doa masuk kamar mandi

√ Doa Masuk dan Keluar WC | Serta Keutamaannya (Terlengkap)

Doa Masuk WC – Manusia selalu menggunakan kamar mandi setiap hari untuk berbagai urusan, seperti mandi, sikat gigi, dan juga buang hajat. Sebelum melakukan semua kegiatan tersebut, ada hal yang harus diperhatikan dan dijalani yaitu adat masuk wc atau biasa disebut juga etika masuk wc.

Ada beberapa aturan tidak tertulis yang harus ditaati oleh semua orang yang akan menggunakan kamar mandi. Menurut salah satu sumber yaitu kitab BIdayah Al-Hidayah menyebutkan bahwa ada adab yang harus dilakukan saat masuk ke WC dan kitab tersebut menjelaskan secara terperinci mengenai apa saja adab tersebut.

Terdapat adab yang paling tidak harus dilakukan bagi orang yang menggunakan kamar mandi. Hal yang pertama kali dilakukan yaitu masuk ke WC dengan menggunakan kaki kiri. Dapat dikatakan bahwa kamar mandi berbeda dengan beberapa kamar atau ruangan yang ada di rumah.

Bila Anda memasuki suatu ruangan lainnya, maka Anda sebaiknya menggunakan kaki kanan. Sedangkan bila memasuki suatu kamar mandi, maka kaki yang digunakan yaitu kaki kiri. Mengapa harus menggunakan kaki kiri terlebih dahulu, karena kamar mandi dianggap sebagi suatu ruangan yang kurang baik siifatnya yang mana tempat membuang kotoran dan juga menyucikan diri.

Islam juga mengatakan bahwa ketika akan melakukan kegiatan dan menuju ke tempat lainnya, maka hendaklanya memulai dengan tangan kanan maupun kaki kanan. Bila sifatnya tidak baik, maka digunnakan tangan kiri dan kaki kiri terlebih dahulu. Hal ini juga dilakukan bila akan memasuki WC setelah membaca doa masuk WC.

Membaca Basmalah Sebelum Melafadzkan Doa Masuk WC

doa masuk wc

posterbelajar.com

Setiap akan melakukan suatu kegiatan, umat Islam hendaknya mengucapkan basmalah terlebih dahulu dan baru mengucapkan doa lainnya yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan, termasuk doa masuk WC.

Bacaaan dari basmalah dalam bahasa latin bisa Anda lihat sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

Membaca basmalah tentu saja memiliki keutamaan yang akan Anda dapatkan sebelum memasuki ruangan WC. Menurut ulama Syaikh Nawawi, kalimat dalam bahasa Arab berupa Basmalah adalah kalimat yang tersusun dari empat kata dan disusun secara sejajar. Keempat kata ini tentu saja memiliki arti masing-masing yang bila disatukan adalah perkataan dan permohonan kepada Allah SWT agar hamba-Nya yang beriman dilindungi dari godaan setan.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Qunut

Keutamaan Membaca Basmalah Sebelum Membaca Doa Masuk WC

doa masuk wc

nusantaramengaji.com

Ulama Syaikh Nawawi juga menjelaskan bahwa perlindungan itu juga tidak hanya ditujukan pada gangguan dari setan saja, melainkan dari berbagai bahaya lainnya. Setiap huruf dari perkataan tersebut juga memiliki arti tersendiri yang dapat dilihat sebagai berikut.

1. Huruf Ba

Pada bacaan Basmalah, huruf pertama yaitu Ba dapat diartikan Bara-atullah. Huruf tersebut memiliki arti adanya garansi keselamatan kepada manusia yang sedang bahagia, karena memiliki iman di  dalam dadanya. Huruf tersebut bila diterjemaahkan dengan lebih mendalam, maka orang yang beriman harus selalu mengucapkan basmalah dalam kondisi akan melakukan kegiatan apapun.

2. Huruf Sin

Huruf kedua yang terdapat dalam basmalah yaitu huruf Sin yang mana dapat berarti Satrullah. Huruf tersebut dalam konteks ini memiliki arti perlindungan dari Allah SWT. Makna yang lebih mendalam berarti bahwa orang Islam selalu mengingat basmalah dalam setiap langkahnya atau setiap melakukan kegiatan yang baik sifatnya. Huruf ini juga bermakna berlindung dari kebodohan yang ada dalam setiap manusia.

3. Huruf Mim

Huruf ketiga yaitu huruf mim yang memiliki arti mahabattuhu. Huruf ini dapat diartikan sebagai perasaan cinta dari Allah SWT kepada umat Islam yang mengucapkan basmalah. Jadi bila umat Islam ingin dicintai oleh Allah, maka bibirnya akan selalu mengucapkan kata basmalah dan tidak pernah berhenti dari perkataan tersebut.

4. Huruf Alif

Huruf keempat yang ada pada bacaan basmalah yaitu huruf alif. Huruf ini berarti keramahan dari Allah SWT. Jadi dapat dikatakan bahwa Allah memiliki sifat Maha Ramah, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang. Maka Allah akan menjadi ramah dan mencurah kasih sayangnya kepada orang yang selalu membaca basmalah.

5. Huruf Lam

Huruf berikutnya yang ada pada bacaan basmalah yaitu huruf Lam yang berarti lathafatuhu. Huruf ini memiliki arti kelembutan dalam bahasa Indonesia. Huruf ini dapat diartikan adanya kenyamanan serta kelembutan , sehingga menghilangkan sikap jelek dan juga menggantikannya dengan perbuatan yang baik serta lembut.

Artikel Terkait : Doa Bangun Tidur

6. Huruf Ha

HUruf yang keenam yaitu ha yang mana dalam bahasa Arab merujuk pada hidayatuhu dan dalam bahasa Indonesianya berarti petunjuk Allah. Umat Islam yang selalu membaca basmalah, akan selalu dituntun dan diarahkan dalam petunjuk-Nya.

7. Huruf Ra

Huruf yang ketujuh yaitu huruf ra yang merujuk pada kata Arab ridhawanuhu. Kata tersebut memiliki arti kerelaan Allah. Jadi ridha Allah akan selalu menyertai umat Islam yang selalu melafaskan bacaan basmalah. Bahkan, bagi orang yang sudah melakukan  banyak kesalahan dan dosa bila mengucapkan perkataan basmalah, maka bacaan tersebut akan menjadi jalan untuk membuka ridha Allah.

8. Huruf Ha

Huruf yang berikutnya yaitu ha yang dalam bahasa Arab dalam konteks ini yaitu Hilmuhu. Dalam bahasa Indonesia, dapat berate kesabaran Allah. Dalam bahasa Indonesia berarti bahwa Allah SWT Maha Sabar dengan orang-orang yang berdosa. Allah SWT bersabar menunggu agar hamba-Nya kembali ke jalan yang benar.

9. Huruf Mim

Huruf kesembilan yaitu mim yang berarti anugerah Allah. Umat Islam yang membaca basmalah dalam setiap kegiatan baik yang dilakukan akan mendapatkan annugerah dan juga berkah dari Allah SWT.

10. Huruf Nun

Huruf kesepuluh yang ada di bacaan basmalah yaitu huruf nun. Huruf nun ini bila diartikan dalam bahasa Arab berarti Ma’rifah. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia artinya cahaya pengetahuan. Cahaya tersebut akan diberikan kepada setiap umat Islam yang selalu mengucapkan kata basmalah.

11. Huruf Ya

Huruf yang terakhir yaitu Ya dalam bahasa Arab merujuk pada Yadullah. Dalam bahasa Indonesia kata tersebut berarti penjagaan Allah. Penjagaan akan selalu mengikuti kepada umat Islam yang selalu mengucapkan basmalah.

Artikel Terkait : Doa Setelah Wudhu

Doa Masuk WC dan Keluar WC Beserta Artinya

Doa Masuk WC

اَللّهُمَّ اِنىِّ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَ الْخَبَائِثِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari godaan jin laki-laki dan perempuan.”

Doa Keluar WC

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذى وَعَافَنِى

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.”

Dilarang Menyebut Nama Allah di Kamar Mandi

doa masuk wc

pexels.com

Haram hukumnya mengucapkan nama Allah SWT di dalam kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan kamar mandi merupakan tempat yang kotor dan tidak suci bila dibandingkan dengan kamar lainnya yang ada di rumah. Jadi zikir pun juga tidak dapat dilakukan di dalam kamar mandi.

Maka dari itu, doa masuk WC dilafazkan sebelum memasuki kamar mandi dan sesudah keluar dari kamar mandi. Bahkan, menjawab salam yang hukumnya wajib tidak boleh dilakukan saat berada di kamar mandi. Di dalam salam itu sendiri juga menyebutkan nama Allah.

Demikian Artikel kami pada kesempata kali ini. semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Hasil pencarian :

Doa keluar kamar mandi pendek, doa masuk kamar mandi sesuai sunnah, tulisan doa masuk WC, kaligrafi doa masuk WC, download doa masuk WC dan keluar WC, doa masuk WC latin dan artinya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: