Manfaat Daun Serai dalam Kesehatan Tubuh

Manfaat daun serai – Daun serai merupakan salah satu tanaman yang sudah banyak dikenal dan digunakan dikawasan Asia, negara Indonesia salah satunya. Serai memiliki citra rasa dan aroma yang sangat khas sehingga sering digunakan oleh banyak orang sebagai penyedap dalam berbagai macam masakan.

Serai mempunyai aroma khas yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tahukah kamu selain menjadi penyedap makanan daun serai juga memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan?

Serai adalah tumbuhan yang pada dasarnya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Serai mengandung zat anti mikroba, antioksidan, anti-kanker dan anti peradangan. Selain itu, daun serai juga merupakan salah satu sumber terbaik untuk vitamin A, C, zat besi, magnesium, potasium, kalsium, tembaga, dan mangan.

Dikutip dari Wikipedia, daun serai atau sereh ialah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan dan mengharumkan makanan. Minyak serai atau minyak astiri adalah hasil yang diperoleh dari bagian atas tumbuhan tersebut.

Artikel Terkait : Manfaat Daun Salam

Content

Manfaat Daun Serai dalam Kesehatan:

Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat daun serai
pexels.com

Manfaat daun serai yang pertama adalah sebagai pelindung sistem pencernaan pada tubuh. Daun serai memilki kandungan zat anti-mikroba yang berfungsi untuk melawan dan membunuh bakteri jahat dan juga parasit.

Sehingga dapat menjaga kesehatan dan fungsi usus agar tetap dalam kondisi baik. Manfaat daun serai ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya bermacam masalah pencernaan seprti mual, diare, kembung, maag, sembelit dan lain sebagainya. Kandungan antiseptik yang terdapat pada serai bekerja secara efektif dalam membunuh bakteri jahat pada saluran pencernaan, sehingga bakteri baik yang terdapat pada usus besar bisa berfungsi dengan baik.

Melawan Kolestrol Jahat

manfaat daun serai
jagakesehatan.blogspot.com

Daun serai memiliki kandungan zat anti kolestrol yang sangat penting dalam mencegah menumpuknya kolestrol jahat (LDL) yang terdapat pada darah.

Untuk mengatasi masalah kolestrol tinggi, maka kamu dapat mengkonsumsi rebusan daun serai secara rutin. Kandungan yang terdapat pada daun serai berfungsi untuk meminimalisir penyerapan kolestrol jahat di dalam usus.

Serai juga memiliki kandungan anti atesklerosis, yang berfungsi untuk membersihkan dan juga menghambat terbentuknya plak pada pembuluh darah. Manfaat daun serai ini sangat penting dalam menghindari masalah penumpukan lemak kolesterol pada tubuh, sehingga menghindari terjadinya serangan jantung koroner.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

manfaat daun serai
pexels.com

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun serai maka akan dapat membantu menghindari tekanan darah tinggi. Manfaat daun serai ini dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal dan stabil serta membuat sirkulasi darah bisa berjalan dengan lancar.

Daun serai mengandung pottasium yang cukup tinggi, kandungan ini bermanfaat dalam mengatasi dan menormalkan kembali tekanan darah yang tidak stabil pada tubuh.

Daun serai sebagai formula alami untuk mengatasi dan membuat stabil kembali tekanan darah tinggi. Pottasium bermanfaat meningkatkan produksi urin di dalam tubuh, yang pada saatnya dapat merangsang sirkulasi darah dan juga membantu menurunkan tekanan darah ke tahap normal.

Lancarnya sirkulasi darah ini penting untuk membantu memurnikan organ. Daun serai juga bekerja untuk meminimalisir penyerapan kolesterol pada usus, sehingga manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan organ jantung secara menyeluruh.

Baca Juga : Manfaat Daun Bidara

Menurunkan Berat Badan

manfaat daun serai
pexels.com

Kandungan yang terdapat di dalam daun serai mempunyai manfaat untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi rebusan daun serai dapat melancarkan proses BAB, hal ini merupakan sesuatu yang baik untuk menghindari terjadinya obesitas pada tubuh.

Minum teh serai dapat menggantikan sumber kalori lain, sehingga hal ini menunjang kesuksesan usaha kamu dalam penurunan berat badan. Selain untuk pencernaan yang lancar, daun serai juga disebut-sebut dapat membantu menenangkan saraf dan berkemungkinan memiliki khasiat anti-inflamasi.

Saat meminum rebusan daun serai, maka ini hanya memberikan asupan sedikit kalori. Minum secangkir rebusan daun serai polos sebelum makan berkhasiat untuk menurunkan berat badan, dimana nafsu makan kamu akan menurun dan tidak berlebihan.

Mengatasi Penyakit Diabetes

manfaat daun serai
pexels.com

Diabetes adalah sebuah kondisi kurang optimalnya fungsi pankreas pada tubuh, sehingga hal ini memicu masalah diabetes. Manfaat daun serai juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit yang satu ini.

Dengan meminum air rebusan daun serai yang dilakukan secara rutin akan bermanfaat untuk menormalkan kadar gula pada darah di dalam tubuh.

Keberadaan insulin yang terdapat dalam tubuh sangat penting untuk mengantisipasi penyakit diabetes. Produksi insulin ini sangat ditentukan dari kualitas pada organ pankreas (kerja atau fungsinya).

Mengobati Anemia

manfaat daun serai
griyomart.blogspot.com

Penyakit anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah tubuh sering terasa lemas, lesu, mudah lelah, terlihat pucat, kepala sering pusing, mata berkunang-kunang dan segala jenisnya.

Tak hanya daun singkong yang mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, ternyata daun serai juga memiliki kandungan zat besi yang sama tingginya.

Manfaat daun serai yang lain adalah dapat meminimalisir dampak masalah anemia, hal ini disebabkan karena tanaman serai mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi ini penting untuk sintesis hemoglobin.

Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

manfaat daun serai
pexels.com

Manfaat daun serai yang paling penting salah satunya adalah meminimalisir risiko penyakit kanker. Mengkonsumsi rebusan daun serai yang dialakukan secara teratur akan membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker.

Terdapat sebuah penelitian oleh seorang ilmuwan dari Ben Gurion University di Israel bahwa hasil penelitian menunjukkan air rebusan daun serai dapat membantu melawan penyakit kanker. Peneliti tersebut menjelaskan bahwa di dalam serai terdapat kandungan sitral yang bermanfaat untuk melawan sel kanker tanpa merusak sel-sel tubuh yang lain.

Meringankan Gejala Insomnia

manfaat daun serai
partyflock.nl

Kamu sering merasakan kesulitan tidur? Hal ini biasanya disebabkan karena mengkonsumsi alkohol, banyak beban pikiran dan lain-lain.

Dengan mengkonsumsi rebusan dari daun serai dapat meminimalisir gangguan insomnia. Kabarnya kandungan dalam daun serai memberikan efek menenagkan bagi tubuh dan pikiran, sehingga dalam hal ini dapat memperbaiki kualitas tidur. Zat yang terkandung dalam daun serai juga dapat membantu untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga kemudian mendororng  seseorang agar bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Mengoptimalkan Pembuangan Racun dalam Tubuh

manfaat daun serai
pexels.com

Dengan meminum rebusan daun serai (teh serai) maka hal tersebut akan membantu mengoptimalkan proses pembuangan racun yang terdapat pada tubuh. Selain itu akan membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal.

Racun-racun akan diluruhkan dengan ekskresi ginjal melalui proses urinisasi, adapun racun pada organ hati akan dibuang melewati proses keluarnya keringat.

Pentingnya proses pembuangan racun ini, juga untuk membuang sisa metabolisme pada tubuh. Penumpukan sisa metabolisme di dalam tubuh dan juga zat-zat berlebih yang tidak diperlukan oleh tubuh dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan.

mengkonsumsi daun serai membantu membersihkan dan membuang limbah beracun dan berbahaya dari dalam tubuh, hal itu terjadi karena serai memiliki sifat diuretik.Manfaatnya juga dapat membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal, serta dapat membantu mengurangi kadar asam urat berlebih di dalam tubuh.

Melawan Penyakit Malaria

manfaat daun serai
wired.com

Serai merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di daerah yang beriklim tropis dan daerah iklim panas. Jenis tempat ini merupakan jenis tempat dimana penyakit malaria sering menyerang. Nah, salah satu pencegah dari serangan malaria ini adalah daun serai.

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit yang ditularkan nyamuk ke tubuh manusia. Jika dianggap remeh, penyakit ini akan berujung pada kematian.

Dan itulah beberapa manfaat daun serai sebagai salah satu tanaman herbal untuk kesehatan dalam kehidupan. Kali ini ilhamteguh.com cukup sampai disini dalam memberikan informasi. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Sekian!!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: