struktur teks eksposisi

√ Struktur Teks Eksposisi | Pengertian Ciri & Contoh (Terlengkap)

Struktur Teks Eksposisi – Pernahkah Anda membaca sebuah artikel yang membahas tentang suatu hal yang berisikan argumen atau pendapat dan fakta-fakta di dalam koran, majalah atau media sosial? Artikel yang Anda baca bisa dikategorikan ke dalam teks eksposisi. Lalu, apakah teks eksposisi itu? Dan, bagaimana cara membedakan teks eksposisi dengan teks lainnya?

Teks eksposisi adalah sebuah teks yang berisikan gagasan pendapat dan fakta yang menjelaskan tentang suatu hal kepada pembaca. Teks eksposisi disusun secara singkat, padat, dan jelas, gunanya agar pembaca bisa dengan mudah mengetahui suatu informasi tentang suatu topik dengan lebih mudah.

Dalam menulis teks eksposisi yang baik dan benar, diperlukan pula pemahaman akan aturan-aturan dalam kepenulisan teks eksposisi. Berikut disajikan ciri-ciri dari teks eksposisi:

Ciri -Ciri Teks Eksposisi
  1. Tulisan bersifat objektif, memaparkan dengan apa adanya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi.
  2. Struktur teks eksposisi berupa: tesis, argumentasi, dan penegasan ulang.
  3. Berisikan fakta untuk menguatkan argumen atau pendapat.Memakai bahasa yang lugas dan baku.
  4. Tidak memaksakan kehendak pembaca.Bersifat informatif atau berisikan informasi-informasi pengetahuan.
  5. Berusaha menjelaskan tentang suatu hal.
  6. Ditulis secara singkat, padat, dan akurat.Biasanya terdapat jawaban atas pertanyaan: apa, siapa, bagaimana, mengapa, kapan, di mana.

Adapun penjelasan mengenai struktur teks eksposisi, yaitu sebagai berikut:

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi

altaistage.com

1. Tesis

Tesis adalah teori atau pernyataan pendapat yang ditulis oleh penulis. Pada struktur teks eksposisi, tesis terletak di awal paragraf yang akan didukung oleh argumen pada paragraf berikutnya. Biasa disebut sebagai bagian pembuka dalam teks eksposisi.

2. Argumentasi

Pada struktur teks eksposisi, argumentasi terletak setelah bagian tesis. Bagian argumentasi berisi data-data atau fakta-fakta untuk menguatkan tesis atau pernyataan pendapat yang ada. Disebut juga sebagai bagian isi.

3. Penegasan ulang

Penegasan ulang pada struktur teks eksposisi bisa disebut sebagai bagian penutup. Isinya untuk menegaskan kembali pendapat yang ingin disampaikan penulis. Biasa terletak di akhir paragraf.

Selain itu, terdapat banyak jenis-jenis teks eksposisi yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

  • Teks eksposisi berita atau laporan

Teks eksposisi yang membahas suatu berita atau laporan yang biasanya dapat dengan mudah Anda jumpai di koran-koran, majalah, ataupun media sosial.

  • Teks eksposisi ilustrasi

Teks yang menjelaskan gagasan utamanya dengan cara mengilustrasikannya dengan hal lain yang memiliki kesamaan, sehingga pembaca dapat dengan lebih muda memahaminya.

  • Teks eksposisi perbandingan

Teks eksposisi yang membandingkan gagasan utamanya dengan hal lain.

  • Teks eksposisi definisi

Teks yang memaparkan gagasan utamanya dengan cara mendefinisikannya.

  • Teks eksposisi pertentangan

Teks eksposisi yang menjelaskan gagasan utamanya dengan cara menentangnya dengan hal lain.

  • Teks eksposisi proses

Teks eksposisi yang berisikan tahapan-tahapan sebuah kejadian dalam pembuatan sesuatu.

Teks eksposisi yang menceritakan gagasan utamanya dengan cara menjabarkannya setelah mengkaji atau diperiksa terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh dari teks eksposisi di bawah ini.

Artikel Terkait : Struktur Teks Eksplanasi

Perubahan Ujian Nasional

struktur teks eksposisi

pexels.com

Perubahan Ujian Nasional

Perubahan sistem ujian nasional dirasakan berubah setiap tahunnya. Timbul kontroversi karena perubahan ini. Para ada yang siap dan ada yang tidak siap menerimanya.

Tahun lalu, Ujian Nasional (UN) yang berupa full pilihan ganda tiba-tiba beberapa soalnya berubah menjadi essai. Menurut Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Kemendikbud Totok Suprayitno, UN model tahun 2018 akan diperbaiki lebih baik dari tahun sebelumnya, dengan alasan menambah kualitas UN dari tahun ke tahun, tujuannya untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa.

Adapun soal-soal yang disajikan adalah soal-soal yang setingkat dengan HOTS (High Order Thunking Skills). HOTS sendiri adalah cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal atau menceritakan kembali sesuatu yang telah diceritakan orang lain.

Dengan begitu, diperlukan pemahaman yang sungguh-sungguh terhadap suatu pelajaran. Sehingga tak mengherankan jika beberapa soal matematika, fisika, kimia, ataupun biologi menjadi lebih susah.

Banyak siswa yang mengeluh karena perubahan UN pada 2018. Perubahan mendadak disertai kurangnya persiapan membuat mereka khawatir akan masa depannya apabila nilai Ujian Nasional mereka jelek.

Sekarang, mari menganalisis struktur teks eksposisi tentang ‘Perubahan Ujian Nasional’ di atas!

Bagian tesis terdapat pada paragraf pertama yang menjelaskan tentang pernyataan pendapat si penulis. Bagian selanjutnya adalah bagian argumen yang berisikan fakta-fakta penunjang gagasan si penulis di paragraf awal. Bagian terakhir adalah pernyataan ulang yang menyatakan bahwa siswa yang tidak setuju akan perubahan UN yang dianggap lebih susah dari tahun sebelumnya.

Teks eksposisi di atas merupakan salah satu contoh teks eksposisi berita karena menceritakan berita yang sedang beredar pada tahun 2018 tentang perubahan Ujian Nasional di negara Indonesia.

Artikel Terkait : Struktur Teks Anekdot

Majalah Dinding

struktur teks eksposisi

pexels.com

Majalah Dinding

Mading atau majalah dinding dapat dengan mudah kita temukan di tempat-tempat seperti sekolah, rumah sakit, tempat les, atau kantor. Majalah dinding ini penting sebagai sarana komunikasi karena sifatnya yang memberi informasi berupa tulisan ataupun gambar pada lembaran kertas atau karton yang dipajang pada dinding.

Majalah dinding memiliki banyak fungsi dan manfaat. Selain bisa menjadi sarana informasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mading juga bisa digunakan sebagai media hiburan yang murah, mudah, dan sederhana.

Selain itu, dapat pula sebagai pelatihan jurnalistik secara sederhana. Dan, yang paling penting adalah menambah minat baca.Isi dari majalah dinding ini beragam, mulai dari informasi, pengetahuan umum, hiburan yang berupa cerpen atau sejenisnya, dan masalah-masalah yang sedang terjadi di sekitar.

Itulah sebabnya mengapa majalah dinding penting untuk dimunculkan di dalam sebuah bangunan atau gedung.

Nah, itulah contoh teks eksposisi tentang ‘Majalah Dinding’. Yuk, sekarang menganalisis struktur teks eksposisinya!

Paragraf pertama berisi pernyataan pendapat oleh si pengarang. Si pengarang menjelaskan bahwa majalah dinding itu penting. Paragraf kedua dan ketiga adalah bagian isi yang menceritakan tentang manfaat dan fungsi dari majalah dinding. Paragraf terakhir adalah penegasan ulang bahwa majalah dinding itu penting.

Adapun teks eksposisi di atas merupakan teks eksposisi jenis definisi, karena menjelaskan tentang majalah dinding.

Artikel Terkait : Struktur Teks Ulasan

Pentingnya Pendidikan

struktur teks eksposisi

pexels.com

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan sebuah negara. Sebuah negara yang maju biasanya dengan kualitas pendidikan yang tinggi pula.

Pentingnya pendidikan dapat kita lihat dari apa yang Jepang telah lakukan setelah kedua kota besar Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom oleh Amerika. Mereka mengumpulkan menteri kemudian menyuruh mereka untuk menghitung berapa guru yang tersisa di sana. Tujuannya adalah untuk mendidik sisa-sisa masyarakat yang yang ada. Dengan pendidikan, Negara Jepang bisa berkembang pesat seperti sekarang ini.

Selain itu, seorang filsuf pendidikan yang bernama Herbet Spencer berkata bahwa: pendidikan merupakan kegiatan demi kelangsungan hidup, usaha untuk mencari nafkah, memelihara hubungan masyarakat dan negara, serta untuk mengisi waktu senggang dengan sebaik-baiknya.

Pendidikan juga bisa disimpulkan sebagai mengembangkan kemampuan diri sendiri menjadi lebih baik.

Itulah sebabnya pendidikan di sebuah negara itu penting, karena dengan pendidikan, masyarakat di sebuah negara bisa lebih mencintai negaranya, mengembangkan potensi dirinya semaksimal mungkin, membuka lapangan pekerjaan, menggerakkan sistem perekonomian yang ada, dan lain sebagainya.

Sekarang, saatnya menganalisis struktur teks eksposisinya!

Bagian tesis terdapat pada paragraf pertama. Si penulis menegaskan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting. Bagian argumentasi pada teks di atas berisi tentang alasan-alasan pendidikan dianggap penting. Bagian terakhir, yaitu penegasan ulang, menegaskan lagi akan pentingnya pendidikan.

Itulah beberapa contoh teks eksposisi beserta analasis struktur teks eksposisinya. Semoga bermanfaat.

Hasil pencarian :

struktur teks eksposisi bahasa jawam struktur teks eksposisi bainly, sebutkan struktur teks eksposisi, tujuan teks eksposisi, sebut dan jelaskan struktur teks eksposisi, pengertian teks eksposisi berita, struktur teks anekdot, teks eksposisi tentang tanaman obat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: