pegertian biografi

√ Pengertian Biografi | Struktur Karateristik & Contoh Biografi (Terlengkap)

Pengertian Biografi – Biografi umumnya mengacu kepada riwayat hidup seseorang. Perjalanan hidup dari segi karir maupun sisi pribadi bisa ditemukan melalui biografi. Pengertian biografi dan pembahasan seputarnya akan dikupas di artikel ini.

Biografi berasal dari kata bahasa Yunani, yaitu ‘bios’ yang berarti hidup dan ‘graphien’ artinya tulisan. Pengertian biografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang kehidupan seseorang.

Biografi pada umumnya digunakan untuk mengenali profil seseorang, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, sampai dengan riwayat hidup.

Pengertian Biografi Secara Rinci

pegertian biografi

Kata biografi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring memiliki arti riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi merupakan tulisan mengenai riwayat atau kisah hidup seseorang.

Biografi berasal dari kata bahasa Yunani, yaitu ‘bios’ yang berarti hidup dan ‘graphien’ artinya tulisan. Pengertian biografi dapat diartikan sebagai tulisan tentang kehidupan seseorang.

Menuliskan tentang kehidupan seseorang tidak bisa diwujudkan hanya melalui nama, tempat lahir, tanggal lahir, riwayat pendidikan, maupun riwayat pekerjaan. Diperlukan pembahasan yang menyeluruh agar sebuah tulisan dikatakan sebagai biografi.

Beberapa biografi membahas kehidupan seseorang mulai dari masa kecil, masa remaja, masa dewasa, hingga setelah meninggal. Ada juga biografi yang membahas latar belakang tokoh serta sisi lainnya sebelum ia terkenal di kalangan masyarakat.

Pada umumnya, orang-orang yang dibuatkan biografi adalah tokoh terkenal seperti pahlawan, tokoh berpengaruh di kancah nasional atau internasional, hingga selebriti tenar.

Kehidupan orang-orang yang terkenal dan memiliki pengaruh bagi orang banyak seringkali menarik minat masyarakat untuk mengetahui hal-hal mengenai tokoh tersebut.

Penulisan biografi bisa dalam bentuk artikel singkat maupun menjadi sebuah buku. Biografi berupa artikel pada umumnya mengupas kehidupan seseorang secara ringkas dari sudut pandang tertentu.

Karena cenderung ringkas, biografi artikel dapat dimuat di media massa seperti koran, majalah, hingga website.

Berbeda dengan artikel, biografi dalam bentuk buku cenderung membahas mengenai kehidupan seroang tokoh secara menyeluruh dan detail. Tulisan dalam bentuk buku biasanya lebih humanis karena menyangkut fakta hidup, latar belakang keluarga, gaya hidup, serta aspek keseharian lain.

Artikel Terkait : Pengertian Ekonomi

Karakteristik Biografi

pegertian biografi

Berbeda dengan jenis tulisan lain, biografi memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya dikenali sebagai tulisan tentang kehidupan. Beberapa karakteristik tulisan biografi antara lain:

Struktur yang baku

Tulisan biografi memiliki struktur baku dalam hal penyusunannya. Setiap biografi harus diawali dengan orientasi, kemudian peristiwa, terakhir reorientasi.

Isi sesuai fakta

Isi dari biografi dibuat sesuai fakta yang dialami oleh sang tokoh. Tulisan harus mampu menuliskan kisah hidup sesuai apa yang disampaikan oleh narasumber biografi.

Gaya penulisan narasi

Narasi adalah pengembangan paragraf yang rangkaian peristiwanya dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal-tengah-akhir. Tulisan dengan bentuk narasi lebih mudah menyentuh sisi humanisme sehingga mampu memikat pembaca.

Selipan kisah menarik

Ada kalanya narasumber atau tokoh memiliki satu masa atau peristiwa menarik yang unik ditengah-tengah kehidupannya. Potongan kisah menarik semacam ini amat mudah mempengaruhi pembaca, sehingga masyarakat tertarik menikmati tulisan biografinya.

Dapat mengandung motivasi

Perjalanan hidup tokoh dalam biografi dapat dipenuhi dengan pesan-pesan positif yang sangat memotivasi. Pembaca yang tertarik dengan motivasi tersebut dapat mencontoh dan meneladani prinsip hidup hingga tingkah laku sang tokoh.

Artikel Terkait : Pengertian Sosiologi

Struktur Biografi

pengertian biografi

Salah satu karakteristik biografi yang disebutkan yaitu memiliki struktur yang baku. Tiga struktur biografi adalah orientasi, reorientasi dan peristiwa.

  • Orientasi: bagian awal dari biografi yang memuat pengenalan tokoh dalam biografi. Orientasi juga bisa memuat gambaran awal sang tokoh.
  • Peristiwa: urutan peristiwa dan masalah yang dihadapi tokoh. Bagian peristiwa umumnya memberikan rentetan peristiwa yang menjadi sorotan hingga permasalahan-permasalahan yang mengelilinginya.
  • Reorientasi: bagian akhir biografi yang memuat simpulan dan dan paradigma dari penulis tentang tokoh di dalam biografi.

Artikel Terkait : Pengertian Komputer

Contoh Biografi Singkat

pengertian biografi

Buku yang memuat biografi para tokoh tentunya sangat menarik untuk dibaca. Baik tokoh agama, tokoh bangsa, maupun tokoh dunia selalu memiliki kisah menarik dan bermuatan pelajarah yang bisa diambil sebagai contoh.

beberapa contoh biografi yang begitu laris dipasaran ialah biografi presiden Soekarno, biografi RA Kartini, biografi Jenderal Soedirman, dan lain-lain.

Contoh biografi mencakup elebihan, kekurangan, sampai masalah yang ditulis seseorang sehingga tokoh yang diceritakan bisa menjadi teladanbagi banyak orang.

Contoh Biografi Diri Sendiri

Contoh Biografi Diri Sendiri :

Nama saya Muhammad Sidqi Aminullah kerap dipanggil Amin. Saya lahir di Madura 12 Mei 1998. Beragama Islam sejak kecil dan saya seorang yang berjenis kelamin laki-laki.

Ayah saya seorang PNS dan ibu saya sebagai sosok yang mengurus urusan dalam rumah tangga.

Merupakan anak ke-6 dari 7 bersaudara. Kelima kakak saya sudah menikah dan adik saya masih balita. Saya mulai masuk Sekolah Dasar pada usia 6 tahun di SDN 55 Madura.

Setelah lulus SD, saya melanjutkan sekolah si MTs Negeri Mamba’ul Ulum madura. Lalu saya masuk di SMA Negeri 1 Madura hingga menyelsesaikan pendidikan bangku SMA disana.

Contoh Biografi Tokoh Pahlawan

Contoh Biografi Tokoh Pahlawan :

Bung tomo merupakan salah satu tokoh pahlawan kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Surabaya. Beliau memiliki jasa besar dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah yang ingin merebut kembali kemerdekaan dari tangan rakyat Indonesia.

Bung Tomo berhasil menyulut api semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajah yang hendak kembali menjajah yang kemudian kita kenal sebagai pertempuran 10 November 1945 yang akhirnya diperingati sebagai hari pahlawan.

Lahir pada tanggal 3 Oktober 1920 di kota Surabaya. Memiliki nama asli Bung Tomo ialah Sutomo akan tetapi lebih dikenal dengan sebuatan Bung Tomo.

Jenis-Jenis Biografi

pengertian biografi

Banyaknya gaya penulisan biografi memunculkan beragam jenis biografi yang digolongan ke dalam empat klasifikasi. Empat penggolongan biografi adalah sebagai berikut.

1. Jenis Biografi Berdasarkan Posisi Penulis

Posisi penulis yang dimaksud dalam hal ini adalah orang yang menulis biografi tersebut. Berdasarkan penulisnya, terdapat kategori autobiografi dan kategori biografi

  • Autobiografi

Autobiografi adalah jenis biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh yang bersangkutan. Misalkan, Pak Tarno menulis sebuah buku biografi yang bercerita tentang dirinya sendiri. Buku karangan Pak Tarno disebut dengan autobiografi.

  • Biografi

Tulisan atau buku yang disebut biografi merupakan hasil tulisan seseorang tentang perjalanan hidup orang lain. Dengan demikian, terdapat seorang penulis yang menuangkan kisah orang lain, sehingga menjadi sebuah biografi.

Berdasarkan izin penulisannya, biografi dibagi menjadi dua jenis yaitu authorized dan unauthorized. Perbedaan antara biografi yang authorized dan unauthorized adalah:

  • Authorized biography: penulisan biografi jenis ini diketahui dan diizinkan oleh tokoh yang diceritakan di dalamnya
  • Unauthorized biography: penulisan biografi jenis ini dilakukan tanpa seijin dan (mungkin) sepengetahuan tokoh yang diceritakan di dalamnya. Hal ini bisa terjadi ketika tokoh yang diceritakan telah meninggal.

2. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya

Isi yang dibahas dalam biografi bisa berbeda-beda, tergantung sudut pandang yang ingin ditonjolkan untuk para pembaca. Berdasarkan isinya, biografi dibedakan menjadi biografi perjalanan hidup dan biografi karir.

  • Biografi perjalanan hidup

Dalam biografi perjalanan hidup, hal-hal yang dibahas meliputi perjalanan hidup seseorang dari satu fase (biasanya dari masa kecil) hingga titik tertentu dimana tokoh ini dikenal oleh masyarakat. Apabila tokohnya sudah meninggal, biografi perjalanan hidup juga memuat bagaimana sang tokoh meninggal serta dimakamkan.

  • Biografi karir

Sedikit berbeda dengan perjalanan hidup, biografi karir lebih fokus terhadap perjalanan karir seseorang. Isi dari biografi karir biasanya dimulai dari fase awal karir, hingga fase puncak karir dari seorang tokoh.

Biografi karir juga dapat berisi hanya sebagian perjalanan karir, sebelum tokoh tersebut dikenal masyarakat dalam karirnya. Biografi karir lebih banyak berisi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja karena umumnya menonjolkan perjuangan seorang tokoh untuk meraih puncak karir.

3. Jenis Biografi Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

Selain sudut pandang kehidupan tokoh, penulisan biografi juga dapat menggunakan sudut pandang tertentu untuk menyampaikan cerita. Berdasarkan persoalan yang dibahas, biografi dapat dibedakan menjadi biografi politik, biografi intelektual, serta biografi jurnalistik atau sastra.

  • Biografi politik

Penulisan biografi politik cenderung menggunakan sudut pandang politik saat menceritakan sang tokoh. Tokoh dalam biografi politik umumnya pernah atau masih terlibat dalam perpolitikan sehingga digunakan sudut pandang politik untuk menceritakanya. Biografi politik memerlukan riset untuk mendukung fakta politik yang ditulis di dalamnya.

  • Biografi intelektual

Biografi intelektual merupakan jenis tulisan tentang kehidupan seorang tokoh dari sudut pandang keilmuan atau keilmiahan. Tokoh yang ditulis dalam biografi intelektual umumnya bersinggungan dengan dunia akademis atau ahli dalam ilmu tertentu.

  • Biografi jurnalistik atau sastra

Biografi jenis jurnalistik dianggap paling ringan diantara jenis ini. Biografi jurnalistik disusun dari serangkaian hasil wawancara dengan tokoh, yang mana berpedoman pada kaidah jurnalistik.

4. Jenis Biografi Berdasarkan Biaya Penerbitannya

Berdasarkan penerbitannya, biografi dalam bentuk buku dibedakan menjadi dua yaitu buku sendiri dan buku subsidi. Perbedaan diantara keduanya adalah:

  • Buku sendiri

Proses penulisan, penerbitan, hingga pemasaran buku biografi jenis ini dilaksanakan dengan biaya yang ditanggung penerbit. Buku biografi seperti ini biasanya memuat kisah hidup tokoh terkenal yang diperkirakan akan laku di pasaran.

  • Buku subsidi

Sesuai dengan namanya, pembiayaan buku biorgrafi jenis ini dibantu atau ditanggung oleh sponsor. Buku biografi subsidi biasanya tidak laku dari segi komersial, atau harganya terlalu tinggi sehingga kurang terjangkau.

Hasil pencarian :

Pengertian biografi dan contohnya, pengertian biografi menurut para ahli, pengertian biografi dan autobiografi, tujuan biografi, jenis jenis biografi, contoh biografi, contoh biografi tokoh.

Leave a Reply

%d bloggers like this: