doa sebelum belajar

√ Doa Sebelum Belajar & Doa Sesudah Belajar (Terlengkap)

Doa Sebelum Belajar – Belajar merupakan bagian dari kehidupan manusia. Belajar ini bisa berupa mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan baik berupa alam maupun ilmu sosial. Apapun yang Anda pelajari sudah pasti akan bermanfaat dalam hidup Anda, sehingga tidak ada yang disebut dengan salah jurusan. doa sesudah belajar

Setidaknya ilmu yang Anda pelajari akan membentuk pola pikir dari otak  Anda. Bahkan, belajar juga tidak harus dibatasi oleh usia. Walaupun memang belajar saat masih muda terasa sangat mudah dibandingkan dengan belajar pada saat sudah tua. Hanya saja bukan berarti Anda yang sudah tua mau menyerah dan mengalah dengan yang muda. Hal tersebut seperti pepatah bila ada kemauan pasti ada jalan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Era Kini

doa sebelum belajar

squline.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa status dari negara Indonesia masih berupa negara berkembang. Ada banyak sekali infrastruktur yang mendukung untuk belajar dan ada juga infrastruktur yang belum terbangun. Itu bukan menjadi alasan bagi Anda dan generasi muda lainnya untuk berhenti belajar.

Justru dengan keterlambatan pengembangan teknologi di negara ini menandakan bahwa kegiatan belajar harus semakin digencarkan. Anda tidak perlu melulu harus memaksa anak belajar dengan cara duduk dan menghadap buku. Ada banyak cara kreatif lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat anak Anda tertarik belajar dengan menggunakan permainan.

Bahkan, Anda juga dapat mencontoh pola belajar dari yang sudah dilakukan di negara Inggris. Saat ini negara tersebut sedang mendapatkan julukan negara dengan ranking pendidikan nomor satu di dunia dalam bidang tertentu.  Selain itu, dengan selalu mempelajari hal yang baru, Anda akan mengerti hal-hal baru yang dulu belum pernah ada. Hal-hal baru tersebut bisa berupa teknologi.

Kunci dari memahami adanya perkembangan teknologi terbaru yaitu melalui membaca. Jadi bacalah buku dan juga berbagai macam media yang ada kaitannya dengan perkembangan IPTEK jaman sekarang. Tentu saja, seluruh teknologi yang baru yang dibuat tersebut akan kembali bermanfaat bagi kesejahteraan manusia, begitu juga dengan kesejahteraan Anda.

Bahkan, perkembangan teknologi ini sudah terjadi dalam segala macam bidang. Dalam bidang kesehatan terdapat robot yang dapat digunakan untuk mengoperasi dan eksoskeleton. Robot yang digunakan untuk operasi akan menyebabkan luka sobekan yang jauh lebih pendek dan kecil dibandingkan dengan luka sobekan operasi yang dihasilkan jaman dahulu.

Sedangkan eksoskeleton adalah teknologi yang dibuat untuk tujuan kaki buatan yang dipasang dibagian luar tubuh, sehingga membuat manusia bisa berjalan selayaknya memiliki kaki yang sehat. Tentu saja teknologi eksoskeleton ini jauh lebih baik dari kaki buatan tradisional. Dalam bidang elektronik, sudah lama ditemukan kabel yang dapat menyambung kembali ketika terputus.

Hal itu hanya penjelasan yang sangat singkat dan sedikit mengenai perkembangan teknologi yang sudah ada saat ini. Semakin banyak buku dan sumber ilmu pengetahuan teknologi, maka Anda akan semakin banyak mengetahui perkembangan teknologi yang sudah ada di seluruh dunia.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Qunut

Kewajiban untuk Menuntut Ilmu Bagi Umat Islam

doa sebelum belajar

buset-online.com

Al-Quran merupaka firman Allah yang dijadikan pedoman bagi umat Islam untuk menjalani kehidupan sehari-harinya. Allah juga memerintahkan manusia untuk selalu belajar dan perintah ini terdapat di dalam Al-Qur’an. Beberapa ayat yang berkaitan dengan IPTEK dalam Al-Qur’an akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Al-Ghasiyah ayat 17 – 20

doa sebelum belajar

Berdasarkan ayat yang dipaparkan di atas, maka sudah jelas ayat tersebut berhubungan dengan ilmu pengetahuan berupa bidang biologi (anatomi unta), astronomi (benda-benda yang ada di langit seperti planet, matahari, bulan, komet, teori terbentuknya bumi dana lam semesta),  dan juga geografi (teori terbentuknya dan tumbuhnya gunung).

2. Az-Zariyat ayat 49

doa sebelum belajar

Ayat tersebut menjelaskan bahwa setiap yang diciptakan di dunia ini tercipta berpasangan. Ilmu pengetahuan juga mendapati bahwa tidak hanya makluk hidup yang berpasangan bahwa benda mati juga mengandung komponen yang berpasangan. Teori ini juga berkaitan dengan seluruh bidang ilmu pengetahuan yang ada. doa sesudah belajar

Misalkan saja, makhluk hidup untuk dapat berkembang biak membutuhkan sepasang makhluk dengan jenis kelamin yang berbeda dan ini termasuk ke dalam bidang ilmu biologi. Selain itu, dalam bidang lainnya, proton memerlukan elektron untuk membentuk stabilitas dan ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan fisika quantum dan juga kimia.

Itu hanya merupakan beberapa contoh mengenai adanya perintah untuk mempelajari ilmu pengetahuan bagi umat Islam. Sedangkan dalam bidang ilmu pengetahuan lainnya masih terdapat banyak sekali penjelasan lainnya.

Artikel Terkait : Bacaan Doa Bangun Tidur

Dampak Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

doa sebelum belajar

giarara.student.ac.id

Ilmu pengetahuan dapat diibaratkan seperti pisau bermata dua. Manusia akan dapat menggunakannya untuk memotong sayur dan buah atau menggunakannya untuk melukai orang lain. Maka dari itu, Anda juga harus dapat mengarahkan generasi muda untuk dapat menggunakan ilmu untuk tujuan yang baik yaitu kesejahteraan semua umat manusia.

Dampak positif dari teknologi dalam bidang kesehatan yaitu ada alat canggih medis baru yang dapat digunakan untuk membuat orang yang menderita suatu penyakit menjadi sembuh. Dampak negative dari perkembangan teknologi dalam dunia medis yaitu pengembangan obat yang tidak sempurna, berdampak buruk dalam jangka panjang, dan tetap dijual ke masyarakat demi meraup keuntungan

Dampak positif dari perkembangan teknologi rekayasa genetika yaitu membuat ikan yang dapat mengeluarkan cahaya berpendar seperti ubur-ubur dengan menggabungkan bagian tertentu dari rangkaian gen ubur-ubur dengan gen pada ikan. Ikan Glow Fish ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat pencemaran air.

Dampak negatif dari perkembangan teknologi rekayasa genetika yaitu adanya senjata biologis dengan memutasi virus atau bakteri maupun merekayasa gen dari virus atau bakteri yang dapat membunuh masyarakat dalam jumlah banyak sekaligus. doa sesudah belajar

Artikel Terkait : Bacaan Doa Masuk WC

Doa Sebelum Belajar 

doa sebelum belajar

ukhuwahislamiah.com

Setiap kali akan menuntut ilmu, umat Islam dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Berdoa sebelum belajar merupakan suatu bentuk permohonan umat Islam akan dipermudah dalam memahami ilmu pengetahuan yang ada dan menggunakan untuk tujuan kebaikan dengan mengingat ridho Allah SWT. Bunyi dari doa sebelum belajar tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Artinya:

“Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Selain dari do’a yang sudah disebutkan terdapat lagi do’a sebelum belajar yang biasa dibaca untuk diberikan kemudahan dalam memahami ilmu pengetahuan. Do’ sebelum belajar tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia agar dapat memahaminya, dan jadikanlah aku masuk ke dalam golongan orang-orang shaleh.”

Kemudian, do’a sebelum belajar juga ada yang berbeda bunyinya, hanya saja memang inti dari do’a sebelum belajar adalah untuk diberikan kemudahan dalam memahami ilmu yang akan dipelajari dalam bidang masing-masing. Bunyi dari do’a tersebut dapat disimak sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

“Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

 

Doa Sesudah Belajar

 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ
Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”
Keutamaan Orang Berilmu

Menuntut ilmu tidak hanya akan bermanfaat di dunia saja. Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dengan di akhirat. Apa saja keutamaan yang akan diperoleh dari orang yang berilmu dapat dilihat sebagai berikut:

  • Orang berilmu ditinggikan derajatnya, sehingga akan dimudahkan untuk menuju ke surga.
  • Orang berilmu yang menyebarkan ilmunya, maka setelah ia meninggal pahala akan tetap dapat mengalir kepadanya, karena ilmu merupakan amal jariyah.
  • Orang berilmu adalah hamba yang paling takut kepada Allah SWT, karena ia menyadari bahwa semakin belajar akan semakin menyadari bahwa ilmu yang dimilikinya belum cukup baik.
  • Ia juga menyadari bahwa ilmu yang dimilikinya hanya berupa bagian sangat kecil dari ilmu yang diciptakan dan dimiliki oleh Allah SWT.

Demikianlah pembahasan kami pada kesempatan kali ini. Semoga artikel yang berjudul “Doa Sebelum belajar” tentang kumpulan doa belajar, doa belajar anak tk, doa sebelum belajar hadits, doa sebelum belajar agar diberi kemudahan, doa sebelum belajar rodhitubillah, doa sesudah belajar, doa sesudah belajar anak paud, doa sesudah belajar allahumma arinal dan lain-lain tadi bisa bermanfaat. Amin.

Leave a Reply

%d bloggers like this: