doa bangun tidur

√ Doa Bangun Tidur dan Adab Setelahnya (Terlengkap)

Doa Bangun Tidur – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia memang diharuskan untuk selalu berpedoman terhadap dua hal yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Setiap kegiatan yang dilakukan juga harus dimulai dengan do’a dan diakhiri dengan do’a.

Dalam berperilaku, umat Islam juga diusahakan untuk selalu meniru apa yang sudah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, dalam hal bangun tidur, umat Islam juga dituntut untuk melakukan adab ketika bangun tidur. Hal tersebut dilakukan, agar Anda mengawali hari dengan melakukan perbuatan baik dengan menyontoh apa yang telah dilakukan Rasulullah SAW.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun tidur

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ أَللَّهُمََّ أَحْيَا وَ أَمُوْتُ

Bismika allahumma wa amutu

Artinya: “Dengan menyebut Namamu Ya Allah Aku Hidup dan dengan menyebut Namamu Aku Mati.”

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

alhamdulillahilladzi ahyana ba’dama amatana wa ilaihin nusyur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

Adapun Hal yang Dilakukan Oleh Rasulullah Diantaranya :

doa bangun tidur

insannurussalam.com

  • Mengusap Bekas Tidur di Wajah Sebelum Membaca Doa Tidur

Rasulullah pernah suatu ketika menginap di dalam rumah bibinya. Kemudian Ibnu Abbas pernah menyaksikan bahwa Rasulullah terbangun di waktu pertengahan malam. Kemudian Rasululah tduduk dan mengusap bekas tidur di wajah dengan menggunakan tangannya. Hal itu juga dikisahkan oleh HR. Ahmad, Bukhari, dan Nasai.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Qunut

  • Membaca Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur yang sering dibacakan oleh Rasulullah SAW dapat dilihat sebagai berikut.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

Doa ini diceritakan oleh beberapa sahabat Rasulullah SAW yaitu Hudzaifahbin al-Yaman dan al-Barra bin Azib. Setelah mengetahui hal ini, bersama-sam sebagai umat Islam harus selalu berusaha untuk menerapkannya. Semua itu juga demi kebaikan diri masing-masing.

  • Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali-Imran

Selain membaca doa bangun tidur, Anda juga bisa mencoba untuk mulai menerapkan membaca 10 ayat terakhir yang ada di surat Ali-Imran. Hal ini juga pernah dicerikan oleh Ibnu Abbas pada saat Rasulullah SAW berada di rumah bibinya.

Ibnu Abbas melihat bahwa Rasulullah terbangun di waktu pertengahan malam. Kemudian Rasululah tduduk dan mengusap bekas tidur di wajah dengan menggunakan tangannya sambil membaca 10 ayat  terakhir di Surat Ali-Imran. Kisah ini juga dibenarkan oleh Ahmad, Bukhari, dan Nasai.

  • Menggosok Gigi Setelah Membaca Doa Bangun Tidur

Hal lain yang perlu dilakukan setelah bangun tidur yaitu menggosok gigi. Pada jaman dahulu, menggosok gigi dilakukan dengan menggunakan siwak. Anda pasti penasaran bukan apa itu siwak dan terbuat dari apa. Siwak terbuat dari dahan maupun akar pohon Salvadora Persica yang mana dahan tersebut memiliki serat yang lembut dan sudah lama digunakan sebagai penyikat gigi alami jaman dahulu.

Pohon ini saat ini diketahui sebagai pohon yang memiliki kandungan fluoride, antiseptic, deterjen alami, dan abrasive. Dapat dikatakan bahwa siwak ini merupakan sikat gigi alami yang sangat baik dan juga sudah direkomendasikan oleh WHO yang mana merupakan Organisasi Kesehatan Dunia.

Anda akan mendapatkan banyak sekali keutamaan dengan menggosok gigi setelah bangun tidur. Hal ini sudah dibuktikan dalam bidang kesehatan bahwa menyikat gigi sesudah bangun tidur itu baik dan dianjurkan. Pasalnya pada saat manusia tertidur, bakteri dalam mulut berkembang dengan sangat banyak mengingat manusia tidur paling tidak 7 jam.

Menyikat gigi setelah bangun tidur dapat membantu meminimalisir jumlah bakteria yang tertelan masuk ke dalam tubuh. Jadi Anda akan meringankan kerja tubuh dalam membunuh bakteri yang berkembang biak dalam mulut Anda.

Tak hanya itu, menggosok gigi dapat menyegarkan bau mulut, sehingga tidak mengganggu malaikat yang turut hadir saat menjalankan solat. Kisah lain yang pernah diceritakan dan berkaitan dengan menggosok gigi yaitu dikisahkan oleh Ali bin Abi Thalib Radhiallahu anhu.

Dikisahkan bahwa Ali bin Abi Thalib pernah menceritakan sabda Rasulullah mengenai bersiwak. Pada saat umat Islam akan mendirikan solat, maka akan datang malaikat pada orang tersebut. Malaikat tersebut akan berdiri di belakang orang yang melakukan solat dan mendengarkan bacaan Al-Qur’annya. Kemudian, malaikan akan semakin mendekat padanya.

Malaikat tersebut tidak akan berhenti sampai meletakkan mulutnya pada mulut hamba Allah yang sedang melakukan solat. Tidak akan ada bacaan ayat yang tidak masuk ke dalam perut malaikat itu.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Setelah Wudhu

  • Membersihkan Rongga Hidung

Setelah bangun tidur, selain dari membersihkan gigi dengan bersikat gigi, Anda juga perlu membesihkan bagian hidung. Cara membersihkan hidung ini hampir sama dengan yang dilakukan pada saat berwudu dengan jalan menyedot air dengan hidung (jangan menyedot dengan kekuatan yang berlebihan) dan mengeluarkannya.

Pembersihan dengan cara tersebut dilakukan sebanyak tiga kali. Hal tersebut direkomendasikan untuk dilakukan, karena adanya dalil bhawa setan akan menginap di lubang tidur orang yang sedang tidur. Kisah tersebut sudah diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim.

  • Mencuci Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali

Sebaiknya saat membersihkan tangan sangat dianjurkan menggunakan air yang mengalir. Bila tidak Anda bisa menggunakan gayung dan yang paling penting tangan tidak tercelup ke dalam bejana penyimpan air. Hal ini seperti yang dikisahkan oleh Abu Hurairoh mengenai sabda Rasulullah SAW:

Artinya:

“Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya sebanyak 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” Riwayat tersebut juga dikisahkan oleh HR. Bukhari dan juga Muslim.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Sholat Dhuha

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

doa bangun tidur

marimembaca.com

Seorang umat Islam hendaknya bangun ketika subuh dan langsung membaca doa bangun tidur. Tentu saja aka nada manfaat yang diperoleh dari membaca doa ini. Apa saja manfaat atau keutamaan dari membaca doa ini saat bangun tidur, maka dapat Anda lihat sebagai berikut.

1. Memuji Nama Allah dan Dicintai Allah

Umat Islam sebaiknya selalu mengingat nama Allah atau memuji nama Allah, Salah satu dari cara ini yaitu membaca doa ketika bangun tidur. Bagi hambar yang mencintai Allah, maka Allah juga akan mencintainya. Pasti setiap hamba ingin dicintai oleh Sang Pencipta bukan.

2. Mengingatkan untuk Selalu Bersyukur

Manusia saat tidur memiliki kondisi yang bisa disebut dengan kematian sementara. Bila Anda masih bisa bangun tidur dan beraktivitas seperti biasa, maka Anda sebaiknya bersyukur. Tidak semua orang diberikan kesempatan untuk dapat beraktivitas kembali setelah tidur. Dengan kata lain, berdoa saat bangun tidur merupakan cara bersyukur atas kesehatan fisik yang diberikan Allah kepada Anda.

3. Melapangkan Kegiataan Manusia

Banyak sekali manusia yang disibukkan oleh kegiatan yang bersifat duniawi. Bagi Anda yang merasa seharian sangat sibuk sampai kelelahan sendiri, maka kamu harus mengingat apakah Anda sudah membaca doa bangun tidur tadi. Bagi Anda yang selalu membacanya, maka Anda akan mendapatkan manfaat dengan diberikan kelapangan sesudah bangun tidur.

4. Melepaskan Diri dari Rantai Setan yang Ada di Urat Tidur Manusia

Pada saat tidur, setan akan memasang belenggu di urat tidur manusia, agar dia malas untuk bangun dan solat. Membaca doa bangun tidur akan menolong Anda dalam melepaskan belenggu tersebut, sehingga Anda bisa lebih semangat beribadah atau solat subuh.

Bila Anda tidak membaca doa bangun tidur, sudah pasti Anda akan sedikit merasa malas untuk bangun. Apalagi harus solat. Jadi biasakan untuk membaca doa saat bangun tidur.

Demikianlah artikel dengan judul “Doa Bangun Tidur” yang membahas tentang doa bangun tidur, doa bangun tidur latin, doa sebelum tidur latin dan lain-lain. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: