manfaat daun singkong

13+ Manfaat Daun Singkong | dalam Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun singkong – Daun singkong merupakan daun yang berasal dari tanaman ketela pohon atau banyak dikenal sebagai ubi kayu. Manfaat daun singkong sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sayuran ini telah menjadi nama yang familiar bagi lidah orang-orang Indonesia, terlebih bagi para penduduk di daerah perdesaan.

Tanaman ubi kayu sendiri sangat mudah dan banyak sekali ditemukan disekitar daerah permukiman warga yang tinggal di perkampungan.

Daun singkong adalah salah satu lalapan yang menggoyang lidah. Sebagian orang juga memasaknya dengan santan cair yang dalam bahasa Jawa disebut “jangan godong telo”, ini merupakan salah satu masakan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia.

Rebusan daun singkong ini identik dengan masakan Padang, rasanya yang lezat dan dengan tekstur yang liat dan kenyal menjadikan masakan ini tiada duanya.

Selain bisa menjadi menu masakan yang maknyus dan digemari oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat, daun singkong ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat daun singkong sendiri dapat dijadikan rujukan dengan melihat dari sudut pandang kandungan gizinya. Kandungan gizi dari daun singkong ini cukup bervariasi.

[su_note note_color=”#f77084″ radius=”1″]Kandungan gizi pada daun singkong:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Asam Amino Essensial Protein[/su_note]

Berikut adalah berbagai jenis manfaat yang dihasilkan dari daun singkong dalam kesehatan dan kecantikan pada tubuh.

Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

1. Manfaat Daun Singkong Sebagai Sumber Energi

manfaat daun singkong

pexels.com

Kandungan karbohidrat yang terdapat pada daun singkong mampu menghasilkan energi bagi tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu mengoptimalkan fungsi protein dalam membangun sel-sel tubuh kita.

Apabila tubuh kita kekurangan karbohidrat, maka tubuh akan mengambil protein sebagai sumber energi. Akibatnya, proses pembentukan sel-sel tubuh kita bisa terhambat. Itulah sebabnya, mengkonsumsi daun singkong yang masih muda sangat penting untuk menghasilkan tenaga dari dalam tubuh.

2. Manfaat Daun Singkong dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat daun singkong

pexels.com

Vitamin C sudah lama kita ketahui memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar tubuh tidak mudah sakit, kita membutuhkan asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Dengan mengkonsumsi daun singkong muda ini, kebutuhan vitamin C pada tubuh kita dapat tercukupi serta daya tahan tubuh pun secara otomatis akan membaik.

[su_quote]Artikel Terkait: Manfaat Daun Serai[/su_quote]

3. Manfaat Daun Singkong  Sebagai Sumber Antioksidan

manfaat daun singkong

pixabay.com

Daun singkong adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengantisipasi dan membuang radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Radikal bebas sendiri ialah salah satu penyebab berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, dan dalam masalah kecantikan bisa menyebabkan penuaan dini.

4. Manfaat Daun Singkong untuk Diet

manfaat daun singkong

pexels.com

Daun Singkong memiliki banyak akan kandungan serat, sehingga ini sangat baik untuk dikonsumsi pada saat melakukan program diet.

Pastinya kamu juga telah mengetahui bahwa serat sangat berguna untuk melancarkan proses pencernaan. Berkat adanya bantuan serat, makanan yang telah kita konsumsi tidak akan menumpuk di dalam tubuh, tetapi akan langsung segera diproses menjadi energi kemudian sisanya dibuang.

Tak hanya itu, keberadaan serat ini juga membuat kita merasa kenyang lebih tahan lama sehingga kita tidak akan mudah tertarik untuk ngemil. Kalau sudah begitu, secara tidak langsung tubuh bisa menjadi langsing dan badan akan semakin sehat.

5. Manfaat Daun Singkong dalam Regenerasi Sel Tubuh

manfaat daun singkong

pixabay.com

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi sel-sel tubuh pun akan semakin menurun. Akibat yang ditimbulkan adalah kinerja organ-organ tubuh menjadi tidak sempurna. Untuk itulah kita perlu membutuhkan asupan protein yang cukup dan memadai untuk meregenerasi jaringan pada tubuh yang mulai rusak.

Salah satu protein yang dibutuhkan oleh tubuh ini terdapat pada daun singkong. Dengan mengkonsumsi daun singkong berarti telah membantu membentuk sel dalam tubuh yang baru agar bisa selalu dalam kondisi prima.

[su_quote]Artikel Terkait: Manfaat Daun Salam[/su_quote]

6. Manfaat Daun Singkong untuk Menjaga Kesehatan Mata

manfaat daun singkong

pexels.com

Dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya mata, kita perlu mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A. Senyawa retinol yang terkandung pada vitamin A memiliki fungsi memfokuskan objek yang diterima oleh mata. Sehingga mengena tepat pada retina kemudian diteruskan ke otak.

Vitamin A juga memiliki peran penting dalam perlindungan mata dari radikal bebas yang bisa menyerang retina dan lensa mata. Apabila tubuh kita kekurangan vitamin A maka akan membuat mata kita menjadi mengering, bahakan bisa sampai membengkak.

7. Manfaat Daun Singkong dalam Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat daun singkong

pixabay.com

Kandungan kalsium dan juga fosfor yang terdapat pada daun singkong memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan mineral yang berupa kalsium dan fosfor berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tulang agar selalu padat sehingga tidak rawan rapuh (osteoporosis). Untuk usia anak-anak, zat yang terkandung pada daun singkong sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang.

8. Manfaat Daun Singkong Sebagai Peningkat Sel Darah Merah

manfaat daun singkong

pixabay.com

Jika kamu sedang menderita penyakit anemia, perbanyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran yang berwarna hijau. Tak terkecuali dengan mengkonsumsi daun singkong. Ternyata zat berwarna hijau pada daun singkong banyak mengandung zat besi yang berguna untuk membentuk hemoglobin.

Pada sisi lain, hemoglobin memiliki peranan penting dalam tubuh kita yaitu membawa oksigen keseluruh tubuh.

Apabila tubuh mengalami kekurangan hemoglobin maka jumlah sel darah merah akan menurun sehingga kita terkena penyakit anemia. Jika sudah demikian, tubuh akan terasa lemas, konsentarasi menjadi hilang kemudia aktivitas harian kita akan terganggu.

9. Manfaat Daun Singkong dalam Mengatasi Sakit Kepala

manfaat daun singkong

pexels.com

Pada saat tubuh terserang penyakit anemia, seseorang akan merasakan gejala pusing. Kepala menjadi sering terasa sakit dikarenakan darah di dalam otak kekurangan oksigen yang seharusnya dibawa melalui hemoglobin.

Untuk itulah, dengan mengkonsumsi daun singkong dalam jumlah yang cukup mampu mangatasi sakit kepala diakibatkan oleh anemia.

Ternyata tidak hanya sebatas untuk dikonsumsi, daun singkong bisa dimanfaatkan sebagai pangobatan luar untuk mengatasi sakit kepala. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun singkong sampai halus merata lalu kompreskanlah pada dahi. Cara tersebut oleh kebanyakan orang disebut ampuh dalam penyembuhan sakit kepala.

[su_quote]Artikel Terkait: Manfaat Daun Bidara[/su_quote]

Manfaat Daun Singkong untuk Kecantikan

1. Menghaluskan Kulit

manfaat daun singkong

pexels.com

Memiliki kulit yang halus dan lembut merupakan dambaan setiap orang, khususnya wanita. Mereka rela untuk melakukan perawatan yang mahal sekalipun menggunakan aneka krim. Konsultasi ke dokter kecantikan tidak hanya sekali dua kali, namun sampai bertahun-tahun.

Tentu ini merupakan rutinitas yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu cobalah memilih alternatif menghaluskan kulit dengan daun singkong.

2. Mencerahkan Wajah

manfaat daun singkong

orang ganteng

Selain menghaluskan kulit, ternyata manfaat daun singkong juga bisa mencerahkan. Artinya daun singkong memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi hitam, kusam, kering, berkerut dan menua. Ketika kulit wajah dalam keadaan yang cerah tentunya ini akan meningkatkan rasa percaya diri.

3. Melembabkan Kulit

manfaat daun singkong

pixabay.com

Kulit lembab merupakan hal yang perlu diupayakan. Akan tetapi lembab disini bukan karena minyak, melainkan karena adanya keseimbangan kadar cairan pada kulit. Kulit lembab ini akan membuat kesan kenyal pada saat kulit dipegang. Selain itu juga ampuh untuk mengantisipasi komedo dan penumpukkan minyak di bawah lapisan kulit.

4. Meluruhkan Lemak

manfaat daun singkong

pixabay.com

Manfaat daun singkong merupakan hal ampuh sebagai peluruh lemak. Dalam artian ini bisa mencegah obesitas dan sanagt menjadi rekomendasi untuk diet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya untuk tidak mencampur daun singkong yang akan dikonsumsi dengan minyak. Jadi kalau bisa cukup dengan merebus saja.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

manfaat daun singkong

pixabay.com

Kandungan vitamin C pada daun singkong sangat ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Di mana bibir pecah ini merupakan hal yang sangat menganggu penampilan karena akan membuat wajah kurang indah dan pucat ketika dipandang.

[su_note note_color=”#f77084″ radius=”1″]Dikutip dari berbagai sumber, ternyata kandungan gizi pada daun singkong itu sangat melimpah. Di dalam 100 gram daun singkong, akan ditemukan bermacam komposisi nutrisi seperti berikut:

  • Kalori               : 73 kkal
  • Protein             : 7 gram
  • Karbohidrat      : 15 gram
  • Zat besi             : 3 miligram
  • Lemak               : 1 gram
  • Kalsium             : 170 miligram
  • Fosfor               : 50 miligram
  • Vitamin A         : 10.000 IU
  • Vitamin B1       : 0,2 gram
  • Vitamin C         : 200 miligram[/su_note]

Demikianlah pembahasan kami terkait manfaat dari daun singkong, semoga dapat bermanfaat.

Hasil pencarian :

Manfaat daun singkong untuk kecantikan, 4 manfaat daun singkong, manfaat daun singkong untuk jantung, manfaat daun singkong untuk diet, manfaat daun singkong untuk ibu hamil, manfaat daun singkong karet, manfaat daun singkong arab, bahaya daun singkong.

Leave a Reply

%d bloggers like this: