√ Struktur Teks Esplanasi | Ciri – Ciri & Contohnya (Terlengkap)

Struktur Teks Eksplanasi – Coba perhatikan lingkungan di sekitar kita! Pernahkah kalian membayangkan bagaimana pelangi dapat tercipta, hujan dapat terbentuk, atau gunung dapat meletus? Jika pernah, lalu, apakah kalian sudah tau jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kalian?

Teks eksplanasi ialah teks yang berisikan tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmupengetahuan, sosial, budaya, dan lain sebagainya bisa terjadi. Suatu peristiwa apapun itu baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di lingkungan kita, selalu memiliki hubungan proses dan sebab akibat.

Pertanyaan-pertanyaan itu bisa kalian temukan jawabannya dengan membaca teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengapa atau bagaimana suatu peristiwa atau fenomena alam, sosial, budaya, dan lain sebagainya dapat terjadi.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari membaca teks eksplanasi, salah satunya adalah memudahkan kita untuk mendapatkan suatu informasi dari sebuah peristiwa, karena sifatnya yang informatif dan faktual. Informatif artinya memberikan edukasi atau pengetahuan kepada orang yang membacanya. Sedangkan faktual artinya berdasarkan kenyataan / fakta, tidak boleh mengada-ada.

Agar lebih mudah dipahami oleh pembaca, Urutan peristiwa dalam teks eksplanasi disusun secara runtut. Di dalam teksnya terjadi hubungan sebab akibat antar satu kejadian dengan kejadian yang lainnya hingga membentuk sebuah proses yang berkesinambungan.

Apabila kalian ingin menulis teks eksplanasi dengan baik dan benar terdapat kaidah-kaidah yang harus kalian perhatikan. Salah satunya, kalian harus mengetahui struktur teks eksplanasi. Berikut disajikan struktur teks eksplanasi beserta penjelasannya:

Content

Struktur Teks Eklsplanasi & Penjelasan

struktur teks eksplanasi
youtube.com

1. Pembuka (berisi pernyataan umum)

Unsur pertama yang berada di dalam struktur teks eksplanasi adalah bagian pembuka yang berada di awal paragraf, berisi tentang pernyataan umum tentang topik yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

2. Isi (berisi urutan kejadian dari suatu peristiwa)

Isi adalah bagian kedua dalam struktur teks eksplanasi setelah bagian pembuka. Bagian isi berisi kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang disusun secara urut dari awal hingga akhir. Biasanya terdapat kata penghubung, misalnya: setelah itu, kemudian, pertama, kedua, dan seterusnya.

3. Penutup (interpretasi)

Bagian terakhir dalam struktur teks eksplanasi adalah penutup atau interpretasi. Penutup terletak di akhir paragraf, yang berisi interpretasi atau kesimpulan tentang topik yang telah dibahas. Bagian ini sifatnya opsional, artinya boleh ditulis ataupun tidak.

Selain memahami struktur teks eksplanasi, terdapat juga ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu:

  1. Bersifat infomatif (membagikan informasi kepada orang lain) dan tidak berusaha mempengaruhi orang lain.
  2. Bersifat faktual (tidak mengada-ada).
  3. Terdapat hubungan sebab-akibat antara peristiwa satu dengan yang lainnya.
  4. Memiliki struktur teks eksplanasi di mulai dari pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.
  5. Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, seperti: sehingga, jika, sebelum, sesudah
  6. Memakai sequence makers, misalnya: pertama, kedua, ketiga, berikutnya, terakhir, dan sebagainya.
  7. Banyak menggunakan kata kerja aktif (kata kerja relasional dan material).
  8. Jenis kalimatnya pasif.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa contoh teks eksplanasi di bawah ini!

Artikel Terkait : Struktur Teks Eksposisi

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Gunung Meletus

struktur teks eksplanasi
pexels.com

Gunung Meletus

Pembuka

Gunung meletus adalah kejadian dimana gunung menyemburkan isi yang terdapat di dalam perut bumi ke luar. Gunung meletus termasuk fenomena alam yang wajib kita waspadai, karena bila tidak berhati-hati dapat menimbulkan korban.

Isi

Sebelum terjadinya gunung meletus, terdapat beberapa tanda-tanda yang dapat kita lihat, beberapa diantaraya adalah: naiknya suhu di sekitar gunung, terkadang terrdengar suara gemuruh dan gempa kecil di sekitar gunung, mata air di sekitar gunung menjadi kering.

Selain itu, tak jarang binatang banyak yang turun dari gunung untuk mencari tempat perlindunngan sementara,Terjadinya gunung meletus diakibatkan oleh magma yang berada di dalam perut bumi. Magma adalah suatu cairan pijar yang terdapat di dalam perut bumi dengan suhu yang sekitar 1000 derajat celcius.

Suatu saat, magma itu akan mendesak keluar diakibatkan oleh gas bertekanan tinggi yang mendorong keluar dengan cara menekan kuat lapisan bumi yang dilapisi batuan-batuan tersebut. Saat kekuatan dari dalam perut bumi sudah sangat kuat, batu-batu yang menghalangi magma keluar melewati gunung akan dihamburkan keluar, bersama dengan debu-debu, abu, lahar, dan isi perut bumi yang lainnya.

Peristiwa ini disebut gunung meletus, dan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava.Setelah terjadi gunung meletus, biasanya lahan di sekitar gunung akan menjadi subur. Akibat tanah yang menjadi subur, penduduk di sekitar gunung akan mendapat lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, batu-batuan yang menyembur keluar dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan warga.

Sekarang, yuk menganalisis struktur teks eksplanasi tentang gunung meletus!

Paragraf pertama yang berisi bagian pembuka menceritakan pernyataan umum tentang gunung meletus.

Selanjutnya paragraf kedua sampai terakhir, berisi bagian isi yang menjelaskan tentang urutan peristiwa gunung meletus dari meletus hingga dampak setelah meletus. Dalam teks tersebut tidak ditemukan bagian penutup dalam struktur teks eksplanasinya. Bagian penutup bersifat opsional dalam struktur teks eksplanasi.

Artikel Terkait : Struktur Organisasi

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Kemiskinan

struktur teks eksplanasi
pexels.com

Kemiskinan

Pembuka

Kemiskinan adalah kurang mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup yang mendasar bagi mereka, yaitu sandang, pangan, dan papan.

Kemiskinan yang merajalela dapat dengan mudah kita ketahui dengan melihat banyaknya pengemis di jalanan; banyaknya gubuk-gubuk atau rumah-rumah kumuh yang didirikan di pinggir kali atau tanah milik negara; dan gelandangan yang tidak memiliki rumah lalu tidur di trotoar.

Isi

Ada berbagai macam faktor penyebab kemiskinan. Salah satunya adalah kurangnya pendidikan. Kurangnya pendidikan di suatu daerah dapat mempengaruhi tingkat sumber daya manusia di daerah itu. Apabila tingkat pendidikan sumber daya manusianya kurang, maka secara otomatis masyarakat di daerah itu akan kesulitan mencari pekerjaan.

Setelah itu terjadi banyak pengangguran. Pengangguran apabila terus dibiarkan, bisa menimbulkan kriminalitas, karena mereka yang tidak punya pekerjaan tidak tahu harus mencari uang dimana lagi selain mencuri.

Selain kurangnya pendidikan, suatu bencana pun dapat mengakibatkan kemiskinan secara mendadak. Contohnya adalah bencana tsunami. Saat tsunami terjadi, banyak harta benda korban bencana tsunami hilang karena tersapu oleh gelombang tsunami. Sehingga, pada akhirnya mereka tidak memiliki rumah atau harta secara tiba-tiba.

Contoh yang lain adalah karena lapangan pekerjaan yang sedikit. Banyaknya lembaga pendidikan yang didirikan tetapi kurangnya lapangan pekerjaan membuat banyak lulusan yang kemudian menganggur.Sifat konsumtif juga dapat mempengaruhi kemiskinan. Mereka lebih suka membeli barang-barang secara berlebihan yang terkadang hanya dipengaruhi oleh hasrat.

Sifat ini tentu bila dilakukan secara berlebihan dapat menimbulkan kemiskinan.Indonesia sendiri sudah berusaha mengurangi tingkat kemiskinan ini, misalnya dengan meningkatkan mutu pendidikan, membuka lapangan pekerjaan lebih banyak, mengratiskan biaya pendidikan, dan menaikkan upah minimun kerja.

Buktinya, menurut data yang ada, angka kemiskinan di Indonesia menurun. Dari yang awalnya 10,12% pada September tahun 2017, menjadi 9,82% pada Maret 2018, dan akhirnya mencapai 9,66% pada September 2018.

Penutup

Banyak faktor penyebab terjadinya kemiskinan. Walaupun tingkat kemiskinan Indonesia turun, bukan berarti Indonesia sudah layak dikatakan sebagai negara yang rendah angka kemiskinannya, karena pada nyatanya masih ada sekitar 25 juta orang Indonesia yang tergolong hidup dalam keadaan tidak berkecukupan.

Mari kita analisis struktur teks eksplanasi tentang kemiskinan di atas!

Bagian pembuka terdapat di awal paragraf yang menjelaskan tentang pernyataan umum dari kemiskinan. Bagian isi terletak di paragraf kedua sampai kelima, berisi tentang faktor-faktor penyebab kemiskinan, urutan-urutan peristiwa yang membentuk sebab-akibat yang pada akhirnya menimbulkan kemiskinan, hingga usaha yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk memberantas kemiskinan. Lalu, pada bagian penutup yang terdapat di paragraf akhir terdapat kesimpulan dari si penulis bahwa Indonesia masih memiliki banyak penduduk miskin, yaitu sebesar 25 juta orang.

Artikel Terkait : Struktur Teks Negosiasi

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Hujan

struktur teks eksplanasi
pexels.com

Hujan

Pembuka

Hujan adalah gejala alam berupa air yang jatuh dari langit. Hujan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di bumi, namun apabila berlebihan, hujan bisa menimbulkan bencana.

Isi

Hujan pada awalnya hanyalah air yang terdapat di dalam laut, sungai, danau, daun pada tumbuhan, dan lain sebagainya. Matahari yang bersinar terik kemudian menguapkan air naik ke atas. Uap air yang dibantu dengan udara yang lembab membentuk gumpalan awan yang lama kelamaan semakin membesar.

Kemudian, angin menggerakan awan melintasi berbagai macam dataran, menuju ke udara yang lebih dingin. Saat awan sudah terasa berat akibat menampung air, uap air tersebut akan jatuh menjadi hujan.

Lalu, air yang jatuh itu akan kembali lagi ke tanah, danau, sungai, atau diserap kembali oleh tanaman. Siklus ini akan terus berlanjut sehingga hujan dapat terbentuk kembali.

Analisislah struktur teks eksplanasi tentang fenomena hujan di atas!

Bagian pembuka menceritakan penjelasan umum tentang hujan. Bagian isi menjelaskan tentang proses terjadinya hujan dari awal hingga akhir. Adapun teks di atas tidak ada bagian penutup di dalam struktur teks eksplanasinya.

Artikel Terkait : Struktur Cerpen

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Kenakalan Remaja

struktur teks eksplanasi
educenter.id

Kenakalan Remaja

Pembuka

Kenakalan remaja atau juvenile deliquency adalah suatu tindakan yang melanggar aturan atau norma yang berlaku di masyarakat yang pelakunya adalah anak yang berada pada usia remaja, usia transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, yaitu berkisar antara 12 sampai 21 tahun.

Isi

Kenakalan remaja yang identik dengan sifat buruk yang merugikan orang lain di sekitar mereka ini memiliki banyak faktor penyebabnya. Faktor-faktor ini dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal contohnya kontrol diri yang lemah dan krisis identitas.

Sedangkan faktor internal adalah keluarga yang hancur, lingkungan atau komunitas yang kurang baik, dan teman sebaya yang kurang baik.

Bagaimana bisa masalah rumah tangga atau biasa disebut dengan istilah broken home menyebabkan anak melakukan kenakalan remaja? Anak yang sering mendengar ataupun melihat orang tuanya bertengkar di rumah, akan merasa tidak nyaman saat berada di rumah. Perasaan yang tidak nyaman itulah nantinya membuat anak menjadi ingin memberontak.

Ia tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Ia menjadi pendiam atau berbuat nakal karena orang tuanya sendiri yang telah memperlihatkan contoh yang buruk bagi mereka.Selain masalah keluarga, kenakalan remaja juga bisa disebabkan oleh kecanggihan teknologi, misalnya akibat penggunaan internet.

Internet yang mulanya bermanfaat bagi perkembangan manusia di zaman modern ini, dapat menjadi hal buruk apabila digunakan secara tidak bijak. Banyak konten-konten negatif dari internet yang perlu disaring terlebih dahulu.

Apabila tidak dapat menyaringnya, maka efeknya seorang remaja bisa jadi meniru kebiasaan atau perlikau yang dicontohkan seseorang lewat internet.Lingkungan yang buruk di dalam pergaulan pun dapat mempengaruhi seorang anak melakukan tindakan yang melanggar norma.

Hal pertama yang dilakukan para pelaku yaitu dengan mengiming-imingi korban ataupun memaksa korban hingga korban melakukan tindak kenakalan remaja.

Indonesia sendiri sudah berusaha mengatasi kenakalan-kenakalan remaja ini dengan beberapa upaya, yaitu: mengkampanyekan anti kenakalan remaja; mengaktifkan banyak kegiatan ekstrakulikuler di sekolah sehingga siswa bisa disibukkan dengan aktifitas positif di sekolah sekaligus meningkatkan kemampuan mereka; melibatkan peran orang tua dan sekolah; melakukan penjagaan ketat di sekolah, dan lain sebagainya.

Penutup

Banyak faktor pemicu kenakalan remaja, peran orang tua dan sekolah sangat penting dalam mengawasi remaja pada usia sekolah.

Nah, itulah teks eksplanasi tentang kenakalan remaja. Sekarang, yuk menganalisis struktur teks eksplanasi tentang kenakalan remaja di atas!

Bagian pembuka terdapat pada paragraf pertama yang berisi pernyataan umum tentang kenakalan remaja. Bagian isi terdapat pada paragraf kedua hingga paragraf keenam yang berisi tentang faktor-faktor penyebab kenakalan remaja hingga upaya penanggulangannya untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja. Bagian penutup terdapat di paragraf akhir, berisi kesimpulan penulis.

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Tsunami

struktur teks eksplanasi
loopjamaica.com

Tsunami

Pembuka

Tsunami adalah gelomang besar yang berasal dari lautan. Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu artinya pelabuhan sedangkan nami artinya laut.

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang patut diwaspadai di Indonesia, apalagi Indonesia yang notabene adalah negara kepulauan yang diapit oleh tiga lempeng, dua samudra dan cincin api pasifik, menjadikannya memiliki peluang yang besar akan terjadinya tsunami.

Isi

Terjadinya tsunami berasal akibat pergeseran lempeng secara horizontal di dasar laut. Pergerakan lempeng ini selain menyebabkan gempa tektonik, juga menyebabkan air laut yang awalnya tenang, menjadi turun lalu naik secara tiba-tiba.

Selain dari pergeseran lempeng, tsunami juga bisa berasal dari gunung berapi yang sedang meletus, contohnya adalah kejadian saat gunung Krakatau meletus. Saat meletus, gunung tersebut mengerluarkan berbagai material dari perut bumi yang disemburkan ke arah pantai, hingga menjadi gelombang besar tsunami.

Akibat dari tsunami ini beraneka ragam, mulai dari porak-porandanya rumah yang berada di pesisir pantai, hingga memakan korban jiwa pun ada. Namun, tidak semua gempa bumi dapat menghasilkan tsunami.

Hanya gempa sekurang-kurangnya 6,5 SR (Skala Richter) saja yang bisa menyebabkan tsunami, sekaligus dengan pertimbangan lokasi gempa. Salah satu contohnya adalah tsunami besar yang pernah terjadi di Indonesia adalah tsunami melanda Aceh tahun 2004 silam dengan kekuatan 9,1 skala richter.

Penutup

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak semua gempa bumi dapat menghasilkan tsunami. Hanya dalam beberapa kondisi tsunami dapat terjadi.

Sekarang, yuk analisis struktur teks eksplanasi tentang tsunami di atas!

Bagian Pembukanya menjelaskan pengertian tsunami secara umum. Dilanjutkan paragraf dua sampai empat yang berisi hubungan sebab-akibat antara kejadian satu dengan lainnya yang bisa juga disebut dengan isi. Sedangkan bagian penutupnya terdapat kesimpulan dari si penulis.

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Merebaknya Desain Interior Memphis

struktur teks eksplanasi
kreatifmarket.com

Merebaknya Desain Interior Memphis

Pembuka

Desain interior Memphis adalah suatu langgam interior yang identik dengan gaya pesta serta kebebasan. Memphis memiliki ciri khas neon. Kurangnya percampuran dengan putih atau hitam menyebabkan warna-warna dalam desain interior bergaya Memphis ini terkenal lewat pewarnaan dengan warna asli yang tajam dan mencolok.

Isi

Sebelum Memphis muncul, desain-desain modern di dunia dilambangkan dengan sesuatu yang elegan dan kaku.

Keindahan interior dianggap eksis ketika banyaknya digunakan warna hitam dan putih serta furnitur-furnitur dengan potongan monoton. Jika suatu interior tidak memiliki unsur ini, maka interior tersebut dianggap buruk dan wajib dikritisi.

Itu merupakan suatu bentuk standarisasi.Oleh karena itu, pada tahun 1980an muncullah desain bergaya Memphis di tengah-tengah masyarakat oleh sekumpulan desainer dan jurnalis asal Italia yang dipimpin oleh Ettore Sottsass.

Memphis muncul sebagai wujud protes atas pembatasan berekspresi yang terjadi pada dekade sebelumnya, yaitu 1970an dengan mempublikasikan nuansa-nuansa frontal seperti warna-warna mencolok tersebut serta bentuk-bentuk furnitur yang berangkat dari geometris. Sebagai adisi, ditambahkan pula sesuatu yang menjadi ciri khas Memphis pada masanya yaitu plastik laminasi.

Lalu, beberapa saat setelah kemunculannya, Memphis diserang oleh jutaan kritik dari pecinta desain modern yang kaku karena dianggap terlalu vulgar dan murahan.

Memphis memang berangkat dari desain-desain sederhana sebab anggapannya terhadap kebebasan berkarya dalam menata interior. Akan tetapi, bertahan dari serangan kritik tersebut, Memphis akhirnya menjadi sesuatu yang tenar dan digemari banyak orang.

Bahkan, sejak tahun 2016, muncul pula suatu gerakan neo-Memphis yang disesuaikan dengan gaya-gaya pasca modern Generasi Milenial.

Penutup

Desain interior bergaya Memphis telah menarik hati banyak orang dan meruntuhkan pilar-pilar standarisasi yang membatasi kebebasan mengemukakan opini.

Wah, sangat menarik ya pembahasan seputar desain interior bergaya Memphis di atas. Sekarang, mari kita lakukan analisis terhadap struktur teks eksplanasinya.

Bagian pembuka menceritakan penjelasan umum tentang apa itu langgam atau desain interior Memphis. Bagian isi menjelaskan tentang proses sebab-akibat terjadinya Memphis dan bagaimana desain tersebut bertahan. Bagian penutupnya juga dipaparkan lewat pernyataan ulang bahwa desain Memphis sangat mendukung kebebasan berkespresi.

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Pelangi

struktur teks eksplanasi
pexels.com

Pelangi

Pembuka

Pelangi atau bianglala adalah fenomena alam yang dapat dengan mudahnya kita lihat setelah hujan reda di hari yang cerah. Pelangi merupakan fenomena optik yang diakibatkan oleh pembiasan cahaya oleh sinar matahari.

Isi

Awalnya, setelah hujan reda, masih terdapat banyak butir-butir air yang melayang-layang di udara. Sinar matahari yang menyinari butir-butir air yang banyak di udara ini dibiaskan cahayanya. Cahaya dari matahari itu dibelokkan. Sinar matahari yang awalnya berwarna putih, diuraikan menjadi banyak warna di langit.

Warna-warna tersebut berjajar secara berurutan, dari yang paling terluar yaitu warna merah, dilanjutkan dengan warna oranye, kuning, kemudian hijau, biru, dan yang terakhir ungu. Warna-warna ini akan sampai ke mata kita karena cahaya matahari memancar ke segala arah.

Mari kita analisis struktur teks eksplanasi di atas!

Bagian pembuka terletak di awal paragraf yang menceritakan pernyataan umum tentang pelangi, dilanjutkan dengan bagian isi pada paragraf kedua, adapun tidak ditemukannya bagian penutup pada struktur teks eksplanasi di atas.

Nah! Itulah pembahasan kita mengenai struktur teks eksplanasi. Perlu diingat bahwa terdapat 3 bagian di dalam struktur teks eksplanasi, yaitu pembuka atau pernyataan umum, isi atau rangkaian kejadian, dan penutup atau interpretasi yang bersifat opsional. Semoga bermanfaat.

Hasil pencarian :

teks eksplanasi contoh, struktur teks eksplanasi brainly, teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, kebahasaan teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, teks eksplanasi banjir, pembagian struktur teks eksplanasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: