bola kaki

√ Pengertian Sepak Bola | Sejarah Teknik & Peraturan (Terlengkap)

Pengertian Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satu olahraga yang digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Markas klub sepak bola tersebar dari Pulau Sumatera hingga ke Papua.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring memuat pengertian sepak bola sebagai permainan beregu di lapangan menggunakan sebuah bola sepak yang kemenangannya ditentukan berdasarkan selisih skor. Masing-masing regu yang bertanding terdiri atas sebelas anggota, karena itu tim sepak bola disebut kesebelasan.

Artikel ini mengupas pembahasan mengenai pengertian sepak bola, sejarahnya di dunia dan Indonesia, sarana permainan, sistem permainan, hingga beberapa kompetisi sepak bola yang terkenal.

Pengertian Sepak Bola

sepak bola

Sepak bola termasuk olahraga yang dimainkan secara berkelompok. Terdapat dua tim yang saling berebut untuk mencetak gol, dikenal dengan istilah kesebelasan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring memuat pengertian sepak bola sebagai permainan beregu di lapangan menggunakan sebuah bola sepak yang kemenangannya ditentukan berdasarkan selisih skor. Masing-masing regu yang bertanding terdiri atas sebelas anggota, karena itu tim sepak bola disebut kesebelasan.

Dalam bahasa Inggris, permainan sepak bola memiliki dua penyebutan yaitu ‘football’ dan ‘soccer’.

Kata ‘football’ lazim digunakan oleh warga benua Eropa dan di dunia secara keseluruhan, untuk mereferensikan permainan sepak bola.

Sedangkan kata ‘soccer’ biasanya diucapkan untuk mengistilahkan olahraga sepak bola di daerah benua Amerika. Masyarakat di Australia juga umumnya menyebutkan kata ‘soccer’ untuk sepak bola, dibandingkan dengan ‘football’.

Sepak bola telah dimainkan lebih dari 250 juta orang di 200 negara hingga abad ke-21. Hal ini menjadikan sepak bola sebagai olahraga paling populer di dunia.

Artikel Terkait : Pengertian Bola Basket

Sejarah Sepak Bola di Dunia

sejarah sepak bola

Sebelum bernama sepak bola, pada zaman dahulu permainan ini disebut dengan istilah ‘menendang bola’. Permainan menendang bola diperkirakan muncul sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi pada zaman pemerintahan Dinasti Han di Tiongkok.

Masyarakat di masa itu bermain dengan cara menggiring bola kulit dan menendangnya ke gawang kecil.

Selain di Tiongkok, permainan serupa juga dilakukan di Jepang yang diberi nama Kemari. Permainan sepak bola juga telah dikenal di Eropa, Italia, dan digemari mulai abad ke-16.

Permainan sepak bola lambat laun mulai tersebar dan dimainkan masyarakat di berbagai belahan dunia. Sepak bola modern berkembang di Inggris dengan menetapkan beberapa aturan dasar, sehingga dimainkan secara resmi dan digemari masyarakat.

Walaupun digemari masyarakat, sepak bola sempat dilarang di Inggris saat pemerintahan Raja Edward III pada tahun 1365.

Pelarangan ini dikarenakan efek permainan sepak bola yang banyak menimbulkan kekerasan selama pertandingan. Larangan tersebut juga didukung Raja James I dari Skotlandia.

Selama tahun 1800-an, olahraga sepak bola disebarkan di berbagai penjuru dunia oleh para pelaut, pedagang, serta tentara Inggris. Mereka berlayar ke berbagai tempat, kemudian memperkenalkan sepak bola di tempat yang disinggahi atau tempat tinggal baru mereka.

Sebuah perkembangan besar di tahun 1815 menyebabkan sepak bola menjadi kian terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Sepak bola modern lahir di tahun 1863 di Freemasons Tavern ketika 11 sekolah dan klub berkumpul demi membahas aturan baku untuk permainan sepak bola.

Memasuki tahun 1900-an, berbagai kompetisi sepak bola digelar di berbagai negara. Tahun 1904, dibentuk organisasi induk sepak bola pertama di dunia yang dinamakan FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Hingga saat ini, FIFA masih berdiri dan menjadi induk organisasi sepak bola internasional.

Artikel Terkait : Pengertian Renang

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sepak bola diperkenalkan di Indonesia pada masa pemerintahan Hindia Belanda, yaitu tahun 1914. Orang-orang Belanda membawa dan memainkan permainan sepak bola di Indonesia, sehingga mulai dikenal masyarakat luas.

Pada masa itu, terdapat kompetisi sepak bola antar klub di Pulau Jawa. Pertandingan tersebut didominasi oleh dua tim, yaitu Batavia City dan Soerabaja City.

Sepak bola modern di Indonesia mulai muncul saat terbentuknya organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. Orang yang ditunjuk sebagai Ketua PSSI saat itu adalah Soeratin Sosrosoegondo. Organisasi PSSI menjadi induk olahraga sepak bola di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak PSSI muncul menjadi organisasi induk sepak bola, beragam kompetisi mulai digelar di wilayah Indonesia. Kompetisi I Perserikatan adalah liga sepak bola pertama di Indonesia yang digelar sejak PSSI terbentuk.

Teknik Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, masing-masing pemain harus memahami juga mampu melakukan beberapa teknik dasar sepak bola. Mengacu pada pengertian sepak bola yang telah dibahas sebelumnya, berikut merupakan teknik sepak bola :

1. Teknik Menendang Bola

Teknik menendang bola ialah faktor yang paling utama dalam permainan sepak bola. Adapun teknik ini meliputi :

  • Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian punggung
  • Menendang bola menggunakan kaki bagian luar

2. Teknik Menghentikan Bola

Teknik ini bertujuan untuk menghentikan laju bola atau menahannya. Berikut merupakan beberapa teknik menghentikan bola :

  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak
  • Menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha
  • Menghentikan bola menggunakan dada atau perut
  • Menghentikan bola menggunakan kepala

3. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola merupakan upaya membawa dan mendorong bola ke arah yang telah ditentukan sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan dalam penguasaan pemain. Berikut teknik yang bisa dipakai dalam menggiring bola diantaranya :

  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian luar
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam
  • Menggiring bola menggunakan kaki bagian punggung
  • Menggiring bola menggunakan kedua kaki secara bergantian

4. Teknik Menyundul Bola

Yang terakhir ialah teknik menyundul bola. Merupakan gerakan mendorong bola dengan menggunakan kepala yang dilakukan saat posisi bola berada di atas udara. Tujuannya ialah untuk mendorong bola ke arah yang ditentukan oleh pemain.

Artikel Terkait : Pengertian Akuntansi

Sarana Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola menggunakan tiga buah sarana yaitu bola, lapangan dan gawang. Sepak bola merupakan permainan luar ruangan sehingga membutuhkan lapangan rumput hijau luar ruangan yang cukup luas. Standar spesifikasi sarana permainan sepak bola adalah:

Bola: ukuran standar internasional yang ditetapkan FIFA yaitu memiliki keliling minimal 68 cm dan maksimal 71 cm. Atau, pengukuran dapat dilakukan berdasarkan diameter lingkaran  bola yakni berada pada kisaran 21-22,5 cm. Berat bola yang ditentukan FIFA berada di antara 41-450 gram.

Lapangan: untuk pertandingan internasional dewasa, panjang lapangan adalah 100-200 meter dengan lebar 65-75 meter.

Gawang: bagian tengah kedua ujung lapangan diisi sebuah gawang berupa persegi empat dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Terdapat area pinalti yang berjarak 16,5 meter dari depan gawang.

Peraturan Sepak Bola

Permainan sepak bola berlangsung selama 2×45 menit yang ditambah dengan istirahat 15 menit diantara kedua babak pertandingan.

Terdapat opsi tambahan 2×15 menit apabila masing-masing tim memperoleh skor sama. Apabila skor setiap tim masih seimbang, diadakan adu penalti untuk mencari pemenang.

Salah satu ciri khas sepak bola adalah kartu-kartu berwarna untuk pemain yang melakukan pelanggaran. Terdapat dua jenis kartu pelanggaran, yaitu kartu kuning dan kartu merah.

Saat memberikan kartu pelanggaran, wasit akan menghentikan permainan sebentar, kemudian menunjukkan kartu pada pemain yang melanggar dan dicatat dalam buku.

Kartu kuning adalah tanda pelanggaran tidak sportif yang dilakukan pemain seperti, terus menerus melakukan pelanggaran, berselisih kata atau tindakan, menunda memulai pertandingan, keluar masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, dan sebagainya.

Pemain yang telah menerima dua kartu kuning akan diberikan kartu merah jika melanggar lagi.

Pemain yang mendapat kartu merah otomatis meninggalkan permainan, tanpa boleh diganti oleh pemain lain. Contoh pelanggaran berat yang mendapat kartu merah salah satunya adalah membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan.

Kompetisi Sepak Bola

stadion bola

Kejuaraan sepak bola terbesar tingkat internasional adalah Piala Dunia atau World Cup. Piala Dunia diselenggarakan setiap empat tahun sekali oleh FIFA. Kejuaraan Piala Dunia pertama diselenggarakan di Uruguay tahun 1930, dan masih tetap diselenggarakan hingga sekarang.

Kompetisi sepak bola tertua di dunia disematkan kepada Copa America yang mempertandingkan tim sepak bola dalam wilayah Amerika Selatan. Pertandingan Copa America dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Di Indonesia, pertandingan sepak bola nasional digelar pertama kali pada masa awal pembentukan PSSI, dengan nama Kompetisi I Perserikatan.

Dalam perkembangannya, PSSI memperluas kompetisi sepak bola nasional dengan menyelenggarakan Liga 1, Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu dan Divisi Dua untuk peserta amatir.

PSSI juga menyelenggarakan pertandingan sepak bola nasional berdasarkan kelompok umur. Pertandingan tersebut antara lain U-15, U-17, U-19, U-21 dan U-23.

Hasil pencarian :

Materi sepak bola, teknik sepak bola, rangkuman materi sepak bola, sejarah sepak bola dunia, peraturan sepak bola, pengertian sepak bola menurut para ahli.

Leave a Reply

%d bloggers like this: