pengertian komputer

√ Pengertian Komputer | Sejarah Jenis & Fungsi Komputer (Terlengkap)

Pengertian Komputer – Komputer sebagai salah satu perangkat elektronik untuk membantu manusia telah mengalami perkembangan pesat dari pertengahan abad ke-20 hinga sekarang. Artikel ini mengupas mengenai sejarah perkembangan komputer beserta pengertian komputer dan fungsinya.

Secara etimologi, kata komputer berasal dari istilah ‘computare’ yang artinya menghitung. Hal ini ada kaitannya dengan komputer saat pertama ditemukan yang memang digunakan sebagai alat bantu hitung.

Pada zaman yang serba berteknologi seperti saat ini, sangat kecil kemungkinan untuk kita berpaling dari komputer atau laptop sebagai penunjang aktivitas kita. Baik digunakan sebagai penunjang belajar pada ranah pelajar maupun bekerja bagi para pekerja.

Pengertian Komputer Secara Rinci

pengertian komputer

Secara etimologi, kata komputer berasal dari istilah ‘computare’ yang artinya menghitung. Hal ini ada kaitannya dengan komputer saat pertama ditemukan yang memang digunakan sebagai alat bantu hitung.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring memuat pengertian komputer sebagai sebuah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat sesuai instruksi. Komputer adalah satu alat pengolah data yang juga dapat menjalankan sistem multimedia seperti memutar lagu dan video.

Komputer mimiliki tiga elemen utama agar dapat beroperasi. Ketiga elemen tersebut adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (brainware) dan pengguna (brainware).

Perangkat keras atau hardware merupakan semua fisik komputer. Dengan kata lain, perangkat keras adalah seluruh bagian komputer yang bisa diraba secara fisik. Contoh perangkat keras antara lain CPU, monitor, RAM dan motherboard.

Perangkat lunak atau software adalah istilah untuk data yang diformat dan disimpan dalam bentuk digital. Dengan kata lain, perangkat lunak adalah bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Contoh perangkat lunak adalah sistem operasi, program, serta berkas digital.

Elemen ketiga adalah pengguna atau brainware, yaitu orang yang mengoperasikan perangkat komputer. Pengguna dapat disebut sebagai perangkat intelektual yang memanfaatkan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Satu unit perangkat keras komputer terdiri dari tiga komponen utama. Tiga komponen utama komputer adalah komponen input, komponen proses, serta komponen output.

Komponen input merupakan perangkat keras yang menerima perintah dari pengguna. Keyboard, mouse, trackpad, pen, scanner, hingga microphone termasuk komponen input komputer.

Komponen proses merupakan bagian ‘otak’ komputer yang bertugas untuk memproses perintah. Contoh komponen proses komputer antara lain processor, RAM dan motherboard.

Komponen output adalah perangkat keras yang bertugas menampilkan informasi atau hasil perintah yang telah diproses komputer. Contoh perangkat yang termasuk komponen output adalah printer, monitor dan speaker.

Artikel Terkait : Pengertian Ekonomi

Fungsi Komputer

pengertian komputer

Pada dasarnya, terdapat empat fungsi utama sebuah komputer. Keempat fungsi tersebut yaitu sebagai alat bantu pengolahan data, penyimpanan data, pemindahan data, serta kendali.

Pengolahan Data

Fungsi komputer sebagai alat bantu pengolah data dilakukan melalui perangkat lunak pengolah data. Tujuan dari pengolahan data adalah mencari dan menyediakan informasi dari data tersebut.

Komputer dapat mengolah data berjenis dokumen, angka, grafik, surat, dan lain-lain. Terdapat berbagai perangkat lunak yang membantu proses pengolahan data seperti Microsoft Word, Excel, Outlook, dan sebagainya.

Penyimpanan Data

Komputer adalah media yang dapat membantu proses penyimpanan dan pengamanan data. Hasil data yang belum maupun sudah diolah dapat diamankan dalam media penyimpanan komputer, serta diatur agar dapat diakses hanya oleh orang tertentu.

Pemindahan Data

Komputer dapat melakukan proses pemindahan data, yaitu pengiriman dan penerimaan data dari satu komputer ke komputer lain. Adanya proses pemindahan data dapat membantu pengguna dalam mengolah data.

Kendali

Maksud dari fungsi kendali yaitu komputer akan bekerja ketika pengguna memberikan perintah. Komputer akan melakukan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan.

Artikel Terkait : Pengertian Biografi

Jenis – Jenis Komputer

pengertian komputer

Bedasarkan bentuk dan ukurannya, jenis komputer bisa dibedakan menjadi 7. Berikut jenis-jenis komputer :

1. Komputer Portabel

Merupakan jenis komputer yang mudah dibawa kemanapun, yang mana penggunaannya untuk keperluan penelitian di lapangan dan berpidah-pindah. Jenis komputer ini kurang terkenal karen cenderung lebih berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

2. Komputer Dekstop

Sama persis dengan namanya, jenis ini merupakan komputer yang ada di atas meja. Komputer ini memiliki CPU yang terpisah dari keyboard dan monitornya.

3. Komputer Palmtop

Merupakan komputer yang memiliki bentuk kecil dan bisa digenggam. Komputer ini hampir tidak pernah digunakan sejak ditemukannya smartphone.

4. Komputer Tower

Merupakan komputer yang bentuknya lebih besar dibanding komputer dekstop, umumnya diletakkan di atas atau di samping meja. Komputer ini bisa ditambahkan perangkat pendukung karena memiliki expansionslot.

5. Komputer Notebook

Jenis ini merupakan komputer dengan ukurang yang lebih tipis. Pada umumnya banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang membutuhkan perangkat komputer yang ringan dan ringkas.

6. handbook (Sub-notebook)

Merupakan jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umumnya. Biasanya handbook memiliki prosesor dengan spesifikasi lebih rendah dari notebook.

7. Komputer Laptop

Ini merupakan jenis komputer yang bisa diletakkan diapangkuan usernya. Laptop memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu dan mudah dibawa kemana-mana.

Artikel Terkait : Pengertian Sedekah

Sejarah Komputer

pengertian komputer

Perangkat komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babage, berupa mesin penghitung yang diberi nama Difference Engine No. 1. Melalui penemuannya ini, Babage dianggap sebagai bapak komputer yang besar pengaruhnya dalam perkembangan teknologi.

Setelah mesin hitung temuan Babage, komputer mengalami berbagai perkembangan dan inovasi. Bentuk dan fungsinya pun berusaha disempurnakan.

Terdapat lima generasi komputer dari perkembangannya yang pertama hingga komputer zaman sekarang yang canggih. Perkembangan di masing-masing generasi dijelaskan sebagai berikut.

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Ciri utama komputer pada masa generasi pertama adalah ukurannya yang sangat besar dan berat, membutuhkan ruangan yang luas, konsumsi listrik besar, daya simpan kecil namun pemrosesannya tidak cepat, serta hanya bisa dibuat dengan bahasa mesin. Kesan berat dan besar memang wajar untuk generasi pertama.

Komputer generasi pertama diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dikerjakan pada 1943 dan selesai tahun 1946. Proyek ENIAC dikerjakan di Amerika Serikat.

ENIAC yang pada masa itu merupakan generasi pertama komputer memiliki ukuran sangat besar. Ditempatkan di ruangan sebesar 500 meter persegi, memiliki berat mesin lebih dari 30 ton, membutuhkan daya listrik sangat besar hingga 140 kilowatt, begitulah karakteristik ENIAC sebagai peralatan canggih dimasanya.

Setelah ENIAC, muncul komputer selanjutnya yaitu EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) pada tahun 1945. Komputer ini merupakan cikal bakal munculnya CPU (Central Processing Unit) dalam komputer, sebagai unit tunggal untuk seluruh pemrosesan.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Setelah penemuan CPU di generasi pertama, pemrosesan komputer menjadi lebih mudah karena dapat disatukan dalam satu unit tunggal. Tonggak penting komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan transistor, alat canggih yang memaksimalkan kerja komputer namun berukuran sangat kecil.

Ciri utama komputer masa 1959 sampai dengan 1964 ini yaitu sudah mulai menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN. Ciri lain yaitu ukuran fisiknya sudah mengecil, proses lebih cepat dan konsumsi listrik lebih kecil, kemampuan operasi real-time dan real-sharing, serta orientasi pada aplikasi teknik.

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Perkembangan komputer generasi ketiga merupakan langkah maju paling pesat diantara seluruh generasi komputer. Penemuan utama komputer generasi ketiga adalah adanya Integrated Circuit atau IC.

Penemuan IC merupakan solusi dari transistor yang cepat panas saat digunakan. Ilmuwan bernama Jack Billy melakukan penelitian tersebut hingga terciptalah IC.

Selain adanya IC, ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain ukurannya mengecil, kinerjanya lebih cepat, ada peningkatan dari sisi perangkat lunak, serta media penyimpanan lebih besar. Komputer generasi ketiga juga telah memiliki kemampuan multi-processing dan multi-tasking, serta berkomunikasi dengan komputer lain.

Komputer Generasi Keempat (1970 – 2000)

Komputer yang diciptakan pada generasi keempat mulai menggunakan Large Scale Integration, yaitu ribuan IC yang dipadatkan menjadi satu keping IC. Istilah yang lebih dikenal masyarakat adalah chip. Satu chip sejatinya adalah lempengan yang memuat rangkaian terpadu ribuan IC.

Bentuk komputer pada masa ini juga sudah mulai seperti komputer personal masa kini. Generasi keempat adalah masa dimana penjualan komputer mulai dipasarkan ke perseorangan, karena bentuknya yang sudah tidak sebesar ruangan seperti generasi sebelumnya.

Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Komputer super cepat dengan ukuran kecil. Itulah representasi komputer di zaman sekarang. Kemunculan tablet, phablet hingga smartphone membuat komputer terus mengalami perkembangan dalam hal pengecilan bentuk dan kecepatan pemrosesan data.

Setelah tahun 2000-an perusahaan pembuat processor seperti Intel mengembangkan banyak seri micro-processor. Dari model Pentium hingga yang terbaru Intel Core i9, processor tersebut selalu memberikan pembaruan dan membuat kinerja komputer makin cepat.

Hasil pencarian :

Pengertian komputer secara lengkap, pengertian komputer secara umum, pengertian komputer menurut para ahli, pengertian komputer dan fungsinya, fungsi komputer, pengertian komputer dan komponennya, pengertian komponen komputer.

Leave a Reply

%d bloggers like this: