Proposal Pembangunan Masjid yang Baik dan Benar

Proposal pembangunan masjid – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang proposal pembangunan masjid. Menurut kami ini adalah suatu perkara yang urgen, oleh karena itu kami berusaha menyajikan artikel yang bertema proposal pembangunan masjid.

Indonesia adalah negara dengan mayoritas umat muslim terbanyak di dunia. Tak heran jika hampir disetiap desa terlihat bangunan-bangunan yang berdiri kokoh dengan desain yang beragam.

Nah, dalam setiap pembangunan masjid umumnya selalu membutuhkan proposal sebagai alat pelengkap dalam proses pembangunan. Jika kamu adalah seseorang yang hendak membuat proposal tetapi masih belum tahu prosedur dan contohnya. Maka disini akan kami kupas habis terkait proposal pembangunan masjid ini.

Content

Contoh Proposal Pembangunan Masjid

Ngadirejo, 15 Agustus 2018

Nomor             : 020/PP-AUM-X/2018

Lampiran         : 1 (satu) berkas

Perihal             : PEMOHONAN BANTUAN PEMBANGUNAN MASJID

Kepada Yth,

Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam di Madiun

Assalammu’alikum, Wr. Wb

Dengan Hormat,

Dengan disertai do’a kami sampaikan semoga Bapak/Ibu selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhamad SAW. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya kelak dihari akhir. Masjid merupakan sarana beribadah umat muslim.

Sebagai tempat ibadah, tentunya masjid harus bisa membuat suasana yang nyaman dan bisa menampung umat muslim yang sedang beribadah. Khidmat dan khusuk dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT. Sehubungan dengan hal tersebut, masjid Badrus-salam yang terletak di Dusun Dupak, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan.

Kami berencana untuk menyelenggarakan kegiatan pembangunan masjid demi menciptakan sarana ibadah yang nyaman dan sebagai sarana pendidikan Al-Qur’an dan agama Islam atau madrasah diniyah. Besarnya dana yang dibutuhkan dalam membangun masjid Badrus-salam adalah kurang lebih sebesar Rp. 300.000.000,00 (Tiga Ratus Juta Rupiah), dengan dana yang cukup besar tersebut maka kami ajukan permohonan bantuan dana guna membangun masjid. Sebagai bahan pertimbangan kami juga menyertakan antara lain:

  1. Proposal permohonan bantuan.
  2. Rencana anggaran dan biaya.
  3. Data pendukung yang lain.

Demikianlah surat permohonan dana pembangunan masjid ini kami sampaikan, atas perhatiaannya kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya, dan semoga Allah SWT membalas atas bantuan dan kebaikan Bapak/Ibu. Amiin ya robbal alamin. Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

PANITIA PEMBANGUNAN MASJID BADRUS-SALAM

Desa Ngadirejo Kec. Kawedanan Kab. Magetan

Ketua Panitia                                                                                            Sekretaris

 

Abdul Aziz                                                                                               Umar Husni

Mengetahui,

Dewan Kesejahteraan Masjid Badrus-Salam

 

M Fathan Mubina

Artikel Terkait: Susunan Proposal

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulilllah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, taufiq dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal pembangunan masjid Badrus-salam.

Kami ucapkan banyak terimakasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam menyelenggarakan kegiatan pembangunan masjid Badrus-salam.

Proposal ini kami susun secara sederhana, mudah-mudahan semua pihak yang ikut membantu dalam kelancaran proses kegiatan pembangunan masjid Badrus-salam ini dari awal hingga akhir pembangunan dalam rangka meningkatkan kenyamanan beribadah kepada Allah SWT.

Demikian proposal ini kami susun besar harapan kami permohonan dana bantuan masjid ini dapat diterima dengan baik sehingga kami dapat membantu umat muslim dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Ngadirejo, 15 Agustus 2018

 

Ketua Panitia

 

Abdul Aziz

Susunan Proposal Pembangunan Masjid

proposal pembangunan masjid
unsplash.com

1. Latar Belakang

Masjid adalah tempat peribadahan umat muslim. Sebagai tempat ibadah, maka harus dijaga kenyamanan dan keasrian masjid agar dalm melakukan ibadah dapat berjalan dengan khusyuk dan nyaman.

Dalam rangka tersebut masjid Badrus-salam perlu melakukan pembangunan masjid agar tercipta suasanayang nyaman serta masjid bisa menampung jamaah dengan kapasitas lebih besar. Salah satu upaya dalam meningkatkan kenyamanan masjid adalah dengan melakukan pembangunan dan juga melakukan program pengadaan fasilitas yang belum ada di masjid.

Kami segenap panitia pembangunan masjid Badrus-salam di Dusun Dupak, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur memperhatikan dan juga merespon usulan dari masyarakat bahwa jumlah jamaah sudah melebihi kapasitas.

Sehingga perlu adanya pembangunan guna memperluas daya tampung masjid Badrus-salam.

Masjid Badrus-salam adalah salah satu masjid yang terletak di Dusun Dupak, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Masjid Badrus-salam seringkali tak bisa menampung para jamaah dikarenakan luas masjid yang masih terbatas. Maka dari itulah masjid Badrus-salam ini membutuhkan bantuan untuk dapat melakukan pembangunan serta perluasan masjid.

Artikel Terkait: Contoh Judul Proposal

2.Maksud dan Tujuan

Dengan melakukan pembangunan masjid Badrus-salam diharapkan menjadi sarana ibadah umat Islam yang nyaman dalam menjalankan kegiatan keagamaan. Dalam hal ini juga bemaksud agar dapat melakukan syiar agama Islam dan pembinaan mental menuju kebribadian yang ber akhlak mulia.

Adapun tujuan dari melakukan kegiatan pembangunan masjid adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan tempat ibadah yang mampu menampung jama’ah dengan lebih banyak.
  • Menyediakan sarana belajar dan mengajar serta membina mental umat.
  • Menyediakan pendidikan agama islam berupa madrasah diniyah.
  • Memotivasi umat muslim agar dapat meningkatkan kesadaran dalam melakukan ibadah.
  • Membangun sarana prasarana aktivitas religius kemasyarakatan.

3. Dasar Hukum

“Tidaklah pantas orang-orang musyrik itu memakmurkan masjid-masjid Allah, sedangkan mereka mengakui bahwa mereka sendiri adalah kafir. Itulah orang yang sia-sia pekerjaannya, dan mereka akan kekal di dalam neraka. (QS. At taubah 9:17)

“Hanya saja yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. At taubah 9:18)

4. Nama Kegiatan

Nama kegiatan berisikan tentang  judul kegiatan yang akan dilaksanakan. Contohnya seperti “Pembangunan Masjid Badrus-salam Demi Terciptanya Ukhuwah Islamiyah Dusun dupak, Desa Ngadirejo, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan”.

5. Sumber Dana

Adapun sumber dana yang didapatkan antara lain adalah:

  • Swadaya masyarakat sekitar desa.
  • Para donatur.
  • Sumbangan dari para seluruh dermawan di Ngadirejo.
  • Usaha yang halal dan tidak mengikat.

6. Susunan Panitia

Adapun susunan panitia dalam pembangunan masjid Badrus-salam ialah sebagai berikut:

Penanggung Jawab         : M Fathan Mubina

Penasehat                        : Ust. Zuhud Muhtadi

Ketua                               : Abdul Aziz

Sekretaris                         : Umar Husni

Bendahara                       : Fikri Kamal

Seksi-seksi

Humas                            : Muhammad Rauf

Logistic                           : Muhammad Zuhri

Konsumsi                        : Satriya Prayitno

Pengarah tenaga kerja   : Muhammad Nadhif Abdullah

Eko Bowo

7. Penutup

Dengan terwujudnya masjid yang presentatif serta dapat mencukupi jumlah jama’ah adalah harapan kami dan masjid yang ma’mur bergema syi’ar Islam itu merupakan tujuan utama kami.

Demikianlah proposal ini kami buat untuk bahan pertimbangan, atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya. Saluran bantuan sangat kami harapkan demi terwujudnya pembangunan masjid yang direncanakan. Semoga kebaikan Bapak/Ibu bisa dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang dilipat gandakan. Amiin

 

Ngadirejo, 15 Agustus 2018

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

Ketua Panitia,                                                                                             Sekretaris,

 

Abdul Aziz                                                                                                 Umar Husni

Disetujui,

Dewan Kesejahteraan Masjid Badrus-Salam

 

Saad Abdur Rozaq

 

Demikian contoh proposal pembangunan masjid yang telah kami sajikan. Adapaun masalah nama serta alamat yang tertera hanyalah sebagai contoh untuk kelengkapan data. Apabila terdapat kesamaan nama, alamat dan gelar kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: