banyak ragam jenisnya. Perbedaan ini mulai dari jenis fashion, bahan dasar yang digunakan, sampai dengan gaya desain yang dihasilkan.

Hal itu berawal dari trend busana kekinian yang memang dibuat untuk kalangan remaja Indonesia. Tak hanya itu, semakin kesini trend busana menjadi banyak yang berkiblat ke negara-negara Eropa maupun Korea.

Sebenarnya budaya seperti itu sangatlah disayangkan, karena Indonesia sendiri memiliki budaya yang jauh lebih kaya dbandingkan dengan Korea maupun Eropa.

Nah berikut beberapa jenis ulasan tentang produk yang memakai bahan dasar suede:

1. Suede untuk Jaket

Jaket merupakan salah satu item yang dibuat dari bahan suede. Pada umumnya, jaket suede dilengkapi dengan detail berupa beberapa rumbai sehingga gaya western terlihat lebih kuat. Memadukan style dengan kombinasi jaket suede dan celana denim akan terlihat serasi.

Di beberapa negara yang memiliki iklim tropis jaket jeni ini banyak yang menjadi outfit favorit disaat musim dingin. Di Indonesia sendiri jaket barbahan suede banyak digunakan ketika musim hujan tiba.

Dengan memakai celana panjang dikombinasikan dengan kaos polos, jaket ini akan membuat tampilan menjadi fashionable.

2. Suede untuk Sepatu

Sepatu pria yang menggunakan bahan suede ini biasanya berjenis mokasin, slipsneaker, derby, dan ankle boots. Sedangkan untuk wanita sendiri banak digunakan dalam jenis high heels, wedges dan boots.

Sepatu wanita yang dibuat dari bahan suede akan lebih cantik dan anggun jika ditambahkan dengan warna-warna pastel.

3. Suede untuk Rok

Untuk menimbulkan kesan feminin, umumnya orang akan menggunakan rok midi. Saat ini sudah banyak rok midi berbahan suede yang menampilkan kesan cantik. Dengan mengkombinasikan antara rok midi dan juga blus lengan panjang akan membuat tampilan menjadi lebih pas dan serasi.

4. Suede untuk Celana

Jika banyak yang bilang celana panjang adalah jenis fahsion yang membosankan adalah hal yang kurang tepat. Cobalah untuk memakai celana panjang berbahan suede, Anda akan berubah menjadi lebih fashionable. 

Apalagi kalo Anda mengenakan celana tersebut dengan kombinasi kemeja panjang danikat pinggang yang terbuat dari suede juga. Mantul deh!

5. Suede untuk Baju

Kemeja panjang dari kulit suede memberikan cerminan karakter yang tenang dan cocok jika Anda ingin tampil lebih trendi. Untuk wanita, kombinasikanlah dengan bawahan rok midi berumbai untuk menghasilkan penampilan yang menawan.

Saat ini sudah banyak jenis gamis yang dipadukan dengan brokat.

Harga Pakaian Berbahan Suede

bahan suede

Pakaian atau jenis aksesoris yang bahan dasarnya adalah suede akan terlihat ekslusif dan terkesan mahal. Selain itu, pada dasarnya kain suede adalah jenis yang sangat nyaman saat dikenakan, maka jangan kaget kalau harganya memang kebanyakan lebih mahal.

Penasaran berapa sih harga pakaian berbahan suede? Yuk, langsung simak berikut ini:

1. Kemeja Suede

Pada saat mengenakan kemeja yang terbuat dari bahan suede, Anda akan tampil dengan lebih chic. Terlebih jika digabungkan dengan kombinasi dengan bahan lain. Harga dari jenis kemeja ini dibanderol dengan harga kisaran Rp. 200.000, itu hanya estimasi, bisa jadi lebih mahal.

Dengan memakai kombinasi kemeja suede, Anda akan terlihat fashionable.

2. Jaket Suede

Harga yang dibanderol sendiri sekitar Rp. 400.000 untuk jenis jaket suede. Memang cukup mahal, tapi Anda akan merasakan sendiri bagaimana kualitas yang diberikan. Anda akan tampak lebih maskulin dengan mengenakan perpaduan antara jaket ini dengan kaos oblong.

Jaket dan kaos ini bukanlah jenis kemasan paket. Anda harus membeli dengan terpisah.

3. Outer Panjang

Berapa ya kira-kira harga outer panjang berbahan suede? Harga yang dibanderol berada pada kisaran Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 300.000-an. Siapkan tabungan Anda, karena ini akan cukup menguras dompet Anda.

Outer panjang ini biasanya cocok jika dikombinasikan dengan kaos. Dengan gaya ala modern barat eropa ini akan membuat tampilan semakin maksimal.

4. Sepatu Suede

Menggunakan aksesoris dalam momen apapun akan membuat tampilan menjadi lebih maksimal. Aksesoris tersebut bisa meliputi sepatu, jam tangan, tas, maupun jenis lainnya.

Nah, untuk jenis sepatu berbahan suede sendiri dibanderol dengan harga Rp. 350.000 ke atas.

Beberapa Macam Bahan Sepatu yang Berkualitas

bahan suede

Ada yang penasaran ngga sih, bahan apa aja yang cocok untuk pembuatan sepatu? Oke, kalau penasaran, langsung saja ya, berikut kami akan memberikan informasi mengenai bahan apa saja yang cocok untuk pembuatan sepatu.

1. Suede

Bahan suede adalah bahan dasar yang cocok dan sangat baik untuk dijadikan bahan pembuatan sepatu. Banyak brand-brand ternama yang menjadikan bahan suede sebagai dasar pada sepatu.

Memiliki tekstur permukaan yang halus akan membuat lebih menarik. Dengan memakai kulit suede akan membuat kesan santai dan juga formal.

2. Buk/Nubuck

Jiika dilihat sekilas, memang kedua bahan ini tak memiliki perbedaan yang signifikan. Yang membuat berbada adalah pada proses pembuatan saja. Jika nubuck terbuat dengan proses penyamakan kulit dari bagian luar.

Maka sebaliknya, suede dibuat dengan proses penyamakan dari dalam kulit. Kedua bahan ini sama-sama memiliki permukaan yang halus.

3. Full Grain

Proses pembuatan jenis kulit ini sedikit berbeda, ini melewati beberapa tahapan yang pada salah satu tahapan tersebut diadakan modifikasi struktur pada kulit bawaan. Sehingga motif yang dihasilkan akan terlihat lebih natural dan alami.

Dengan melekatkan nuansa natural kulit binatang tersebut menjadikan bahan ini banyak digemari oleh peminatnya.

4. Pull up

Dengan menggunakan jenis kain pull up merupakan keputusan lanjutan dari proses finish leather. Ini akan memiliki tekstur yang sangat elastis dikarenakan telah melalui proses penarikan bahan hingga melar dan tipis. Yang pada mulanya kain ini adalah jenis kain yang kaku dan tebal.

5. Brush off

Bahan sepatu kulit ini adalah jenis bahan yang memiliki kualitas baik. Dengan permukaan kain yang sangat halus dan mengkilap membuat tampilan dari sepatu ini begitu menawan.

Selain itu, permukaan kain ini dilapisi dengan bahan acrylic, sehingga memberikan tampilan yang bersinar dan terproteksi dari kotoran yang hinggap.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: