makanan kupu-kupu

5 Jenis Makanan Kupu-Kupu yang Paling Sering Dikonsumsi

Makanan kupu-kupu –  kupu-kupu seringkali terlihat hinggap di atas bunga. Apa sebenaranya yang mereka makan? Sebenarnya kupu-kupu tidak pernah makan. Pada dasarnya mereka hanya meminum nutrisi yang larut dalam air dari bermacam sumber.

Kupu-kupu merupakan jenis hewan yang mencari makan dengan cara individual. Sangat jarang ditemukan ada segerombolan kupu-kupu yang sedang mencari makan. Biasanya jika ada kupu-kupu yang berkumpul dalam jumlah yang besar, maka hal demikian adalah indikator bahwa hewan tersebut akan memasuki musim reproduksi.

Pada saat berada dalam fase larva (ulat), ia hanya akan memakan dedaunan tanaman saja. Daun memungkinkan larva untuk tumbuh dan mendapatkan semua jenis nutrisi yang dibutuhkan olehnya untuk berubah menjadi kupu-kupu yang indah.

Kupu-kupu dewasa pada hakikatnya tak perlu bertumbuh, sehingga yang mereka butuhkan sebagai makanan adalah yang berbentuk energi, bukan yang berupa protein. Maknanan kupu-kupu salah satunya adalah saripati yang mengandung madu dari berbagai bunga.

Kupu-kupu memakai organ yang mirip belalai (probosis) yang ada pada mulut kupu-kupu untuk menghisap makanannya.

Hal yang unik yang terdapat pada kupu-kupu adalah tentang siklus dalam hidupnya. Ada empat tahapan hidup kupu-kupu, berawal dari telur, ulat, kepompong, lalu yang terakhir adalah kupu-kupu. Dari keempat fase tersebut, ada satu fase dimana ia akan banyak mengkonsumsi makanan yaitu pada masa saat menjadi ulat.

Artikel terkait : Metamorfosis Kupu-Kupu

1. Makanan Kupu-Kupu Berupa Serbuk Sari dan Nektar

makanan kupu-kupu

pixabay.com

Kedua makanan tersebut merupakan jenis makanan yang paling umum dan sering dikonsumsi oleh serangga jenis ini. Nektar menjadi salah satu makanan kupu-kupu karena memiliki banyak akan nutrisi penting dan kandungan gula yang memberikan energi secara instan.

Tahukah kamu kalau sebenarnya serbuk sari dan nektar itu merupakan dua jenis yang berbeda?

Nektar dan serbuk sari merupakan dua zat yang berbeda yang keduanya sama-sama dihasilkan oleh tanaman. Perbedaan mendasar diantara keduanya adalah bahwa nektar adalah cairan yang dihasilkan oleh bunga, sedangkan serbuk sari ialah sel-sel sperma dari suatu tumbuhan.

Bunga terdiri dari kelenjar yang disebut nektarin, kelenjar ini hanya bertujuan untuk menghasilkan suatu nektar. Nektar merupakan cairan yang kaya akan glukosa atau gula. Oleh kerena itu, nektar sering dipergunakan oleh sebagian serangga dan juga hewan seperti kolibri dan kelelawar. Hewan-hewan ini tertarik dengan nektar yang memiliki bau harum dan rasa manis.

Makhluk ini kemudian secara tanpa disadari ikut membantu menyerbukkan bunga-bunga. Penyerbukkan adalah proses dari reproduksi tanaman.

Serbuk sari berperan penting dalam proses reproduksi. Serbuk sari berisi bagian kasar yang mengandung mikrogametofit biji tanaman. Bagian ini terletak di kepala sari, yang merupakan bagian dari reproduksi jantan bunga.

Pada dasarnya, serbuk sari menghasilkan sel sperma dari tumbuhan yang tertutupi oleh lapisan keras yang terbuat dari sporoserbuk yang menjaga mereka. Pada saat penyerbuk datang mencari makan dari bunga, serbuk ini akan menempel pada hewan penyerbuk kemudian diangkut dari bunga satu ke bunga lainnya.

Perbedaan antara nektar dan serbuk sari:

 

NektarSerbuk sari
KeadaanBerbentuk cairBubuk kering
Dihasilkan olehKelenjar yang disebut nektarinAnter, yaitu bagian reproduksi jantan
Dipergunakan untukpolinasipolinasi
TujuanAgar menarik penyerbuk seperti ngengat, kupu-kupu, lebah, kolibri, dan kelelawarTransfer gamet jantan atau sel sperma dari antera ke stigma (bagian betina)

Artikel terkait : Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

2. Buah Busuk

makanan kupu-kupu

pixabay.com

Makanan kupu-kupu selanjutnya adalah buah busuk. Buah busuk menjadi makanan kesukaan kupu-kupu hampir disemua jenis. Sari buah yang telah busuk kemudian dihisap oleh kupu-kupu melalui organ yang mirip dengan belalai yang disebut probosis.

Buah busuk sangat tinggi akan kandungan gula dan air sebagai sumber energi juga cairan bagi kupu-kupu.

Buah busuk adalah kondisi dimana buah berubah warna dan bentuknya sehingga kualitas buah menjadi sangat buruk. Buah busuk dapat menyerang komoditas apa saja, dari mangga, apel, pepaya, dan berbagai macam tanaman buah yang lain. penyebab dari buah busuk ini juga beragam, mulai dari kekurangan unsur hara sampai dengan adanya serangan jamur.

Tentu saja hal ini sangat merugikan jika dilihat dari sudut pandang manusia. Namun bagi kupu-kupu ini sangat menguntungkan, karena buah busuk sebagai makanan kupu-kupu.

3. Kotoran Hewan

makanan kupu-kupu

pixabay.com

Jenis makanan kupu-kupu berikut ini juga merupakan salah satu makanan kupu-kupu yang menjadi favorit. Kotoran hewan memiliki kandungan mineral yang sangat penting untuk kelangsungan hidup seekor kupu-kupu.

Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa kotoran tersebut harus berada dalam kondisi yang segar dan masih lembab, sehingga kupu-kupu tidak kesulitan saat akan menghisapnya. Hewan tersebut tentunya akan memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya.

Biasanya manusia memanfaatkan kotoran hewan sebagai pupuk kandang. Dalam beberapa tempat di dunia kotoran hewan dikeringkan dan dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Namun lain cerita ketika yang memanfaatkan adalah kupu-kupu, mereka menjadikannya sebagai makanan.

Kotoran hewan menjadi habitat bagi bermacam jenis organisme yang memecahkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk kemudian didaur ulang dan disatukan dengan tanah.

Artikel terkait : Ciri Ciri Kupu Kupu

4. Garam dan Keringat

makanan kupu-kupu

pixabay.com

Kupu-kupu merupakan hewan yang juga tertarik dengan garam dan keringat. Ternyata didalam garam dan keringat terdapat kandungan natrium sehingga tak heran apabila kupu-kupu menyukai garam dan keringat.

Terkadang dalam beberapa kesempatan pastinya kamu juga pernah melihat seeokor kupu-kupu sedang hinggap di tubuh manusia. Pada dasarnya mereka sedang menghisap sejumlah kecil natrium yang terkandung pada kulit kita.

Garam merupakan sejenis mineral yang menghasilkan rasa asin. Pada umumnya garam adalah Natrium klorida yang dihasilkan dari air laut. Dalam bentuk alaminya, garam adalah mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite.

Garam ini sangat diperlukan oleh tubuh, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan beberapa macam penyakit.

Sangat banyak sekali manfaat garam bagi manusia. Namun siapa sangka, garam juga menjadi salah satu makanan kupu-kupu.

5. Getah Pohon

makanan kupu-kupu

pixabay.com

Getah merupakan istilah yang umum untuk menyebut cairan yang berbentuk sedikit cair sampai dengan yang kental. Getah ini adalah cairan yang keluar dari organ tumbuhan dan hewan. Pada umumnya getah akan mengeras setelah beberapa waktu karena mengalami peristiwa kondensiasi.

Pada hewan, getah sering digunakan untuk menyebut cairan limfatik (getah bening). Sedangkan pada tumbuhan, getah merupakan segala sesuatu yang bersifat sedikit cair sampai kental yang keluar dari sebuah batang, daun, bunga, atau buah yang terluka.

Tidak dibedakan apakah itu berupa cairan nutrisi yang berasal dari pembuluh tapis ataupun cairan yang berisi banyak kandungan metabolit sekunder dari pembuluh lateks. Bagi tumbuhan, fungsi dari cairan adalah sebagai alat pertahanan diri atau penanganan luka.

Lateks dihasilkan oleh berbagai tumbuhan anggota Malphigiales (contohnya jenis Apocynacae dan Euphorbiaceae). Cairan damar, resin, dan hars merupakan cairan yang memiliki tekstur kental dan sedikit agak transparan. Cairan getah ini akan mengeras apabila terkena udara.

Akan tetapi yang terpenting adalah apakah kamu sudah tahu bahwa kupu-kupu juga menyukai getah pohon?

Iya, kupu-kupu merupakan jenis hewan yang menjadikan salah satu makanan favoritnya adalah getah pohon. Getah pohon adalah cairan yang didalamnya terkandung bermacam nutrisi. Sebagian besar kupu-kupu bisa memakan getah dari berbagai macam pohon, tetapi beberapa yang lain hanya menyukai getah dari pohon tertentu saja.

Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu website partner kami yang banyak membahas tentang bunga theflowerland.com

Demikian penjelasan mengenai makanan kupu-kupu, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: