√ Struktur Organisasi | Unsur – Unsur Fungsi & Contoh (Terlengkap)

Struktur Organisasi – Terdapat banyak struktur organisasi yang dapat Anda temui di kehidupan sosial, seperti contohnya: di kantor, sekolah, atau pun lembaga yang lainnya. Perlu adanya pemahaman dalam membaca atau menulis strucktur organisasi, karena kita tidak akan terlepas dari yang namanya organisasi atau berorganisasi di kehidupan sosial. Lalu, apa sajakah strucktur organisasi itu?

Organisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kesatuan atau susunan yang terdiri atas bagian-bagian orang dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.
Sedangkan struktur menurut KBBI adalah sesuatu yang disusun dengan pola tertentu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strucktur teks organisasi adalah sesuatu yang disusun dengan pola tertentu yang terdiri atas bagian-bagian orang dalam perkumpulan untuk tujuan tertentu.

Sebelum membentuk suatu organisasi, terdapat beberapa unsur-unsur yang harus ada, yaitu:

Artikel Terkait : Struktur Teks Eksplanasi

Content

Unsur – Unsur & Fungsi Struktur Organisasi

struktur organisasi
pixabay.com
  1. Orang-orang

Jika tidak ada orang-orang, suatu organisasi juga tidak akan terbentuk, karena tidak akan ada yang mengisi bagian-bagian yang kosong dalam organisasi.

  1. Kerjasama

Adanya kerjasama penting dilakukan karena setiap manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki kekurangan, begitupun dalam organisasi. Tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila setiap anggotanya tidak mau bekerjasama.

  1. Tujuan bersama

Organisasi yang baik adalah organisasi yang memiliki tujuan yang sama. Apabila ada beberapa anggota dalam suatu organisasi yang memiliki tujuan yang berbeda, ditakutkan terjadinya penyimpangan tujuan dalam suatu organisasi, sehingga menimbulkan perpecahan.

  1. Peralatan (equipment)

Organisasi yang baik juga ditunjang dengan peralatan yang baik, untuk membantu proses dalam organisasi yang ada.

  1. Lingkungan (environment)

Suatu organisasi dibutuhkan lingkungan atau environment untuk melaksanakan tugas-tugas mereka dengan baik.

  1. Pemahaman unsur-unsur organisasi

Setiap anggota diwajibkan memahami unsur-unsur yang ada di dalam organisasi, sehingga mereka mengetahui kedudukan mereka dan teman-teman mereka, sehingga mengurangi miskomunikasi dan mempermudah suatu organisasi mencapai tujuan mereka.

Setelah memiliki semua unsur organisasi di atas, sekarang saatnya memahami struktur organisasi. Dalam membuat struktur organisasi yang baik harus bisa menjelaskan hubungan siapa bertanggung jawab ke siapa.

Terdapat beberapa fungsi dari dituliskannya struktur organisasi, berikut diantaranya:

  1. Untuk memperjelas kedudukan

Dengan adanya struktur teks organisasi, diharapkan pembaca atau anggota dapat mengerti kedudukannya masing-masing. Apakah dia berada di posisi A atau posisi B.

  1. Untuk mempermudah pekerjaan

Selain memperjelas kedudukan, dapat juga mempermudah pekerjaan. Mengapa? Karena dengan mengetahui struktur organisasi yang ada, diharapkan para pembaca atau enggota yang membacanya dapat mengetahui tugasnya masing-masing untuk bertanggung jawab kepada siapa.

  1. Untuk memperjelas hubungan

Adapun untuk memperjelas hubungan. Sesuatu yang tidak jelas dapat mengakibatkan kesalahan, sehingga dibutuhkan sesuatu untuk memperjelas hubungan antar satu orang dengan orang lainnya.

  1. Agar tidak terjadi atau memperkecil miskomunikasi

Miskomuniasi adalalah kurang baiknya proses komunikasi yang berjalanan sehingga dapat menyebabkan informasi yang disampaikan tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Dengan adanya struktur organisasi, diharapkan dapat memperkecil miskomunikasi ini.

Dari fungsi-fungsi yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan dituliskannya strucktur teks organisasi adalah untuk membantu memanajemen dalam mencapai tujuan dari suatu organisasi. Sehingga, para anggota dapat lebih memahami posisinya dan harus bertanggung jawab kepada siapa.

Terdapat penggolongan aktivitas dalam struktur organisasi yang harus Anda ketahui yang juga bisa disebut sebagai strucktur organisasi. Penggolongan aktivitas ini dapat dibagi menjadi empat unsur, yaitu sebagai berikut:

Artikel Terkait : Struktur Teks Observasi

Pengggolongan Aktivitas Struktur Organisasi

struktur orgainisasi
pixabay.com

Unsur pimpinan

Strucktur organisasi yang pertama adalah unsur pimpinan. Unsur pimpinan ini dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu kepala dan wakil kepala. Mereka memiliki tugas mereka masing-masing. Tugasnya adalah untuk memimpin anak buahnya.

Unsur pembantu pimpinan

Terdapat beberapa bagian yang termasuk ke dalam unsur pembantu pimpinan, sebagai contohnya adalah: pembantu pimpinan yang melaksanakan tugas-tugas staff spesialistik yang bersifat operasional, pembantu pimpinan yang melakukan tugas-tugas operasional, pembantu pimpinan yang melakukan tugas-tugas penunjang administratif. Seperti namanya, fungsi utama pembantu pimpinan adalah membantu pekerjaan atasan atau pimpinan mereka.

Unsur pelaksana tugas pokok

Yaitu yang melaksanakan tugas-tugas pokok dari suatu organisasi tersebut. Contohnya adalah: badan yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi intelejen di bidang keamanan, badan yang bertugas menjaga keamanan, dan lain sebagainya.

Unsur pendukung

Unsur pendukung ini ada di dalam strucktur organisasi agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik dan mengurangi hambatan yang ada.

Untuk lebih jelasnya, simak contoh strucktur organisasi di bawah ini!

Artikel Terkait : Struktur Teks Ulasan

Contoh Struktur Organisasi

struktur organisasi
pixabay.com

Struktur Organisasi Sekolah SMP Mekar Sari

Struktur Organisasi Sekolah SMP Mekar Sari

Unsur Pemimpin:

– Ketua                       : Drs. Prayitno S, S.Pd, M.Pd.

– Wakil ketua            : Tuti Apriliani

Unsur Pembantu Pimpinan

– Kurikulum                                        : Drs. Ni Putu Gede

– Kesiswaan                                         : Drs. Totok Suyitno

– Sarana Prasarana                            : Drs. Wening

– Hubungan Masyarakat (Humas) : Drs. Anto Supardi

Unsur Pelaksana Tugas Pokok Kurikulum

– Kelas Cerdas Istimewa        : Drs. Adam Malik Wicaksana

– SMP Model                            : Drs. Fatimah Anisya.

Kesiswaan

– Pembina OSIS

– Pembina ekstrakulikuler

Unsur Pembantu

– Koordinator BK   : Fuad Danu, S.Pd.

– Koordinator ICT  : Putera Bagus, S.Pd.

Mari menganalisis strucktur organisasinya!

Analisa Struktur Organisasi

struktur organisasi
pixabay.com

Pada strucktur organisasi SMP Mekar Sari di atas, dapat dilihat bahwa unsur pemimpinnya yaitu ketua dan wakil ketua, dengan Drs. Prayitno S, S.Pd, M.Pd. Sebagai ketuanya dan Tuti Apriliani sebagai wakil ketuanya.

Lalu, dilanjut dengan unsur pembantu pimpinan. Unsur ini terletak di bawah pimpinan. Sehingga, bisa dikatakan unsur ini yang akan bertanggung jawan kepada pimpinan.

Di dalam unsur ini terdapat: Kurikulum yang diketuai oleh Drs. Ni Putu Gede, Kesiswaan yang diwakili oleh Drs. Totok Suyitno, sarana prasarana         yang diwakili oleh Drs. Wening dan Hubungan Masyarakat (Humas) yang diwakili oleh Drs. Anto Supardi.

Di bawah unsur pembantu pimpinan, masih ada unsur pelaksana tugas pokok. Unsur ini yang langsung mewujudkan dalam bentuk nyata tugas-tugasnya kepada anggota yang biasanya berada pada tingkatan paling bawah.

Unsur ini terdapat: Kelas Cerdas Istimewa yang diwakili oleh Drs. Adam Malik Wicaksana dan SMP Model yang diwakili oleh Drs. Fatimah Anisya, mereka semua berada di bawah Kurikulum. Unsur yang lain adalah: Pembina OSIS dan Pembina Ekstrakulikuler yang berada di bawah Kesiswaan.

Unsur yang terakhir dalam struktur organisasi adalah unsur pembantu, tugasnya untuk membantu dalam memperlancar tugas-tugas dari unsur-unsur lainnya. Unsur pembantu ini dalam struktur organisasi di atas terdapat Koordinator ICT dan Koordinator BK.

Semua unsur dalam struktur organisasi di atas saling bahu membahu melaksanakan tugas demi tercapainya tujuan bersama, yaitu mengelolah lingkungan sekolah beserta masyarakat di dalamnya, termasuk pengajar dan murid.

Apabila salah satu unsur di atas tidak menjalankan tugas dengan semestinya, suatu sistem dalam organisasi akan terganggu. Organisasi tidak akan berjalan dengan baik, sehingga dapat menimbulkan rasa kurang percaya anggota kepada pelaksana dalam suatu organisasi tersebut.

Demikianlah strucktur organisasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Hasil pencarian :

Struktur organisasi perusahaan, jenis struktur organisasi, struktur organisasi manajemen, bentuk struktur organisasi, struktur organisasi perusahaan, makalah strucktur organisasi, struktur organisasi menurut para ahli, struktur organisasi kelas, model strucktur organisasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: